Comscore Tracker

Ultah Ke-30, 8 Fakta Perjalanan Karier Musik Louis Tomlinson   

Berawal dari kontestan ajang pencarian bakat

Salah satu anggota dari One Direction, Louis Tomlinson baru saja menginjak usia 30 tahun pada 24 Desember 2021. Setelah One Direction hiatus dari dunia musik, Louis Tomlinson sibuk bersolo karier dan kini sedang fokus dalam pembuatan album keduanya, nih.

Untuk merayakan ulang tahun Louis yang ke-30, fakta perjalanan karier seorang Louis Tomlinson perlu kamu tahu. Kiprahnya sebagai musisi gak perlu diragukan lagi, deh! 

1. Kehidupan Awal  

Ultah Ke-30, 8 Fakta Perjalanan Karier Musik Louis Tomlinson   Louis Tomlinson (instagram.com/louist91)

Louis Tomlinson lahir pada 24 Desember 1991 di Doncaster, Inggris. Kedua orang tuanya, Johannah Poulston dan Troy Austin, berpisah sejak kecil. Louis pun menggunakan nama mantan ayah tirinya, Mark Tomlinson, untuk nama belakangnya.

Louis tumbuh bersama empat adik tirinya, yakni Lottie Tomlinson, Félicité Tomlinson, dan Si kembar Phoebe dan Daisy Tomlinson. Ia kemudian memiliki dua adik tiri lagi dari pernikahan Johannah dengan Daniel Deakin, yakni Doris dan Ernest Deakin.

2. Audisi The X Factor  

Ultah Ke-30, 8 Fakta Perjalanan Karier Musik Louis Tomlinson   Louis Tomlinson saat audisi The X Factor (instagram.com/louist91)

Louis Tomlinson meniti awal kariernya dengan mengikuti audisi The X Factor sebanyak dua kali. Audisi pertamanya mendapat penolakan dari para juri. Namun, ia pantang menyerah dan kemudian mengikuti audisi kembali di tahun berikutnya. Ia lolos dengan menyanyikan lagu “Hey There Delilah” dari Plain White T's.

Dalam suatu wawancara di 2017, Louis mengungkapkan bahwa ia termotivasi untuk mengikuti audisi setelah sebelumnya dikeluarkan dari band sekolahnya. Hal ini dikarenakan ada anak baru di sekolahnya dan teman band Louis memutuskan menggantikan posisinya sebagai vokalis.  

Motivasi tersebut berhasil membawa Louis Tomlinson ke dunia musik. Di ajang pencarian bakat tersebut, Simon Cowell, menggabungkan Louis dengan empat kontestan lainnya, yakni Zayn Malik, Harry Styles, Liam Payne, dan Niall Horan. Mereka berempat dikenal sebagai One Direction.

3. Kesuksesan One Direction di 2010-2016

Ultah Ke-30, 8 Fakta Perjalanan Karier Musik Louis Tomlinson   One Direction (instagram.com/onedirection)

One Direction berhasil meraih kesuksesannya setelah mengikuti The X Factor dan memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Grup yang lahir dari ajang pencarian bakat ini merilis lima album dan meraih lebih dari 200 penghargaan selama berkarier.  

Gak cuma itu, One Direction juga melakukan konser tur ke seluruh dunia, hingga lahirlah film dokumenter bertajuk One Direction: This Is Us (2013). Beberapa single-nya bahkan meraih nomor 1 di puncak tangga lagu, seperti “What Makes You Beautiful," “Little Things," “One Way or Another," dan “Drag Me Down."

Di 2015, kabar mengejutkan datang dari Zayn Malik yang memutuskan hengkang dari grup yang telah membesarkan namanya itu. Dalam pernyataan yang dirilis dari Facebook One Direction, Zayn mengungkapkan bahwa ia ingin menjalani kehidupan normal di usia 22 tahun.

Walau terkenal dekat di dalam grup, tapi nyatanya kepergian Zayn sempat menyebabkan perselisihan dengan Louis. Saat itu, Zayn membuat cuitan di Twitter dan menuding Louis karena telah mengomentari hidupnya.

Cuitan yang dibuat Zayn disebabkan oleh Louis Tomlinson yang bertengkar dengan Naughty Boy karena produser itu bekerja sama dengan Zayn di studio setelah Zayn meninggalkan grup. Cuitan keduanya mendapat banyak respons dari publik.

4. Perjalanan cinta Louis Tomlinson hingga menjadi seorang Ayah 

Ultah Ke-30, 8 Fakta Perjalanan Karier Musik Louis Tomlinson   Louis Tomlinson dan Freddie Tomlinson (instagram.com/louist91)

Pada 2011, Louis Tomlinson berpacaran dengan Eleanor Calder hingga akhirnya berpisah pada 2015. Pada Juli 2015, Louis dikabarkan menantikan anak pertamanya dari hasil hubungannya dengan stylist berusia 23 tahun, Briana Jungwirth.

Louis dan Briana memiliki hubungan romansa yang singkat. Setelah itu, Louis pun menjalin hubungan kembali dengan aktris Danielle Campbell dari November 2015 hingga Desember 2016.

Anak dari Louis dan Briana, Freddie Reign, lahir pada 21 Januari 2016 dan keduanya terus menjadi orangtua bersama. Pada 2017, Louis Tomlinson kembali menjalin hubungan dengan Eleanor dan tinggal bersama di Hertfordshire dan London bersama dua anjingnya.

Baca Juga: 9 Potret Kembar Phoebe dan Daisy Tomlinson, Adik dari Louis Tomlinson

5. One Direction hiatus dan Louis Tomlinson fokus solo karier 

Ultah Ke-30, 8 Fakta Perjalanan Karier Musik Louis Tomlinson   Louis Tomlinson dan Steve Aoki (instagram.com/louist91)

Hengkangnya Zayn Malik dari grup membuat Harry, Louis, Liam, dan Niall melanjutkan grup dengan empat personel. Mereka kemudian merilis album Made In the A.M yang menjadi karya terakhir One Direction sebelum akhirnya hiatus.

Rehatnya One Direction membuat masing-masing personelnya fokus bersolo karier, termasuk Louis Tomlinson. Ia merilis label rekamannya sendiri, Triple Strings Ltd, yang merupakan anak dari label yang menaunginya, Syco.

Louis merilis beberapa single dengan kolaborasinya bersama musisi lain, seperti “Just Hold On” pada Desember 2016 bersama DJ Steve Aoki yang berhasil meraih peringkat 2 di puncak tangga lagu Inggris. Selain itu, kolaborasinya bersama Bebe Rexha di “Back To You” mengantarkan lagunya pada sertifikat platinum di Amerika Serikat dan Inggris.

6. Jadi juri di The X Factor  

Ultah Ke-30, 8 Fakta Perjalanan Karier Musik Louis Tomlinson   Louis Tomlinson (instagram.com/louist91)

Pada 2018, Louis Tomlinson didapuk menjadi juri di The X Factor. Pria kelahiran 24 Desember itu juga turut menjadi mentor di kategori Boys dengan memilih Armstrong Martin, Dalton Harris, Brendan Murray, dan Anthony Russell maju ke ajang pencarian bakat tersebut. 

Louis Tomlinson menjadi mantan kontestan pertama dalam acara The X Factor yang menjadi mentor pemenang, karena Dalton Harris berhasil memenangkan acara ini. Keren banget pasti didikannya!

7. Merilis album debut, mengadakan konser online selama lockdown, dan keluar dari Syco 

Ultah Ke-30, 8 Fakta Perjalanan Karier Musik Louis Tomlinson   Louis Tomlinson (instagram.com/louist91)

Louis merilis album solo pertamanya bertajuk “Walls” pada 31 Januari 2020. Ia sempat merencanakan konser untuk mempromosikan album pertamanya dengan mengunjungi banyak negara, termasuk Indonesia. Sayangnya, tur dibatalkan karena pandemik COVID-19.

Tidak mau mengecewakan para penggemar, Louis pun menggelar konser online bertajuk Live From London yang diadakan pada 12 Desember 2020. Tiket konsernya berhasil terjual lebih dari 160 ribu tiket dan memecahkan rekor sebagai konser paling banyak ditonton secara live streaming untuk penyanyi solo pria. 

Pada Juli 2021, melalui cuitannya di Twitter, Louis Tomlinson mengumumkan pada penggemar bahwa dirinya memutuskan berpisah dari Syco, label yang menaunginya, setelah satu dekade bekerja sama. Kini, Louis Tomlinson bergabung dengan label BMG.

8. Pada 2021, Louis mengadakan festival musik dan fokus pada album keduanya

Ultah Ke-30, 8 Fakta Perjalanan Karier Musik Louis Tomlinson   Louis Tomlinson (instagram.com/louist91)

Setelah menandatangani kontrak dengan label BMG, Louis Tomlinson merayakan kembalinya live music dengan tampil di The Away From Home Festival yang digagas langsung olehnya. Festival musik diadakan gratis di Crystal Palace Bowl, London dan disaksikan langsung oleh 8.500 orang.

Saat ini, Louis disibukkan dengan pembuatan album keduanya dengan menulis lagu setiap hari. Louis juga gak sabar banget untuk menunjukkan album terbarunya kepada para penggemar.

Berawal dari audisi di The X Factor, kini Louis Tomlinson berhasil menjadi penyanyi solo dengan karya musiknya yang dinikmati oleh banyak kalangan. Semoga perjalanan karier Louis Tomlinson dapat menginspirasi kamu untuk tidak pantang menyerah, ya!

Baca Juga: Penuh Kenangan, 11 Momen Kebersamaan One Direction yang Bikin Rindu

Marcelina Francesca Photo Verified Writer Marcelina Francesca

The girl who loves writing and fangirling.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya