Comscore Tracker

Tahap Pre-Produksi, Ini 6 Fakta Film Balada Si Roy

Siapa yang bakal meranin Roy? #IDNTimesHype

Ada yang belum tahu Balada Si Roy itu apa? Balada Si Roy merupakan cerita bersambung di majalah remaja yang populer di tahun 80-an dan 90-an. Novel karya Gol A Gong ini menjadi proyek layar lebar pertama yang akan digarap oleh IDN Pictures. Fajar Nugros selaku sutradara film ini, jadi bintang tamu dalam siaran live Cerita Artis (CETAR) di Instagram IDN Times dan memberikan beberapa informasi tentang sejauh mana persiapan film Balada Si Roy.

Perlu kamu tahu, karakter si Roy adalah pria yang senang berpetualang, peduli dengan lingkungan sekitar, dan setia kawan. Penasaran fakta lainnya? Yuk, simak informasi berikut ini.

1. Alasan diadaptasi Balada Si Roy

Tahap Pre-Produksi, Ini 6 Fakta Film Balada Si Roypopmama.com

Saat ditanya mengenai alasan di balik dipilihnya Balada Si Roy, Fajar Nugros selaku sutradara mengungkapkan bahwa sosok Roy merupakan pria yang keren dan menarik pada masa-nya. Bagi Fajar, karakter si Roy sangat melekat di ingatannya. Bahkan, setelah resmi menjadi seorang sutradara, dia berusaha mencari informasi lebih dalam dan mendatangi langsung sang penulis, yaitu Gol A Gong.

"Film ini menarik untuk difilmkan, generasi sekarang harus tahu ada sosok muda yang bertanggung jawab dan senang menjelajah keluar rumah. Walau, zaman sekarang orang berfikir berpetualangnya sudah beda, tapi jiwa melihat dunia luar itu harus tetap ada. Aura dan semangat sosok Roy cocok dengan generasi Z sekarang," ujar Fajar Nugros.

2. Siapa saja bisa relate dengan karakter si Roy

Tahap Pre-Produksi, Ini 6 Fakta Film Balada Si Roypopmama.com

Walau diadaptasi dari novel populer karya tahun 80-an dan 90-an, Fajar percaya film Balada Si Roy bisa cocok dengan remaja era manapun. Apalagi, film ini bercerita tentang sosok Roy yang kehilangan dan berusaha mencari jati diri. Sama halnya dengan si Roy, di kehidupan sekarang juga setiap remaja melewati masa galau dan baper. 

"Kalau bicara relate gak relate, itu semua kesamaan emosi. Jadi kalau emosinya sama, rasa kehilangannya sama, rasa pencariannya sama, itu semua akan nyambung di era manapun," ungkap Fajar Nugros.

3. Dalam tahap Pre-Produksi

Tahap Pre-Produksi, Ini 6 Fakta Film Balada Si Royinstagram.com/fajarnugrs

Walau dikerjakan di tengah situasi pandemik, Fajar Nugros mengungkapkan bahwa jajaran pemain telah dipilih dan hanya tinggal diumumkan secara resmi saja. Selain casting para pemain, tim produksi juga sudah mendapatkan kru film yang mencapai total 200 orang, lho.

Namun, saat ini tim Balada Si Roy masih dalam tahap mencari lokasi yang cocok untuk jadi lokasi shooting. Pasalnya, tim produksi berusaha mencari bangunan era 80-an, baik yang masih layak pakai atau sudah terbengkalai. Demi menghidupkan suasana tahun 80-an, tim Balada Si Roy juga melakukan riset dengan sangat detail, mulai dari budaya, kebiasaan masyarakat, pakaian, gaya rambut, cara bicara, hingga kosa kata, lho. Mereka juga sedang menyiapkan kostum, peralatan, kamera, dan lain-lain. 

Baca Juga: 10 Potret Gol A Gong, Penulis Novel Laris 'Balada si Roy' Asal Banten

4. Tantangan Pengerjaan di tengah pandemik

Tahap Pre-Produksi, Ini 6 Fakta Film Balada Si Roypopmama.com

Fajar Nugros mengungkapkan bahwa fokus menjadi bertambah, di mana tidak hanya fokus pada persiapan saja, mereka juga harus saling mengingatkan satu sama lain untuk jaga kebersihan dan jaga jarak. Walau dalam situasi pandemik, kru produksi tetap disiplin dan on time.

5. Artis yang perankan sosok Roy memiliki kisah hidup yang menarik

Tahap Pre-Produksi, Ini 6 Fakta Film Balada Si Royinstagram.com/fajarnugrs

Dalam mencari aktor untuk memerankan tokoh si Roy, Fajar Nugros mengungkapkan bahwa mereka melalui tahap interview, casting, dan screen test. Pasalnya, mengingat sosok Roy merupakan orang yang menarik dan punya rasa kehilangan. Demi mendapatkan aktor yang tepat, tim produksi bahkan melakukan metode 'bicara dari hati ke hati', lho. Walau identitas pemeran Roy masih dirahasiakan, Fajar Nugroh menambahkan bahwa aktor muda ini memiliki kisah yang hampir sama dengan si Roy. 

"Dia kehilangan besar, dia sedang melakukan pencarian jati diri, kisah dia juga cukup menarik. Jadi kalau kamu pingin tahu siapa, mungkin kamu bisa cari-cari aktor yang pernah merasa kehilangan," Fajar Nugroh. Wah, kamu sudah bisa nebak belum nih?

6. Syuting dimulai tanggal 10 Januari 2021

Tahap Pre-Produksi, Ini 6 Fakta Film Balada Si Roypopmama.com

Fajar Nugros membocorkan bahwa film ini akan mulai shooting pada tanggal 10 Januari 2021 dan dijadwalkan tayang tahun 2021. Selama satu bulan, tim Balada Si Roy akan shooting di Banten ke arah Barat dan di salah satu gunung di Indonesia. 

Nah, itu dia beberapa persiapan dari film Balada Si Roy. Ikuti terus informasi terbaru dari fim Balada Si Roy di Instagram IDN Times.

Baca Juga: Film Perdana IDN Pictures, Angkat Novel Legendaris Balada Si Roy

Topic:

  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya