Comscore Tracker

7 Iklan Indonesia yang Menggunakan Gaya Kartun dan Anime

Kayaknya bakal jadi tren baru nih

Iklan merupakan sebuah upaya yang dilakukan sebuah perusahaan untuk mengenalkan produk andalan mereka kepada masyarakat. oleh karena itu, iklan haruslah dibuat secara unik dan menarik agar masyarakat yang melihatnya merasa terkesan dan jadi penasaran dengan produk yang diiklankan. 

Iklan dengan media animasi pertama dipopulerkan oleh Jepang. mereka memanfaatkan industri anime mereka yang populer pada iklan dari segala jenis produk untuk menarik perhatian masyarakat.

Saat ini iklan dengan menggunakan media animasi  juga sedang ramai digunakan di Indonesia, pengin tahu iklan apa sajakah yang dimaksud ? check it out !

1. Pocari Sweat - Bintang SMA

https://www.youtube.com/embed/DCfk7tc_KqE

Iklan dengan animasi super ini sukses menarik perhatian masyarakat. iklan Pocari Sweat ini memiliki kualitas animasi yang bahkan tidak kalah dengan anime-anime buatan Makoto Shinkai dan Momoru Hisoda. 

Selain mempromosikan minuman berisotonik ini. iklan ini juga mempromosikan event  ajang pecarian bakat bernama Bintang SMA yang diselengarakan oleh Pocari Sweat Indoneisa. bila kamu seorang remaja kamu harus ikutan event ini.

Iklan ini menceritakan dua remaja, Reza dan Ayu. mereka berdua ini pengin ikutan audisi Bintang SMA di kota Reza, Jakarta. Namun Rini tinggalnya di Bali, Rini merasa ragu karena terkendala jarak dan kurang percaya diri dengan kemampuanya. tapi berkat bujukan Reza, Rini akhirnya berangkat ke Jakarta dan mereka berdua pun sama-sama pergi mengikuti audisi.

2. Ichi-Ocha - Botol Membawa Wang!

https://www.youtube.com/embed/iWWBDedNZdI

Ichi-Ocha adalah salah satu merek teh kemasan botol yang cukup populer di Indonesia. PT. Asahi Indofood Beverage Makmur sangat gencar mengiklankan produknya tersebut. alhasil kita jadi sering banget ngelihat Iklanya di TV.

nah ada yang unik nih dari Iklan barunya teh Ichi-Ocha, kalau biasanya Iklan teh gelas ini menggunakan adegan-adegan lucu buat menarik customer, Iklan baru teh Ichi-Ocha ini memakai animasi khas Jepang dengan masih mempertahankan unsur komedi yang pastinya pecah abis.

3. BRANZ - Mega Kuningan

https://www.youtube.com/embed/81F0T4rpERU

Ini yang lagi hangat-hangat nya dibicarakan oleh netizen. Animasi dengan kualitas top ini bahkan bisa disandingkan dengan anime-anime besar yang tayang di Jepang. Tidak heran sih karena iklan ini di garap studio animasi dari Jepang.

BRANZ Mega Kuningan adalah sebuah proyek apartemen mewah di wilayah Mega Kuningan. Perusahaan di balik proyek ini bernama Tokyu Land Corporation, sebuah perusahaan pembangunan asal Jepang.

Iklan ini sendiri tidak menonjolkan promosi apartemen atau semacamnya melainkan menceritakan dua karakter yakni seorang pemuda yang bekerja di proyek BRANZ Mega Kuningan dan seorang cewek asal Jepang yang menyukai budaya Indonesia. iklan ini dibuat layaknya sebuah trailer anime sehingga makin bikin kita penasaran. Apakah anime BRANZ Mega Kuningan benar-benar sedang diproduksi?

Baca Juga: 5 Film Anime Bertema Militer Ini Sarat Aksi, Wajib Nonton!

4. Go-Jek - 'Little Things'

https://www.youtube.com/embed/UtQGkfa7ecM

Renaria Animation benar-benar membangkitkan semangat animator Indonesia setelah Iklan Go-Jek buatanya Viral di media sosial. Iklan berjudul Little Things ini dibuat dalam rangka mengikuti event Go-Video yang diadakan oleh Go-Jek pada tahun 2017 silam.

Jun-D selaku sang animator membuat animasi ini seorang diri, dan memakan waktu satu bulan untuk rampung, kira-kira dia harus menghabiskan 8 jam tiap harinya. wah dedikasi yang luar biasa ya !

Iklan ini sendiri menceritakan gadis kecil yang sedang memperhatikan kehidupan susah orang-orang di suatu halte bus. lalu Ibunya memberikan nasihat  untuk memulai mengubah dunia dan membantu orang-orang yang kesusahan dimulai dengan melakukan hal-hal kecil. nasihat ini pun dia ingat sampai dirinya tumbuh dewasa, dia pun bekerja di kantor Go-Jek. membantu orang-orang yang dulu dilihatnya kesusahan.

5. Line Webtoon - Baca Komik Gratis

https://www.youtube.com/embed/c_wUSnnfyfM

Kalooo Bosan yuk baca aja... Line Webtoonnn! Fantastic ! Komiknya seru!

Pasti dari kamu ada yang masih ingat sama lirik iklan webtoon di atas kan, Iklan komersial yang tayang di TV pada tahun 2015 lalu ini tergolong unik karena memadukan animasi dan aktor sungguhan. 

Animasi digunakan pada iklan ini untuk menghidupkan gambar-gambar komik webtoon. Lewat cuplikan beberapa detik tersebut kamu pasti setuju banget jika suatu saat karakter-karakter ganteng dan cantik ini diadaptasi jadi anime beneran.

6. Oreo - Beri Oreo Tuk Si Vampire

https://www.youtube.com/embed/ufsCb3ZAoSQ

Bayangkanku beri oreo tuk si vampir yang menyenangkan ! bila si hiu datang kuberi oreo lagi ajak dia bersahabat dan berbagi~

Saya yakin begitu mendengar lirik di atas kamu akan langsung hapal liriknya sambil flashback Iklan Oreo tahun 2015 silam. salah satu jingle iklan yang paling catchy dan sering di nyanyikan anak-anak pada saat iklan ini tayang di TV. buat kamu yang penasaran lagu ini berjudul Oreo Wonderfilled yang dinyanyikan Owl City dan diterjemahkan ke lirik Indonesia.

Jika kamu memperhatikan animasinya kamu pasti langsung teringat anime anak-anak jadul yang dulu pernah tayang di TV.  

https://www.youtube.com/embed/CHjLnWDI4BI

7. Bukalapak - Pahlawan Untuk Semua

https://www.youtube.com/embed/dshwF96U050

Sebelum Viral nya iklan Go-Jek Little Things, Renaria Animation sudah menghasilkan banyak sekali short animation yang sebagian diikutkan dalam event. Salah satunya adalah animasi iklan Bukalapak yang berjudul "Pahlawan untuk Semua". Iklan tersebut dibuat sebagai bentuk partisipasi dalam event Festival Iklan Bukalapak.

Iklan tersebut menceritakan perjuangan kurir bukalapak mengantarkan barang pesanan customer secara tepat waktu walaupun banyak kendala seperti hujan dan macet. Jadi sudah tahu kan siapa yang disebut sebagai 'pahlawan semua orang' dalam iklan ini?

Baca Juga: Ingat Iklan Jadul Obat Sesak Napas? Ini 10 Potret Terbaru Modelnya

Mito Rudito Photo Community Writer Mito Rudito

Menulis untuk menuangkan apa yang sedang aku pikirkan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You