Comscore Tracker

5 Film Olahraga Bollywood Ini Bakal Membuat Motivasimu Berapi-api

#Bollywood Film olahraga India terbaik sepanjang masa

Ada dua hal yang membuat orang India menjadi tergila-gila dibuatnya. Dua hal itu adalah Bollywood dan olahraga. Bagaimana jadinya kalau keduanya dilebur menjadi satu?

Film bertema olahraga tak hanya menyenangkan untuk ditonton, tetapi juga cukup inspiratif. Tak heran jika kita merasa lebih bersemangat seusai menonton film olahraga.

Nah sekarang, yuk simak daftar film olahraga terbaik Bollywood sepanjang masa yang bisa memantik api motivasi bagimu. Boleh jadi salah satunya adalah film favoritmu lho!

1. Mary Kom

https://www.youtube.com/embed/OxsKcx1IwI8

Film Mary Kom (2014) berfokus pada kisah nyata petinju perempuan India, Mary Kom. Dia diketahui telah memenangkan World Amateur Boxing Championship sebanyak lima kali. Priyanka Chopra dipuji banyak pihak karena penampilannya yang sangat apik sebagai tokoh Mary Kom di film ini.

Priyanka Chopra sendiri membutuhkan waktu tiga bulan untuk mempersiapkan perannya ini. Dia meningkatkan kondisi fisik sekaligus belajar bertinju. Film Mary Kom sukses memenangkan Penghargaan Film Nasional untuk Film Populer Terbaik.

Yuk tonton film Mary Kom untuk mengetahui bagaimana perjuangan seorang atlet perempuan di negara yang masih memandang sebelah mata status perempuan.

2. Paan Singh Tomar

https://www.youtube.com/embed/TT--NbNqiHE

Paan Singh Tomar (2012) adalah salah satu film yang underrated alias diremehkan atau tak begitu populer. Walau tak setenar empat film lain dalam daftar ini, Paan Singh Tomar merupakan permata sejati.

Film ini mengisahkan tokoh Paan Singh Tomar, seorang tentara India yang memenangkan tujuh medali emas Indian National Games (semacam Pekan Olahraga Nasional di Indonesia) selama tujuh tahun berturut-turut dari cabang lari halang rintang.

Tetapi, ketenarannya tidak berhenti di situ. Paan Singh Tomar malah menjadi lebih terkenal ketika dia memutuskan untuk berhenti berlari dan menjadi seorang Baaghi. Film Paan Singh Tomar adalah perjalanan epik sejati dari seorang pelari berbakat yang berubah menjadi pemberontak!

Film ini adalah salah satu pertunjukan terbaik dari Irrfan Khan, pemeran Paan Singh Tomar. Dia memenangkan Penghargaan Nasional untuk Aktor Terbaik. Bahkan, film tersebut memenangkan Penghargaan Nasional untuk Best Feature Film.

Baca Juga: Dijamin Nangis, 5 Film Bollywood Ini Bikin Terharu

3. Bhaag Milkha Bhaag

https://www.youtube.com/embed/0nR9JS2WsNg

Film Bhaag Milkha Bhaag (2013) didasarkan pada kisah nyata seorang penganut keyakinan Sikh bernama Milkha Singh. Film ini menunjukkan kepada kita perjuangan awal pada masa muda Milkha Singh selama tahun 1947, ketika dia mengukir prestasinya pada bidang olahraga atletik di India.

Farhan Akhtar yang didapuk sebagai pemeran Milkha Singh, bermain dengan sangat ciamik, sampai-sampai penonton tidak dapat membedakan antara film dan kenyataan. Dalam cerita, keluarga Milkha tewas akibat perang antara India dan Pakistan. Bagaimana cara Milkha tabah melalui semuanya hingga menjadi salah satu atlet paling terkenal di India, adalah tema sentral film Bhaag Milkha Bhaag.

Lagu tema film Bhaag Milkha Bhaag bertajuk Zinda sukses mengguncang negara berjuluk Negeri Mahabharata itu. Zinda pun menjadi lagu yang menginspirasi para pemuda India. Film ini mengajarkan kita untuk selalu terinspirasi dan termotivasi guna mencapai tujuan dengan dedikasi dan pengabdian yang tulus.

Bhaag Milkha Bhaag sendiri dalam bahasa Indonesia berarti Lari Milkha, Lari! Kok malah jadi teringat quote terkenal dari film Forrest Gump, "Run Forrest, Run!"

4. Chak De! India

https://www.youtube.com/embed/6a0-dSMWm5g

Film Chak De! India (2007) ini merupakan salah satu film terbaik Shahrukh Khan. Film ini menghidupkan kembali kegilaan masyarakat India terhadap olahraga hoki. Dalam film ini, Shahrukh Khan melangkah keluar dari zona nyamannya untuk bermain peran sebagai pelatih Kabir Khan.

Dengan visi tajam dan sikap tegasnya, SRK membuat para penonton terpaku pada karakter yang dimainkannya itu. Chak De! India sendiri mengisahkan perjalanan pelatih Kabir Khan sebagai pelatih tim nasional hoki perempuan India. Tim yang dibesutnya itu berisi para perempuan yang mempunyai tujuan mereka sendiri-sendiri.

Sebagian besar dari anggota timnas itu telah lupa bagaimana bermain hoki dengan rasa cinta pada permainan. Masing-masing anggota timnas hanya bermain karena menginginkan kesuksesan pribadi, pekerjaan setelah pensiun dari hoki dan hadiah rumah dari pemerintah.

Lalu bagaimana Kabir Khan menyatukan semua anggota timnas? Tonton sendiri filmnya ya. Film ini bakal membuatmu tetap menonton dengan nafas tertahan sampai detik-detik terakhir.

5. Lagaan: Once Upon a Time in India

https://www.youtube.com/embed/rxWhke_3fbQ

Film Lagaan: Once Upon a Time in India (2011) ini merupakan film India ketiga yang masuk nominasi Academy Award (Oscar) untuk Film Berbahasa Asing Terbaik. Film ini menerima pujian dari para kritikus film India sekaligus internasional.

Mengambil setting waktu selama periode Victoria saat British Raj (Kemaharajaan Inggris) berkuasa antara tahun 1858 - 1947, terdapat penduduk sebuah desa yang keberatan dengan pungutan pajak yang terlampau berat untuk bisa mereka bayar. Para penduduk, yang dipimpin oleh Bhuvan, menantang orang-orang Inggris untuk bermain kriket. 

Taruhannya, jika para penduduk menang, mereka dibebaskan dari pajak. Sebaliknya, kalau orang-orang Inggris yang menang, pajak akan dilipatgandakan. Persoalannya, para penduduk desa ini belum pernah main kriket sebelumnya.

Bagaimana perjuangan mereka membebaskan diri dari jeratan pajak yang berat dari Pemerintah Inggris? Tonton filmya ya. Nah, dalam film ini, Aamir Khan lagi-lagi membuat penampilan yang cemerlang sebagai Bhuvan sang tokoh utama. Film Lagaan ini juga dianggap sebagai film Bollywood terbaik yang pernah ada.

Itulah lima film olahraga India terbaik sepanjang masa yang bisa menginspirasi sekaligus membakar motivasimu. Apakah salah satunya ada yang menjadi film favoritmu?

Baca Juga: 5 Film Bollywood Terbaik yang Ajari untuk Move On dari Mantan

Rangga Putra Photo Verified Writer Rangga Putra

Lahir di Kota Pahlawan Surabaya dan besar di Kota Santri Gresik. Suka Bismillah dan Alhamdulillah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You