Comscore Tracker

5 Fakta Kartun Atashin'chi, Cocok Ditonton Sekeluarga

Bisa kamu tonton di YouTube, lho!

Atashin'chi merupakan sebuah series kartun bertema slice of life karya Eiko Kera. Judul 'Atshin'chi' merupakan singkatan dari atashi no uchi yang dapat diterjemahkan sebagai 'rumahku' atau 'keluargaku'. Atashin'chi mengisahkan empat anggota keluarga Tachibana yang tinggal di kota Tokyo.

Dalam setiap episodenya, Atashin'chi menampilkan kehidupan sehari-hari para anggota keluarga yang relatable dan dikemas secara jenaka. Untuk kamu yang penasaran, berikut beberapa fakta menarik Atashin'chi.

1. Produksi

5 Fakta Kartun Atashin'chi, Cocok Ditonton SekeluargaEiko Kera, kreator anime 'Atashin'chi' (instagram.com/keraeiko)

Sebelum dirilis sebagai serial sitkom animasi, Atashin'chi merupakan serial manga pendek yang dirilis di surat kabar Yomiuri Shimbun. Serial manga ini dirilis sejak Juni 1994 sampai November 2014. Kemudian serial komiknya mulai dirilis pada 16 April 1995 oleh Media Factory.

Serial anime Atashin'chi diproduksi oleh Shin-Ei Animation untuk dirilis di stasiun TV All-Nippon News Network (ANN) sejak 19 April 2002 sampai 19 September 2009 dengan 330 episode. Pada 6 Oktober 2015 sampai 5 April 2016, Animax merilis 26 episode Shin Atashin'chi (New Atashin'chi).

2. Karakter utama

5 Fakta Kartun Atashin'chi, Cocok Ditonton Sekeluargakarakter utama Atashin'chi (simkl.com)

Atashin'chi berfokus pada kehidupan keluarga Tachibana yang beranggotakan ayah, ibu, anak perempuan berusia 17 tahun bernama Mikan, dan anak laki-laki berusia 14 tahun bernama Yuzuhiko. Keempatnya memiliki episode masing-masing, namun ibu dan Mikan merupakan karakter yang paling dominan disorot.

Karakter ayah merupakan seorang pekerja kantoran di pusat kota Tokyo dengan tipikal kebiasaannya, yakni senang minum-minum, merokok, dan berwatak tenang. Ibu merupakan seorang ibu rumah tangga yang rajin namun ceroboh. Mikan dan Yuzu diceritakan memiliki karakter yang cukup bertolak belakang. 

3. Berfokus pada permasalahan sehari-hari

5 Fakta Kartun Atashin'chi, Cocok Ditonton Sekeluargacuplikan salah satu episode 'Atashin'chi' (desuzone.com)

Di setiap episodenya, Atashin'chi berfokus pada masalah dan topik sehari-hari dipadukan kelebihan dan kekurangan para karakter utama masing-masing. Misalnya, sang ibu yang ceroboh terkadang menyajikan menu makanan malam yang mengejutkan, atau Yuzuhiko yang memiliki kepribadian tenang namun selalu mengomel tentang hal-hal kecil.

Selain itu, anime ini juga menyorot kebiasaan Mikan yang selalu saja bangun terlambat dan meninggalkan barang-barang penting, atau kebiasaan minum dan merokok sang ayah yang membuat khawatir seluruh keluarga.

Baca Juga: 6 Kartun Lawas Nickelodeon yang Pernah Temani Masa Kecilmu

4. Menampilkan kehidupan sehari-hari dan kultur masyarakat urban Jepang

5 Fakta Kartun Atashin'chi, Cocok Ditonton Sekeluargaposter anime 'Atashin'chi' (catchplay.com)

Mengambil setting di kota Tokyo, Atashin'chi juga menampilkan beberapa gaya hidup dan kultur masyarakat urban di Jepang. Di episode ke 37, Atashin'chi menampilkan bagaimana keluarga Tachibana menghabiskan waktu tahun baru mereka.

Terdapat beberapa episode yang menunjukan bagaimana kehidupan keluarga Tachibana di setiap musim yang berbeda. Selain itu, anime ini juga menunjukan beberapa tradisi khas Jepang yang dirayakan oleh keluarga besar, rekan kerja, dan tetangga.

5. Bisa ditonton di YouTube

https://www.youtube.com/embed/RqJ2ekrCVvI

Selain dapat ditonton di platform streaming berbayar seperti Netflix dan Crunchyroll, Atshin'chi juga bisa ditonton gratis di Youtube, lho. Kamu bisa tonton 270 episode seri original Atashin'chi di kanal YouTube resmi Atashin'chi. Tapi sayangnya untuk saat ini hanya terdapat subtitle Bahasa Inggis dan Jepang yang tersedia.

Yuk, tunggu apa lagi? Bagi kamu pencinta anime slice of life atau kamu yang butuh tontonan ringan dan menghibur, Atashin'chi bisa jadi pilihan yang cocok. Setiap episodenya juga cukup singkat, hanya 6-9 menit saja sitkom Atashin'chi pasti bikin harimu lebih cerah.

Baca Juga: 10 Episode Terkocak Kartun Larva, Hati-hati Sakit Perut!

Lina Yasmin Photo Verified Writer Lina Yasmin

Pembaca novel jika sedang mood. Pemakan segala (yang halal), dan petidur ulung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya