Comscore Tracker

5 Film Musical Coming of Age, Dipenuhi Soundtrack Keren!

Cocok buat kamu yang butuh tontonan easy to watch

Genre coming of age merupakan jenis film yang mengisahkan transisi seorang karakter menuju kedewasaan. Genre ini cukup umum dan banyak disukai karena berfokus pada suatu yang universal. Ada banyak cara pengemasan film coming of age, salah satunya adalah memadukannya dengan genre musikal.

Dengan lagu-lagu keren dan cerita yang seru, berikut ini adalah beberapa film bergenre musical coming of age yang cocok untuk jadi tontonan kamu selanjutnya.

1. Sing Street (2016)

https://www.youtube.com/embed/r3lChU6RdEA

Ditulis dan disutradarai oleh John Carney, Sing Street menceritakan seorang remaja laki-laki bernama Connor yang baru saja pindah ke sekolah Katolik khusus laki-laki disebabkan krisis keuangan keluarganya. Ia mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya, ditambah lagi ia menjadi sasaran perundungan.

Connor akhirnya berhasil mendapatkan teman bernama Darren. Tiba-tiba saja, Connor mendapatkan ide untuk membentuk sebuah band untuk memikat seorang gadis cantik yang tinggal di dekat sekolahnya. Dengan bantuan kakaknya, Connor berhasil menuangkan segala perasaannya di lagu-lagu yang ia buat bersama rekan bandnya, Eamon.

Berlatar di Dublin pada tahun 1980-an, Sing Street berhasil menyuguhkan visual menarik, musik-musik yang memorable dan manis, serta cerita yang relatable tentang beranjak dewasa, cinta, persahabatan, dan fenomena perundungan sekaligus.

2. School of Rock (2003)

https://www.youtube.com/embed/TExoc0MG4I4

Dibintangi oleh Jack Black sebagai Dewey Finn, School of Rock menceritakan seorang fan dan pemain musik rock amatir yang menerima pekerjaan sebagai guru pengganti di sebuah prep school bergengsi di Amerika Serikat. Di sekolah tersebut, Dewey mengajak anak-anak didikannya untuk membentuk sebuah band yang membuat mereka belajar banyak hal berharga.

Di film ini, Jack Black kembali berhasil memerankan karakter yang lucu dan menarik. Ia juga berhasil menunjukan chemistry yang kuat dengan para aktor cilik. Penonton akan diajak untuk mengikuti petualangan dan progres para karakter sehingga bentuk sebuah band.

3. Mixtape (2021)

https://www.youtube.com/embed/IAxDaDw7TfM

Pada tahun 1999, seorang anak perempuan berusia 12 tahun bernama Beverly menemukan sebuah kaset berisi mixtape (kompilasi lagu-lagu) buatan mendiang kedua orangtuanya. Sayangnya, kaset tersebut rusak sehingga ia harus menemukan lagu-lagu tersebut satu per satu. Ia pun mendapat bantuan dari pemilik toko musik bernama Anti, dan teman sekolahnya Ellen dan Nicky.

Dalam usahanya mengumpulkan lagu-lagu tersebut, Beverly berhasil mendapatkan sahabat, keberanian, keluarga. Meski memiliki cerita yang ringan, Mixtape menyuguhkan dialog emosional dan kocak, serta lagu-lagu ikonik seperti 'Teacher's Pet', 'Dancing in the Moonlight', 'Surrender', dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 5 Film Animasi Musikal yang Cocok Ditonton Bareng Keluarga

4. Almost Famous (2000)

https://www.youtube.com/embed/aQXh_AaJXaM

Berlatar di tahun 1973, seorang remaja laki-laki berusia 15 tahun yang jenius bernama William terobsesi dengan musik dan budaya rock and roll. Ia bercita-cita untuk menjadi seorang kritikus musik, namun profesi tersebut tidak terlalu diterima baik oleh keluarganya dan para musisi.

Ketika ia pergi ke konser untuk mewawancarai sebuah band, William bertemu dengan Penny Lane, seorang groupies dan penggemar musik sejati. William akhirnya berhasil untuk mewawancarai sebuah band, Stillwater yang dipimpin oleh seorang lead guitarist bernama Russel Hammond dan vokalisnya, Jeff Bebe.

Artikelnya dilirik oleh editor majalah Rolling Stone yang membuat William ikut melakukan tur konser band tersebut. Selama tur, William mengalami petualangan tak terlupakan yang membuatnya bahagia dan terluka.

5. August Rush (2006)

5 Film Musical Coming of Age, Dipenuhi Soundtrack Keren!cuplikan film August Rush (netflix.com)

Dilansir dari screenrant.com, August Rush merupakan sebuah film drama musikal yang dikemas layaknya Oliver Twist ala modern. Seorang remaja yatim piatu kabur dari panti asuhan untuk mengejar passion-nya dalam bermusik dan keinginannya untuk menemukan orangtua kandungnya.

Tidak butuh waktu lama, orang-orang yang mendengar kepiawaiannya dalam bermain musik pasti setuju bahwa ia merupakan anak yang yang berbakat. Meski film ini mendapatkan kritik yang cukup berragam, penampilan Freddie Highmore dalam bermain musik tidak dapat disangkal akan mengambil hati para penonton.

Dengan lagu-lagu yang keren disertai cerita yang lucu dan emosial, film-film bergenre musical coming of age diatas dapat menjadi tontonan ringan dan seru. Bagi kamu yang suka dengan musik, film-film ini wajib untuk ada di watchlist kamu selanjutnya.

Baca Juga: 10 Film Animasi Musikal Disney Paling Ikonik, Lagunya Hits!  

Lina Yasmin Photo Verified Writer Lina Yasmin

Pembaca novel jika sedang mood. Pemakan segala (yang halal), dan petidur ulung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya