Comscore Tracker

5 Fakta Unik Film Srimulat: Hil yang Mustahal Ini Wajib Kamu Tahu

Inilah saatnya Indonesia tertawa

Mulai tayang sejak 19 Mei lalu, film komedi yang diadaptasi dari cerita asli grup legendaris, Srimulat ini berhasil mengocok perut para penonton. Disutradarai oleh Fajar Nugros, film Srimulat: Hil yang Mustahal merupakan buah manis dari kerja sama antara IDN Pictures dengan MNC Pictures.

Dibintangi oleh para aktor dan aktris berbakat seperti Bio One (Gepeng), Elang El Gibran (Basuki), Ibnu Jamil (Tarzan), Zulfa Maharani (Nunung), Dimas Anggara (Timbul), Erick Estrada (Tessy), dan Rifnu Wikana (Asmuni) ini sukses menghidupkan kembali para karakter Srimulat serta lawakan khas mereka.

Namun, di balik kesuksesan film Srimulat: Hil yang Mustahal, berikut ini lima fakta uniknya yang wajib kamu ketahui. Ada apa saja, ya?

1. Ajak bernostalgia sekaligus memperkenalkan kembali Srimulat kepada para milenial

5 Fakta Unik Film Srimulat: Hil yang Mustahal Ini Wajib Kamu Tahupara pemain film "Srimulat: Hil yang Mustahal (instagram.com/fajarnugrs)

Termasuk salah satu film biopik, MNC Pictures bersama IDN Pictures memang bertujuan untuk kembali memperkenalkan Srimulat kepada generasi muda. Sebab, mereka mungkin belum mengenal grup lawak legendaris tersebut.

Berlatar tahun 1980-an, film ini turut sukses membawa para penonton bernostalgia dengan sinematografi yang berhasil mengambarkan masa lalu. Baik dari segi kostum hingga set lokasi 

Fajar Nugros juga tak lupa untuk kembali menyajikan lawakan khas grup Srimulat, contohnya saja Asmuni yang selalu melesetkan kalimat, Tessy dengan cincin batu akik di setiap jarinya, hingga Tarzan yang berpakaian militer. Semua itulah yang membuat Srimulat menjadi grup lawak legendaris yang begitu dicintai serta dirindukan oleh para penggemarnya.

2. Sutradara membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan film  

5 Fakta Unik Film Srimulat: Hil yang Mustahal Ini Wajib Kamu TahuFajar Nugros, sutradara film "Srimulat: Hil yang Mustahal" (instagram.com/filmsrimulat)

Demi menggarap film Srimulat, sang sutradara, Fajar Nugros membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan riset mendalam tentang grup lawakan legendaris tersebut. Bukan tanpa alasan, Fajar berharap agar film karyanya ini sukses memperkenalkan serta mengenangkan Srimulat kepada para penonton.

Tak tanggung-tanggung, sutradara yang juga pernah menggarap film Yowis Ben ini mengaku membutuhkan waktu 3 atau 4 tahun untuk melakukan riset mendalam tentang Srimulat.

Baca Juga: Film Srimulat: Hil yang Mustahal, Karya Biopik yang Memang Apik

3. Perjuangan para aktris dan aktor untuk memerankan sosok legendaris 

5 Fakta Unik Film Srimulat: Hil yang Mustahal Ini Wajib Kamu Tahupara pemain film "Srimulat: Hil yang Mustahal (instagram.com/filmsrimulat)

Mendalami karakter serta memerankan tokoh legendaris merupakan suatu tantangan yang besar. Hal itulah yang dirasakan oleh para pemeran film Srimulat: Hil yang Mustahal. Perjuangan serta totalitas mereka memang sangat patut diacungi jempol.

Contohnya saja Bio One yang memerankan tokoh Gepeng itu rela melakukan diet ketat demi menurunkan berat badannya. Hampir sama dengan Zulfa Maharani yang berperan sebagai Nunung. Ia harus menaikkan bobot tubuhnya serta belajar bahasa Jawa.

4. Turut hadirkan tokoh asli Srimulat  

5 Fakta Unik Film Srimulat: Hil yang Mustahal Ini Wajib Kamu TahuTarzan (kanan) dan Ibnu Jamil (kiri) dalam adegan film "Srimulat: Hil yang Mustahal" (instagram.com/idnpictures)

Selain dibintangi oleh para pemain muda berbakat, film Srimulat: Hil yang Mustahal ini turut menghadirkan beberapa tokoh asli dari grup lawak legendaris tersebut. Salah satunya adalah Tarzan yang merupakan seorang aktor sekaligus komedian terkenal.

Meskipun, ia tak berperan sebagai dirinya sendiri. Akan tetapi, dalam film ini ia berperan menjadi seorang pejabat desa bernama Tarsiman serta akan bertemu dengan Tarzan yang diperankan oleh Ibnu Jamil. Tak hanya itu, sang komedian legendaris tersebut juga turun tangan membantu Ibnu Jamil untuk mendalami karakter dirinya, lho.

5. Film komedi yang penuh pesan moral

5 Fakta Unik Film Srimulat: Hil yang Mustahal Ini Wajib Kamu Tahupara pemain film "Srimulat: Hil yang Mustahal (instagram.com/filmsrimulat)

Menyajikan lawakan khas Srimulat, unsur komedi dalam film ini tak perlu diragukan lagi. Faktanya, Srimulat: Hil yang Mustahal telah berhasil menghibur sekaligus mengocok perut para penonton di sepanjang filmnya.

Namun, film Srimulat ini tak hanya kental dengan unsur komedi. Ada banyak pesan kehidupan yang dapat dipetik di dalamnya. Mulai dari pentingnya kerja sama serta kebersamaan, sikap pantang menyerah, inovatif, dan rasa percaya diri yang harus dimiliki untuk meraih kesuksesan.

Termasuk salah satu film biopik komedi terbaik Indonesia, Srimulat: Hil yang Mustahal sangat cocok ditonton bersama keluarga. Sebab, tak hanya mampu mengundang tawa namun juga kaya akan makna kehidupan. Kamu sudah tonton film ini belum?

Baca Juga: 10 Potret Totalitas Bio One untuk Film Srimulat: Hil yang Mustahal

I am Lavennia Photo Verified Writer I am Lavennia

"Earth" without "Art" is just "Eh".

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya