Comscore Tracker

7 Fakta Lagu Motokare Desu, Single Terbaru AKB48

Sudah nonton MV-nya?

Setelah sukses dengan single "Ne Mo Ha Mo Rumor", kini AKB48 merilis single  baru berjudul "Motokare Desu". Single "Motokare Desu" diharapkan dapat menjaga momentum kembalinya popularitas AKB48. Karena itu, single ini memiliki lagu, koreografi, dan music video yang sudah terencana dan terkonsep dengan baik. 

Telah dirilis pada Rabu (18/05/2022) lalu, single "Motokare Desu" menyimpan banyak fakta lagu yang menarik untuk diketahui. Ada apa saja, ya? Yuk, cari tahu jawabannya dengan membaca sederet fakta di bawah ini! 

1. Dibawakan oleh 20 member AKB48

7 Fakta Lagu Motokare Desu, Single Terbaru AKB48senbatsu single "Motokare Desu" (instagram.com/akb48)

Pada 23 Februari lalu, AKB48 mengumumkan para member  yang terpilih untuk membawakan single ke-59 "Motokare Desu" melalui program TV AKB48, Saikin Kiita?

Sama seperti single sebelumnya, single kali ini juga hanya dibawakan oleh member AKB48. Member dari sister group seperti SKE48, HKT48, dan lainnya tidak ikut berpartisipasi.

Jumlah senbatsu atau member  yang terpilih ada dua puluh. Tiga diantaranya baru pertama kali masuk senbatsu, yakni Asai Nanami, Omori Maho, dan Taguchi Manaka. Kemudian, center  untuk single "Motokare Desu" adalah Honda Hitomi. Ini adalah kali pertama ia dipercaya menjadi center.

2. Lirik lagu tentang mantan kekasih

7 Fakta Lagu Motokare Desu, Single Terbaru AKB48single "Motokare Desu" (dok. King Records via instagram.com/akb48)

Seperti lagu-lagu AKB48 lainnya, lirik lagu "Motokare Desu" juga ditulis oleh sang produser Akimoto Yasushi. Dengan sudut pandang laki-laki, lirik lagu ini bercerita tentang sosok 'gue' yang sudah putus dengan kekasih perempuannya. Namun, ternyata ia masih belum move on.

Laki-laki tersebut berharap dapat kembali berpacaran, tetapi mantan kekasihnya sudah menjadi kekasih laki-laki lain. Meski sedih, ia tak masalah asal mantan kekasihnya bahagia. Ia pun menganggap dirinya sebagai mantan kekasih terbaik.

3. Koreografi GANMI DANCE yang keren

https://www.youtube.com/embed/zzZuMJxxi9o

Koreografi "Motokare Desu" terdiri dari banyak gerakan dance  yang keren dan memukau. Koreografi ini disebut GANMI Dance. Maksud dari sebutan tersebut adalah menarik perhatian dari seluruh dunia seakan-akan orang tidak dapat berhenti menontonnya.

Koreografi "Motokare Desu" dibuat oleh Kawashima Sota yang merupakan salah satu koreografer lagu "Butter" milik BTS. Koreografi "Motokare Desu" dibuat sedemikian rupa dengan tujuan dapat melebihi koreografi single AKB48 sebelumnya yang terkenal dengan sebutan doerai dansu  atau unbelievably amazing dance.

4. Kostum dirancang berbeda sesuai karakter member

7 Fakta Lagu Motokare Desu, Single Terbaru AKB48kolase potret member AKB48 mengenakan kostum "Motokare Desu" (instagram.com/akb48)

Sejauh ini, AKB48 telah beberapa kali membawakan lagu "Motokare Desu" dengan mengenakan dua jenis kostum berbeda. Yang pertama adalah kostum putih. Salah satu hal yang menarik dari kostum ini adalah bawahannya berupa celana. Ini adalah kali pertama AKB48 memiliki kostum bercelana untuk semua member  yang tampil.

Yang kedua adalah kostum hitam dengan paduan warna putih. Kostum hitam ini dibuat atas dasar pemintaan Akimoto Yasushi. Akimoto menginginkan kostum yang cocok dengan citra Hitomi selaku center  dan desain yang berbeda untuk setiap member.

Kayano Shinobu, sang desainer, menuruti keinginan Akimoto. Ia dan para staf merancang beragam kostum hitam dengan menyesuaikan usia dan karakter para member

5. Music video dihiasi dengan pencahayaan yang apik

https://www.youtube.com/embed/bUyOujXrvWc

Pada 20 April lalu, AKB48 mengunggah music video "Motokare Desu" ke kanal YouTube mereka. Music video atau MV ini berhasil membuat banyak penonton terkesima.

Bagaimana tidak? MV "Motokare Desu" menyuguhkan perpaduan lighting dan koreografi yang apik. Lampu-lampu dalam MV terlihat bergerak dan berubah warna menyesuaikan gerakan para member  yang sedang menari.

MV ini disutradarai oleh Fujimoto Minoru. Minoru merupakan salah satu staf yang mengatur lighting dalam upacara pembukaan Tokyo 2020 Paralympic.  

Baca Juga: Genap 25 Tahun, 10 Pencapaian Oda Erina AKB48

6. Promosi melalui stasiun terkenal

7 Fakta Lagu Motokare Desu, Single Terbaru AKB48promosi single "Motokare Desu" di Stasiun Shinagawa (twitter.com/AKB48_staff)

Staf AKB48 sepertinya tidak main-main dalam mempromosikan single "Motokare Desu". Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai konten video seperti kencan, telepon, cerita mantan pacar, dan solo dance.

Promosi yang paling mencuri perhatian adalah penayangan video di stasiun terkenal. Staf AKB48 menyewa dua puluh digital signage di Stasiun Shinagawa, Prefektur Tokyo untuk menayangkan video dua puluh member  yang menarikan "Motokare Desu". Promosi video ini telah berlangsung dari tanggal 16 sampai dengan 22 Mei 2022 kemarin.

7. Jumlah penjualan capai ratusan ribu keping

7 Fakta Lagu Motokare Desu, Single Terbaru AKB48potret member AKB48 berkunjung ke toko yang menjual CD "Motokare Desu" (twitter.com/AKB48_staff)

Single "Motokare Desu" telah dirilis pada 18 Mei lalu. Berdasarkan situs ORICON, single ini terjual sebanyak 288.562 keping di hari pertama penjualan. Meski mengalami penurunan jumlah penjualan dibanding single sebelumnya, AKB48 tetap memuncaki daily ranking.

Sementara itu, Billboard JAPAN mengumumkan total penjualan CD single "Motokare Desu" mencapai 382.356 keping, terhitung dari tanggal 16 sampai dengan 18 Mei 2022. Jumlah CD yang terjual membawa AKB48 ke posisi pertama mengalahkan musisi lain.

Sekarang kamu sudah mengetahui deretan fakta lagu terbaru AKB48 yang berjudul "Motokare Desu". Mulai dari member  hingga penjualan, ada banyak hal yang menarik dan keren, bukan?

Dari sederet fakta di atas, kita juga menjadi tahu bahwa staf dan member  telah berusaha mempersiapkan perilisan single ini dengan sebaik mungkin. Semoga single "Motokare Desu" dapat diterima oleh penggemar dan masyarakat luas sehingga AKB48 mampu bertahan di tengah persaingan dunia hiburan yang ketat. 

Baca Juga: 10 Fakta Menarik di Balik MV 'Motokare Desu' Milik AKB48

Zahra Zahra Photo Verified Writer Zahra Zahra

Klik ↑ dan baca artikel lainnya! Terima kasih😊

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya