Comscore Tracker

5 Bukti "BTS Effect" Tingkatkan Penjualan Produk

banyak untungnya nih!

"BTS effect" merupakan efek komersial yang tercipta akibat pengaruh dari grup yang sedang mendunia ini, salah satu contohnya yaitu BTS menjadi alasan wisatawan berkunjung ke Korea Selatan.

Effect ini juga mempengaruhi penjualan dari produk yang diiklankan atau produk yang member BTS kenakan. Banyak fans yang berusaha memiliki barang yang BTS iklankan atau yang mereka pakai. Dengan jumlah fans yang banyak di seluruh dunia, tentu saja hal ini memilki dampak yang basar.

Penasaran seberapa dampak yang dapat diciptakan oleh BTS? Berikut merupakan 5 fakta produk yang terpengaruh "BTS effect".

1. Permen Karet XYLITOL

5 Bukti BTS Effect Tingkatkan Penjualan Produkbotol produk permen karet xylitol x BTS (lotte.co.jp/xylitol)

Permen karet Xylitol edisi khusus BTS ini pertama dirilis pada1 Oktober lalu. Hanya butuh 2 minggu produk ini dilaporkan telah terjual habis. Persentase penjualan mencapai 50% lebih banyak dari penjualan permen karet biasa.

Kontribusi penjualan ini diperkirakan karena ARMY (sebutan fans BTS) mencoba mengumpulkan set botol secara lengkap dan adanya promo yang diadakan Lotte dengan memberikan poster untuk pembelian permen karet dalam jumlah tertentu.

2. Foldable Phone Samsung

5 Bukti BTS Effect Tingkatkan Penjualan ProdukSamsung Galaxy x BTS (instagram.com/samsungmobile)

Telah lama menjadi brand ambasador untuk Samsung, kali ini BTS mengiklankan seri tebaru Samsung Galaxy Fold 3 serta Flip 3. Penjualan seri Samsung terbaru ini dikabarkan telah memecahkan rekor, 70% penjualan hanya berasal dari pembelian Samsung Galaxy Flip 3 saja.

3. BTS Meal McDonald's

5 Bukti BTS Effect Tingkatkan Penjualan ProdukBTS Meal (instagram.com/ mcdonalds)

Proyek BTS Meal McDonald's ini sempat membuat heboh tanah air, karena membludaknya antrian pembelian di beberapa gerai McDonald's Indodesia. Akibat kejadian ini petugas yang berwenang terpaksa membubarkan antrian karena melanggar aturan di era pandemi. Berkat proyek ini McDonald's berhasil meningkatkan penjualan hingga 40,5% pada pertengahan tahun 2021 ini. 

Baca Juga: Luncurkan BTS Meal, McDonald's: BTS Punya Kenangan Indah dengan McD

4. Hanbok Modern Zijangsa

5 Bukti BTS Effect Tingkatkan Penjualan ProdukBTS dan Colplay (twitter/com/BTS_twt)

Diketahui Jungkook sang maknae grup kerap kali memakai hanbok modern yang berasal dari brand Zijangsa. Hanbok ini juga dihadiahkan kepada Coldplay dalam kunjungan mereka beberapa waktu yang lalu. Brand ini kebanjiran pesanan karena BTS effect, mereka bahkan tidak menyangka akan hal ini karena Zijangsa hanya sebuah brand lokal yang tidak terlalu besar.

5. Sweater Deva States

https://www.youtube.com/embed/HnGyh6DdPxY

Brand yang berasal dari Indonesia ini juga sempat terkena BTS effect. Sweater ini sempat dipakai oleh Jin BTS untuk sebuah video promosi album Butter. Mengetahui hal ini, penggemar langsung saja menyerbu Deva States untuk menanyakan penjualan sweater ini. Begitu banyaknya permintaan Restock, akhirnya Pre Order sweater ini pun dibuka guna memenuhi keinginan para ARMY.

Nah itulah 5 produk yang terkena BTS effect, bagaimana menurut kalian? apakah BTS memiliki dampak yang begitu besar dalam penjualan sebuah produk? Jangan-jangan kalian juga ikut menciptakan BTS effect ini dengan ikut membeli barang yang digunakan oleh para member.

Baca Juga: [QUIZ] Apakah Kamu Termasuk Tipe Cewek Idealnya V BTS?

Yulia Yunara Photo Writer Yulia Yunara

BTS 아미

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya