Comscore Tracker

7 Playlist Unik yang Bisa Kamu Temukan di Spotify, Dengerin Yuk!

Niat banget ya ngumpulin lagunya!

Apakah kamu salah satu pengguna setia Spotify? Menurut Indonesia Millennial Report 2019 yang diluncurkan IDN Research Institute, sebanyak 51,6% anak muda menggunakan aplikasi di HP untuk mendengarkan lagu dan Spotify merupakan aplikasi kedua yang paling banyak digunakan.

Tak hanya untuk mendengarkan lagu terbaru, ada juga yang menggunakan Spotify untuk mengumpulkan lagu-lagu dengan kategori unik seperti di bawah ini, lho. 

1. Songs to do CPR to

7 Playlist Unik yang Bisa Kamu Temukan di Spotify, Dengerin Yuk!spotify.com/nyphospital

CPR atau resusitasi jantung paru merupakan langkah pertolongan pertama terhadap seseorang yang jantung atau pernapasannya berhenti seperti karena pingsan, tenggelam, atau mengalami serangan jantung. Menurut situs Kementerian Kesehatan RI, CPR bisa dilakukan dengan memberikan kompresi/tekanan ke dada sebanyak 100 kali/menit.

Playlist Spotify yang dibuat oleh user bernama nyphospital ini berisi 55 lagu dari berbagai penyanyi yang memiliki ketukan 100 BPM (beats per minute), sama dengan jumlah yang dibutuhkan saat melakukan CPR. "Seluruh lagu ini memiliki 100 BPM - jumlah ketukan yang tepat untuk melakukan CPR. Pilih satu lagu untuk kamu ingat jika suatu saat kamu perlu menyelamatkan nyawa seseorang," begitu bunyi deksripsi playlist ini.

2. Gramedia Playlist

7 Playlist Unik yang Bisa Kamu Temukan di Spotify, Dengerin Yuk!spotify.com/Ilham Kurniawan

Jalan-jalan ke toko buku yang satu ini mungkin jadi salah satu kenangan masa kecil kamu. Saat sedang memilih-milih buku, telinga kamu dimanjakan dengan lagu-lagu bernuansa jazz yang ditambah dengan alunan saksofon.

Playlist yang dibuat oleh user bernama Ilham Kurniawan ini berisi lagu-lagu Kenny G, Dave Koz, dan beberapa musisi lainnya yang memiliki aliran jazz. Ketika mendengarkan lagu-lagu ini pastinya kamu langsung terbayang suasana di toko buku tersebut!

3. TransTV / Trans7 Backsong

7 Playlist Unik yang Bisa Kamu Temukan di Spotify, Dengerin Yuk!spotify.com/Ilham Kurniawan

Playlist yang juga dibuat oleh user Ilham Kurniawan ini berisi beberapa lagu yang cukup populer seperti Best Day of My Life dari American Authors, Viva La Vida dari Coldplay, Sweet Disposition dari The Temper Trap. Apa kesamaan lagu-lagu tersebut?

Ya! Buat kamu yang sering menonton program-program milik dua televisi di atas pasti familiar karena lagu-lagu tersebut sering diputar sebagai background song, khususnya di acara yang bertema petualangan atau travelling seperti My Trip My Adventure.

Baca Juga: Playlist K-Music Pekan Ini, 7 Lagu Korea Baru yang Kudu Kamu Dengar! 

4. MTV Indonesia 1995-2007

7 Playlist Unik yang Bisa Kamu Temukan di Spotify, Dengerin Yuk!spotify.com/ksuc1

Kalau yang ini playlist-nya generasi 80-90an, nih! Buat kamu yang lahir di tahun 80an atau 90an, pasti pernah merasakan masa-masa nonton acara-acara MTV Indonesia di stasiun TV ANteve dan Global TV. Di masa YouTube atau aplikasi streaming musik belum populer, MTV Indonesia jadi andalan untuk dengerin lagu-lagu hits pada masa itu.

Terima kasih kepada user bernama ksuc1 yang sudah membuat playlist ini. Jadi bisa nostalgia masa muda sambil mendengarkan Potret, Chrisye, Base Jam, Kahitna, Padi, Sheila on 7, Peterpan, dan masih banyak lagi!

5. Lagu Dewasa versi KPID Jawa Barat

7 Playlist Unik yang Bisa Kamu Temukan di Spotify, Dengerin Yuk!spotify.com/fajarprasetyo

Playlist Spotify yang ini gak kalah unik! Bulan Februari 2019, masyarakat sempat ramai membicarakan surat edaran dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat yang membatasi penyiaran beberapa lagu berbahasa Inggris. Karena likriknya dinilai kurang mendidik dan memuat konten dewasa, dibuatlah peraturan bahwa lagu tersebut hanya boleh diputar mulai pukul 22.00 hingga 03.00.

Salah satu user Spotify bernama fajarprasetyo kemudian membuat satu buah playlist berisi belasan lagu-lagu yang masuk dalam daftar KPID Jawa Barat untuk dibatasi penyiarannya.

6. COVID-19 Quarantine Party

7 Playlist Unik yang Bisa Kamu Temukan di Spotify, Dengerin Yuk!spotify.com/Alistair Ryan

Playlist buatan user bernama Alistair Ryan ini sepertinya terinpirasi masa-masa karantina mandiri yang harus dilakukan akibat COVID-19 atau virus Corona. Berisi 131 lagu dari berbagai penyanyi, kata-kata di judul lagunya sangat berkaitan dengan hal-hal yang kita alami atau bicarakan di tengah pandemi ini. Misalnya saja lagu berjudul Don't Stand So Close To Me dari The Police, Sick Feeling dari boy pablo, dan Harder to Breathe dari Maroon 5. Semoga pandemi ini segera berlalu ya!

7. Lagu FTV SCTV

7 Playlist Unik yang Bisa Kamu Temukan di Spotify, Dengerin Yuk!spotify.com/Aqmarina Lazuardi

Ada yang sampai sekarang masih sering nonton FTV? Buat generasi 90an pasti juga tidak asing dengan program FTV atau film televisi. Dalam durasi sekitar dua jam, FTV ini biasanya menyuguhkan cerita-cerita seputar percintaan.

Untuk mendukung jalan cerita, biasanya ada beberapa lagu yang ikut diputar baik sebagai lagu pembuka atau background song. Playlist dari user bernama Aqmarina Lazuardi ini mengumpulkan beberapa lagu dari musisi Indonesia yang 'langganan' diputar di FTV. Lagu mana nih yang kamu hafal liriknya?

Baca Juga: Playlist selama #DiRumahAja: 15 Lagu Indonesia Hits Pelecut Semangat

Saraya Adzani Photo Writer Saraya Adzani

Formula 1 enthusiast. I write in my free time.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya