Comscore Tracker

6 Penyanyi Top Thailand yang Masuk Nominasi MTV EMA, Mendunia!

Ada yang sampai lima kali, lho! #IDNTimesHype

MTV Europe Music Awards atau lebih dikenal MTV EMA adalah penghargaan musik bergengsi Eropa yang diadakan setiap tahun di negara yang berbeda. Acara musik tahunan ini menampilkan artis-artis ternama dari mancanegara dan memberikan berbagai macam penghargaan populer.

Salah satu yang mencuri perhatian adalah Best Southeast Asian Act, yaitu penghargaan untuk artis regional di Asia Tenggara. Berikut ini ada enam penyanyi Thailand yang pernah masuk nominasi MTV EMA. Siapa saja? Simak ulasan di bawah ini, yuk!

1. Slot Machine

6 Penyanyi Top Thailand yang Masuk Nominasi MTV EMA, Mendunia!instagram.com/slotmachinerock

Slot Machine merupakan band rock asal Bangkok yang mendapat nominasi Best Southeast Asian Act sampai lima kali. Mulai dari tahun 2013 hingga 2015 dan kembali masuk nominasi yang sama pada tahun 2017 dan 2018. Sayangnya, hingga kini Slot Machine belum berhasil membawa pulang piala.

Meskipun begitu, band jebolan BEC Tero Music ini telah memperoleh banyak penghargaan yang gak kalah bikin takjub. Di antaranya adalah SEED Awards untuk kategori Song of the Year, Classic Rock Awards untuk kategori Asian Performance, dan Nine Entertain Awards untuk kategori Band of the Year 2019.

2. Thaitanium

6 Penyanyi Top Thailand yang Masuk Nominasi MTV EMA, Mendunia!instagram.com/thaitanium

Selain band rock, grup musik hip hop turut menorehkan nama dalam Best Southeast Asian Act, lho. Thaitanium masuk nominasi MTV EMA pada tahun 2016, namun gagal menyabet penghargaan karena dikalahkan oleh penyanyi asal Vietnam, Đông Nhi.

Thaitanium sendiri dibentuk pada tahun 2000 dan merupakan grup musik hip hop campuran Thailand dan Amerika. Gak hanya terkenal di negara asal, Thaitanium berhasil menembus kancah internasional dengan menggelar tur konser ke berbagai negara, seperti Eropa, Amerika, Laos, Australia, hingga Indonesia.

3. Peck Palitchoke

6 Penyanyi Top Thailand yang Masuk Nominasi MTV EMA, Mendunia!instagram.com/peckpalit

Kelahiran 9 Agustus 1984, Palitchoke Ayanaputra atau lebih dikenal Peck Palitchoke adalah penyanyi yang kini bernaung di bawah label rekaman White Music milik GMM Grammy. Fasih berbahasa Inggris, lulusan Srinakharinwirot University ini pernah menetap di Australia saat ia masih belia, lho.

Pada tahun 2017, Peck Palitchoke masuk nominasi Best Southeast Asian Act bersama Slot Machine. Namun, dua perwakilan dari Thailand ini dikalahkan oleh aktor dan musisi asal Filipina, James Reid. Meskipun begitu, Peck Palitchoke berhasil memenangkan SEA Social Wildcard.

Pada tahun yang sama, Peck Palitchoke menyabet banyak penghargaan, mulai dari Best Solo Star, Song of the Year, Singer of the Year, Mask Singer of the Year, hingga Favorite Asian Music Videos of 2017.

Baca Juga: Musisi Thailand Jaylerr Rilis Mini Album Pertama, Ini 5 Lagunya

4. Twopee Southside

6 Penyanyi Top Thailand yang Masuk Nominasi MTV EMA, Mendunia!instagram.com/twopee

Pitawat Pruksakit atau pemilik nama panggung Twopee merupakan anggota duo rapper Southside. Ketika berusia 13 tahun, pria asal Phuket ini mengaku jatuh hati dengan musik hip hop dari Eminem. Mulai sejak itu, Twopee mencoba untuk menulis lirik dan lagu.

Berhasil memenangkan beberapa kontes rap menjadikan Twopee sebagai bagian dari keluarga seniman hip hop Thaitanium. Ketenaran pun ia peroleh sejak menjadi pelatih di acara The Rapper.

Kian diperhitungkan, Twopee Southside masuk nominasi Best Southeast Asian Act pada tahun 2018. Kala itu, ia harus melawan Slot Machine dari sesama Thailand. Sayangnya, mereka gagal membawa piala MTV EMA karena dikalahkan oleh Joe Flizzow dari Malaysia.

5. Jannine Weigel

6 Penyanyi Top Thailand yang Masuk Nominasi MTV EMA, Mendunia!instagram.com/jannineweigel

Pada tahun 2019, Jannine Weigel menjadi perwakilan Thailand di MTV EMA untuk nominasi Best Southeast Asian Act. Saat itu, Jannine Weigel bersaing dengan Rich Brian, lho. Namun, piala tersebut dibawa pulang oleh penyanyi asal Singapura, Jasmine Sokko.

Jannine Weigel adalah penyanyi di bawah asuhan GMM Grammy. Memiliki darah blasteran Thailand dan Jerman, gadis kelahiran 30 Juli 2000 ini meraup kesuksesan di dunia tarik suara maupun akting, lho. Ia unjuk kepiawaian dalam beradu peran dengan membintangi film Run Phee dan Pee Nak.

6. Violette Wautier

6 Penyanyi Top Thailand yang Masuk Nominasi MTV EMA, Mendunia!instagram.com/violettewautier

Violette Wautier memiliki darah Thailand dan Belgia, namun ia lahir di Yokohama, 10 Oktober 1993. Kiprah Violette di dunia seni peran terbilang sukses, terbukti ia berhasil memenangkan penghargaan Best Supporting Actress berkat film Heart Attack.

Sebelum di dunia seni peran, Violette memulai kariernya di ajang pencarian bakat The Voice Thailand pada tahun 2013, lho. Setelah beberapa tahun di bawah kontrak Universal Music Thailand, ia akhirnya menjadi artis independen dan mendirikan label rekaman sendiri pada tahun 2018.

Pada November 2020, Violette Wautier masuk nominasi MTV EMA untuk Best Southeast Asian Act dan harus bersaing dengan Agnez Mo. Namun, baik Violette maupun Agnez belum berhasil memenangkan penghargaan tersebut.

Meski belum berhasil membawa pulang piala, namun masuk dalam nominasi MTV EMA merupakan sebuah pencapaian besar. Mereka pun masih memperoleh kemenangan di acara penghargaan lain. Dari keenam penyanyi di atas, ada penyanyi favorit kamu?

Baca Juga: Kuasai Nominasi MTV EMA, 9 Potret Anggun Lady Gaga dengan Rambut Hijau

Yeoli Choco Photo Verified Writer Yeoli Choco

Be kind, proud, and love yourself :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya