Comscore Tracker

AoT: 5 Momen yang Menunjukkan Kecerdikan Eren Yeager

Awas, ada spoiler! 

Artikel ini berisi spoiler musim terakhir Attack on Titan.

Seperti yang diketahui, Eren bukanlah seorang karakter jenius seperti Armin atau petarung yang hebat seperti Mikasa. Bahkan, ia sempat menjadi karakter yang pemarah dan sembrono di episode awal Attack on Titan. Namun seiring berjalannya waktu, ia menjadi semakin dewasa dan bisa beradaptasi di setiap keadaan genting.

Ada beberapa momen yang menunjukkan kalau Eren adalah seorang karakter yang cerdik. Apa saja kah momen itu? Mari simak daftarnya di bawah ini!

1. Duel versus Reiner

AoT: 5 Momen yang Menunjukkan Kecerdikan Eren Yeageryoutube.com/Titan Fan

Adegan ketika Reiner dan Bertholdt mengungkap identitasnya sebagai Titan Zirah dan Kolosal adalah salah satu momen paling epik dalam sejarah anime. Eren pun terpaksa melawan Reiner dalam mode Titannya. Namun selama pertarungan pertamanya, Eren benar-benar kalah telak. Pukulannya tidak bisa menembus zirah Reiner yang tebal.

Namun, Eren bukanlah tipe orang yang akan menyerah begitu saja. Dalam keadaan terdesak, dia mengingat beberapa serangan yang pernah dilancarkan Annie kepadanya. Eren pun menggunakan beberapa gerakan bela diri Annie untuk mengunci Titan Zirah dan pada akhirnya berhasil mengalahkan Reiner.

2. Menipu Bertholdt

AoT: 5 Momen yang Menunjukkan Kecerdikan Eren Yeagershingekinokyojin.fandom.com

Selama pertempuran akhir di Distrik Shiganshina, Eren sengaja tergelincir dari atas tembok dan pura-pura mengalami gegar otak. Tentu saja, rencana ini sangat jenius. Eren melakukannya agar dia dapat menutup lubang yang dibuat oleh Bertholdt bertahun-tahun yang lalu, dan pada akhirnya melancarkan serangan yang tidak dapat diprediksi oleh Bertholdt.

3. Menyusup ke dalam Marley dan memanipulasi Falco

AoT: 5 Momen yang Menunjukkan Kecerdikan Eren Yeagerrandomc.net

Di musim terakhir Attack on Titan, kita tahu kalau Eren menyusup ke dalam Marley dengan menyamar sebagai seorang prajurit Eldian yang terluka. Ia kemudian mengobrol dengan Falco, seorang kandidat "pejuang" yang memiliki koneksi dengan Reiner dan Titan Shifter lainnya.

Selama episode "Deklarasi Perang," ia mempelihatkan bagaimana kakinya yang terpotong dapat tumbuh dengan cepat. Ini membuktikan kalau Eren sudah dapat mengendalikan kekuatan Titan sepenuhnya, lalu menggabungkannya dengan sebuah rencana yang brilian. Lagipula, siapa yang akan mengira kalau pria buntung sepertinya adalah seorang Titan Shifter?

Dia menggunakan Falco untuk membawa Reiner ke dalam ruangan tertutup, yang tentunya menyulitkan transformasinya. Selain itu, dia juga berhasil menyuruh Falco untuk mengirim "kode perang" kepada teman-temannya yang sudah berada di Marley. 

Baca Juga: Bak Bersaudara, 5 Kemiripan Eren Yeager dan Shinra Kusakabe

4. Menemukan tubuh pengguna Titan Palu Perang dan mengambil kekuatannya

AoT: 5 Momen yang Menunjukkan Kecerdikan Eren Yeagerthecinemaholic.com

Selama time skip, nampaknya Eren berhasil mempertajam beberapa kemampuannya. Karena selama pertarungan melawan Titan Palu Perang, dia brhasil menyimpulkan kalau Titan itu dikendalikan dari lokasi tersembunyi, bukan dari dalam tengkuk seperti Titan lainnya.

Dalam waktu singkat, dia bisa menentukan lokasi pengendali Titan Palu Perang, yang tidak lain adalah Lara Tybur. Sayangnya, tubuh Lara dilindungi oleh kristal yang mirip seperti milik Annie. Namun, Eren tidak kehabisan akal. 

Setelah mengetahui kalau serangan dari Titan Rahang dapat menggores kristal tersebut, Eren pun menangkapnya dan mengunakan rahangnya untuk menyerap kekuatan milik Titan Palu Perang. Sebuah kemampuan analisis yang luar biasa bukan?

5. Menipu Zeke dan mengaktifkan Rumbling

AoT: 5 Momen yang Menunjukkan Kecerdikan Eren Yeagercbr.com

Rumbling adalah genosida yang melibatkan jutaan Titan Dinding yang berada di Pulau Paradis. Tujuannya adalah untuk menginjak-injak seluruh dunia dengan kekuatan Titan Koordinat. Singkat cerita, Eren akan menggunakan metode ini untuk menghapus seluruh kebencian yang ada terhadap Eldian.

Untuk melakukannya, Eren harus melakukan kontak dengan pemilik darah bangsawan. Ia pun menyentuh kakak tirinya, Zeke Yeager, di mana keduanya dibawa ke Koordinat. Namun, alih-alih membantu Zeke dan rencana euthanasia miliknya, Eren justru menipu kakaknya lalu mengaktifkan rumbling

Jika diingat kembali, Eren berhasil masuk ke dalam sepuluh besar angkatan ke-104. Jadi, bisa disimpulkan kalau Eren adalah karakter yang cerdik dan kompeten. Setujukah kalian dengan ulasan di atas? Tulis pendapat kalian di kolom komentar ya!

Baca Juga: Bak Bersaudara, 5 Kemiripan Eren Yeager dan Shinra Kusakabe

Shandy Pradana Photo Verified Writer Shandy Pradana

"I don't care that they stole my idea. I care that they don't have any of their own." - Tesla // I am a 20% historian, 30% humanist and 50% absurdist // For further reading: linktr.ee/pradshy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya