Comscore Tracker

7 Film tentang Mafia Terbaik, Menantang dan Wajib Ditonton!

Gak ada yang gagal bikin kamu kecewa, semuanya bagus!

Seperti yang ditulis History, mafia dapat merepresentasikan kemarahan dan kefrustasian masyarakat Amerika pada kondisi ekonomi yang memburuk. Bahkan sesuai kesaksian produser film The Godfather, Robert Evans, sutradara Francis Ford Coppola membuat film mafia sebagai sebuah metafora dari kapitalisme.

Nah, relate-nya tema mafia menjadikan film-film dengan genre ini selalu menarik dan kian menjamur. Walaupun kini sudah kalah pamor oleh para superhero, namun film mafia selalu mempunyai tempat khusus di hati para penggemarnya.

Jika kamu adalah salah satu penggemar dari film-film mafia, maka deretan film ini adalah beberapa tontonan wajib untukmu. Yuk, catat dan segera menontonnya!  

1. Goodfellas (1990)

https://www.youtube.com/embed/2ilzidi_J8Q

Master piece dari sutradara kondang Martin Scorsese, Goodfellas adalah satu tontonan wajib bagi pecinta film mafia. Film yang dibintangi Robert De Niro ini bercerita tentang perjalanan hidup Henry Hill (Ray Liotta) yang sejak kecil bercita-cita menjadi seorang gangster.

Dia pun dapat memulai karir gangsternya berkat bantuan Tuddy Cicero (Frank DiLeo) dan Paul Cicero (Paul Saviro). Dia kemudian mulai bertemu banyak gangster alias mafia kelas atas seperti Jimmy Conway (Robert De Niro) dan Tommy DeVito (Joe Pesci). Henry, Tommy dan Jimmy mulai menjalin kerja sama dan hubungan sahabat. 

2. A Bronx Tale (1993)

https://www.youtube.com/embed/eqcFPuIpUGA

Saat tumbuh menjadi remaja di jalanan Bronx pada tahun 1960an, Calogero (Lillo Brancato) mengagumi mafia setempat bernama Sonny (Chazz Palminteri). Sonny menginspirasi bocah itu untuk meniti jalan kehidupan gangster, yang tentu saja ditentang oleh ayahnya (Robert De Niro). Hidup Calogero pun berubah drastis ketika dia menyaksikan pembunuhan yang dilakukan Sonny.

Menurut Roger Ebert, seorang kritikus film, dia berpendapat A Bronx Tale adalah film yang menyenangkan dalam satu momen, namun sangat menyentuh di momen lainnya. Film ini dipenuhi oleh kehidupan dan beragam karakter dengan dialog hebat.

Roger menambahkan, walau ini film pertama Robert De Niro sebagai sutradara, namun dia mampu membuat transisi karakter dari seorang periang menjadi pemarah, kemudian menjadi sangat cengeng. Hal paling penting dari film ini adalah tentang nilai kehidupan. 

3. The Irishman (2019)

https://www.youtube.com/embed/WHXxVmeGQUc

Paling baru di daftar ini, The Irishman tidak kalah dari film-film mafia klasik. Bercerita tentang seorang supir truk, Frank Sheeran (Robert De Niro) yang terlibat dengan Russell Bufalino (Joe Pesci) dan keluarga mafia Pennsylvania-nya. Saat Sheeran naik pangkat menjadi top hit man, dia juga bekerja untuk Jimmy Hoffa (Al Pacino), seorang gangster besar yang terkait dengan kejahatan terorganisir.

Melihat jajaran cast dan sutradara, ini adalah dream team-nya film mafia. Kursi sutradara diisi oleh Martin Scorsese (Goodfellas), lalu ada nama-nama besar untuk aktor film mafia, yaitu Robert De Niro, Joe Pesci dan Al Pacino. Jika kamu penggemar genre ini, maka menonton The Irishman adalah sebuah harga mati!

4. City of God (2002) 

https://www.youtube.com/embed/SS-5Ztzc2Fk

Mafia selalu erat kaitannya dengan bisnis narkoba, film City of God memberikan kita wawasan bagaimana bisnis keras tersebut dijalankan dan memicu banyak hal buruk. Duo sutradara Fernando Meirelles dan Kátia Lund sukses merepresentasikan kengerian dari  kombinasi aksi kriminal terorganisir dengan kemiskinan.

Hidup di lingkungan kumuh Rio de Janeiro pada 1970an, dua pemuda memilih jalan yang berbeda. Rocket (Phellipe Haagensen) adalah seorang fotografer pemula yang mendokumentasikan peningkatan aksi kekerasan terkait narkoba di lingkungannya.

José Zé Pequeno (Douglas Silva) adalah pengedar narkoba ambisius yang menggunakan Rocket dan foto-fotonya sebagai cara untuk meningkatkan ketenarannya saat perang wilayah meletus dengan saingannya, Knockout Ned (Leandro Firmino da Hora). 

Baca Juga: 7 Fakta 'Ndrangheta, Jaringan Besar Mafia Italia yang Tak Terekspos

5. The Departed (2006) 

https://www.youtube.com/embed/iojhqm0JTW4

Diisi nama-nama terkenal seperti Leonardo DiCaprio, Jack Nicholson dan Matt Damon, The Departed adalah film tentang mafia yang wajib kamu tonton. Apalagi melihat siapa yang menduduki kursi sutradara, Martin Scorsese sang maestro film genre ini. 

Bercerita tentang polisi dari South Boston, Billy Costigan (Leonardo DiCaprio) menyusup ke keluarga mafia Frank Costello (Jack Nicholson). Saat Billy mendapatkan kepercayaan para mafia, salah satu mafia bernama Colin Sullivan (Matt Damon) menyusup ke departemen kepolisian dan membocorkan adanya aksi penyusupan kepada bosnya.

Ketika kedua organisasi mengetahui bahwa ada penyusup di tengah-tengah mereka, Billy dan Colin harus mencari tahu identitas masing-masing untuk menyelamatkan hidup mereka sendiri.

6. The Godfather (1972)

https://www.youtube.com/embed/sY1S34973zA

The Godfather adalah master piece untuk genre ini. Film yang mengantongi 3 piala Oscar ini diarahkan oleh sutradara Francis Ford Coppola. 

The Godfather sendiri sisi lain dari Vito Corleone (Marlon Brando) alias Don Corleone dan keluarga mafia terkuat di New York yang dipimpin olehnya. Sang 'raja' di balik bayang-bayang kota New York itu disegani para mafia dan bahkan kepolisian. Namun pria karismatik ini ternyata sosok yang penyayang keluarga dan menjunjung tinggi persahabatan.

7. The Godfather, Part II (1974) 

https://www.youtube.com/embed/9O1Iy9od7-A

Film ini merupakan sekuel sekaligus prekuel dari The Godfather. Film kedua ini menceritakan sang penerus dari bisnis mafia, Michael Corleone anak dari Vito Corleone.

Film ini juga memperlihatkan sepak terjang sang ayah dalam flashback-nya, ketika awal membangun kerajaan kriminal tersebut. Bagi para fans film mafia, film The Godfather ini wajib ditonton.

Walau seram karena menampilkan aksi kriminalitas, namun banyak pelajaran positif yang dapat diambil dari film-film mafia, terutama tentang menghadapi kerasnya hidup. Nah, film mana yang belum kamu tonton?

Baca Juga: Jadi Psikolog Forensik, 9 Fakta Peran Yoon Kye Sang di Crime Puzzle

Luthfi Alimughni Photo Verified Writer Luthfi Alimughni

Pecinta film yang hobi nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya