Comscore Tracker

7 Fandom yang Terkenal Kompak dan Loyal Banget ke Idolanya

Hayo fandommu masuk gak?

Kumpulan fans atau yang biasa kita sebut dengan fandom, biasanya merupakan seseorang yang sayang dan cinta banget nih ke para idolanya. Gak heran apa pun bisa mereka lakukan demi melihat idolanya bahagia lho.

Berikut IDN Times kasih 7 fandom yang terkenal kompak dan loyal banget ke idolanya. Coba dicek ya, fandom-mu termasuk dalam daftar gak nih?

1. ARMY - BTS

7 Fandom yang Terkenal Kompak dan Loyal Banget ke IdolanyaSoompi

Keloyalan dari fandom BTS, yakni ARMY rasanya memang gak perlu diragukan lagi deh. Terbukti dari berbagai penghargaan yang diraih BTS di kancah internasional, tidak lepas dari peran vote yang diberikan ARMY di berbagai media sosial.

Salah satu yang terkenal, ialah penghargaan Top Social Artist di Billboard Music Awards 2017. Bahkan BTS berhasil mengalahkan Justin Bieber yang sebelumnya telah langganan penghargaan ini selama enam tahun berturut-turut lho! Daebak banget.

2. EXO-L - EXO

7 Fandom yang Terkenal Kompak dan Loyal Banget ke IdolanyaBerbagai Sumber

EXO dan BTS memang dikenal sebagai salah satu boyband  yang memiliki fandom terbesar di dunia permusikan Korea nih. Gak heran juga EXO-L dan ARMY sering terlibat fanwar  hanya karena merasa idolnya paling hebat.

Meskipun begitu EXO-L terkenal banget loyal dengan EXO. Di setiap acara penghargaan musik, gak henti-hentinya EXO-L memberikan vote 24 jam non stop demi melihat idolnya menang. Nama EXO-L sendiri diambil dari huruf abjad tengah yang berada di antara EXO-K dan EXO-M.

3. My Day - DAY6

7 Fandom yang Terkenal Kompak dan Loyal Banget ke IdolanyaSoompi

Meskipun tidak sebear fandom lain, nyatanya My Day terkenal sangat kompak lho. Bahkan dalam setiap kesempatan DAY6 tampil, My Day selalu mengadakan fan project ataupun bernyanyi bersama DAY6.

Dalam DAY6 First World Tour di Jakarta, Desember 2018 kemarin gak tanggung-tanggung My Day hampir mengambil seluruh bagian menyanyi DAY6 lho. Saat Young K ingin ngerap, justru malah My Day nih yang menggantikan posisi rapper ini. Hmm, kapan debutnya nih My Day?

4. ELF - Super Junior

7 Fandom yang Terkenal Kompak dan Loyal Banget ke IdolanyaBerbagai Sumber

Debut sejak 2005 menjadikan Super Junior sebagai salah satu boyband legendaris generasi kedua dari SM Entertainment nih. Karena sudah berkarier 14 tahun lamanya, hal ini juga membuat ELF (nama fandom Suju) solid dan loyal.

Selain itu, ELF yang merupakan kepanjangan dari Ever Lasting Friends juga dikenal memiliki sifat dewasa serta anti war. Bahkan ELF dikenal sebagai bapak dan ibu dari para fandom lainnya lho. Tumbuh bersama dengan ke-13 member Super Junior, tentu saja menjadikan ELF sebagai fandom yang kuat di masanya hingga kini.

Baca Juga: Tiba di Jakarta, Siwon SUJU Unggah Foto Tengah Jogging Pagi

5. Shawol - SHINee

7 Fandom yang Terkenal Kompak dan Loyal Banget ke IdolanyaKoreaboo

Fandom boyband yang satu ini juga hampir serupa dengan ELF nih, yup mereka ialah Shawol atau yang memiliki kepanjangan "The SHINee World". Shawol sendiri lahir setelah 100 hari lagu debut SHINee dirilis dan memiliki arti "dunia bagi para ke-5 member SHINee".

Soal kekompakan gak perlu ditanya lagi, di saat senang dan duka Shawol selalu ada untuk SHINee. Bahkan di saat pilu bagi keempat member yang ditinggal kepergian Jonghyun, Shawol tetap saling menguatkan agar selalu berjalan bersama di jalan yang indah. So sweet ya...

6. V.I.P - BIGBANG

7 Fandom yang Terkenal Kompak dan Loyal Banget ke IdolanyaBillboard

Hadir sebagai generasi idol kedua, fandom V.I.P yang dimiliki BIGBANG juga gak bisa dipandang sebelah mata nih. V.I.P sendiri memiliki kepanjangan "Very Important Person" dan sesuai dengan namanya, menurut G-Dragon V.I.P merupakan jantung dan nafas bagi ke-5 member BIGBANG ini.

Ada cerita unik nih, sebelum lightstick BIGBANG dibuat, V.I.P bahkan menunjukkan dukungannya dengan menggunakan saputangan warna hitam dan putih di setiap penampilan BIGBANG. Kompak banget ya!

7. Wannable - Wanna One

7 Fandom yang Terkenal Kompak dan Loyal Banget ke IdolanyaSBS

Fandom yang teroyal dan terkuat nampaknya sangat cocok ditujukan kepada Wannable nih. Gimana gak? Bahkan Wannable harus rela melihat group kesayangannya bubar pada 27 Januari 2019 lalu.

Arti dari Wannable sendiri, ialah kepanjangan dari "Wanna" dan "Able" yang memiliki harapan bahwa Wanna One bersama dengan Wannable dapat meraih apa pun yang mereka inginkan bersama. Pemilihan nama ini berdasarkan voting yang diperoleh dari fans Wanna One dan secara resmi diumumkan pada Wanna One Go Eps. 0.

Baca Juga: 7 Momen Manis dan Haru Selama Konser Terakhir Wanna One, Bikin Nangis!

Topic:

  • Qatrunnada Rahmatika
  • Erina Wardoyo

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 17:15:04

Progress: 768.526 dari 813.350 TPS (94.48897%)

Just For You