Comscore Tracker

7 Film Tentang Suka Duka di Dunia Kerja Ini Bikin Semangat Lagi

Jadi tak ada alasan untuk tidak semangat nih!

Setiap orang pasti ingin mendapatkan rasa semangat dan optimisme yang tinggi. Namun, terkadang banyak hal yang justru membuat seseorang itu kehilangan semangat. Salah satunya ketika mood sedang jelek, atau ketika pekerjaan di kantor menumpuk sehingga bukannya cepat-cepat untuk diselesaikan, malah kehilangan semangat untuk bekerja.

Nah, sebagai mood booster, sekali-kali tontonlah ketujuh film yang bercerita tentang suka duka berada di dunia kerja di bawah ini.

1. The Intern (2015)

https://www.youtube.com/embed/ZU3Xban0Y6A

Film yang dibintangi oleh Anne Hathaway dan Robert De Niro ini berkisah tentang seorang pensiunan berusia 70 tahun bernama Ben Whittaker. Sepeninggal sang istri, untuk menghalau rasa sepinya, Ben mencoba untuk keluar dari rumah setiap pagi dan pulang ketika sore hari layaknya seorang pekerja bahkan dirinya berpergian keliling dunia.

Suatu hari, Ben membaca sebuah brosur yang berisi tentang lowongan pekerjaan khusus lansia sebagai senior intern di sebuah perusahaan online fashion milik Jules Ostin, seorang ibu satu anak yang cerdas dan tangguh.

Tak disangka Ben diterima di perusahaan itu sebagai asisten Jules Ostin. Pada awalnya Jules tidak menyukai Ben karena dinilai terlalu mencampuri urusan pribadinya entah itu pola hidup Jules yang menurut Ben tidak sehat sampai kehidupan keluarganya. Namun, lama kelamaan Jules merasa bahwa Ben benar dan dirinyapun mulai terbuka tentang masalah dirinya dan suaminya serta masalah pekerjaannya yang membuatnya stres.

2. Second Act (2018)

https://www.youtube.com/embed/xtXXjpSnoJ0

Film yang dibintangi oleh aktris cantik Jennifer Lovez ini bercerita tentang seorang wanita paruh baya bernama Maya. Dirinya bekerja sebagai pelayan toko di sebuah departemen store dalam kurun waktu yang lama. Sebenarnya Maya memiliki kualifikasi yang jauh lebih baik dari manager barunya, namun Maya dinilai tak sebanding untuk menjadi manajer karena pendidikan Maya rendah.

Hal itu karena ketika di usia 17 tahun, Maya hamil dan dirinya terpaksa keluar dari sekolah. Di usia belia Maya harus mengurus putrinya sambil bekerja, namun karena Maya khawatir dengan masa depan putrinya, dirinya pun menyerahkan putrinya kepada seorang konglomerat yang tidak memiliki anak.

Di tengah kemelut hidupnya, Maya menerima telepon dari sebuah perusahaan besar berskala internasional kalau dirinya diterima bekerja di perusahaan tersebut. Tanpa sepengatahuan Maya, anak baptisnya memasukkan lamaran pekerjaan dengan memanipulasi identitas Maya termasuk latar belakang pendidikannya.

Pada awalnya Maya meolak untuk datang ke perusahaan tersebut, namun dirinya ingin membuktikan bahwa profesionalitas kerja, tak melulu harus dilihat dari latar belakang pendidikannya.

Baca Juga: 11 Film dengan Durasi Main Terpanjang, tapi Tak Bikin Kamu Bosan

3. The Pursuit of Happyness (2006)

https://www.youtube.com/embed/89Kq8SDyvfg

Film ini recommended banget untuk ditonton, diilhami dari kisah nyata, berkisah tentang seorang pria bernama Chris Gardner, seorang suami sekaligus ayah satu anak. Dimulai dari dirinya yang bergabung di sebuah MLM alat-alat kedokteran, sampai menghabiskan uang tabungannya bersama sang istri, berharap bisa sukses dengan cepat. Namun, karena barang-barangnya sulit terjual, kondisi ekonomi Gardner mengalami pailit.

Bahkan Gardner dan keluarganya diusir dari apartemennya sampai-sampai sang istri meninggalkan Gardner dan putranya karena tidak mau hidup susah. Suatu ketika, Gardner bertemu dengan seorang karyawan perusahaan pialang saham, dan dirinya pun mencoba peruntungan di perusahaan tersebut sebagai karyawan magang tanpa gaji.

Selama tiga bulan, Gardner beserta putranya hidup terlunta-lunta di jalanan bahkan pernah tidur di toilet umum. Sampai akhirnya perjuangan Gardner membuahkan hasil, dirinya diterima sebagai karyawan tetap di perusahaan pialang saham dengan gaji fantastis, hingga dirinya membuat sebuah perusahaan pialang saham sendiri hingga sukses.

4. Devil Wears Prada (2006)

https://www.youtube.com/embed/LG0xYJJbko8

Film yang dibintangi Anne Hathaway ini bercerita tentang seorang perempuan lulusan jurnalistik bernama Andrea Sachs atau biasa disapa Andy. Andy mencoba melamar pekerjaan ke sebuah majalah fashion, Runaway yang merupakan sebuah majalah fashion ternama di New York. Di sana Andy bekerja di bagian junior assistant seorang pimred di majalah tersebut bernama Miranda Priestly.

Karena sikap idealis dan perfeksionis Miranda, Andy harus mengubah total penampilannya yang sederhana menjadi berkelas. Di samping itu selain mendapat tekanan pekerjaan, dirinya juga harus berurusan dengan kehidupan pribadi Miranda. Dari mulai menjemput anak Miranda di skeolah sampai mencarikan buku Harry Potter terbitan terbaru untuk anaknya. Pada awalnya Andy menyerah, namun dia bertekad untuk terus maju sampai titik darah penghabisan.

5. Get a Job (2016)

https://www.youtube.com/embed/eXmOmdzsQVs

Film yang bercerita tentang seorang pria yang baru saja lulus kuliah bernama Will, dia bersama ketiga temannya yang sama-sama baru lulus kuliah tinggal di sebuah rumah kontrakan. Satu persatu teman-teman Will bahkan pacar Will, Jillian sudah mendapatkan pekerjan di sebuah perusahaan bergengsi. Hanya tinggal Will yang belum memiliki pekerjaan, hal itu membuat Will frustasi ketika beberapa lamaran pekerjaannya ditolak, bersamaan dengan itu ayah Will mengalami PHK.

Sampai suatu ketika, Will diterima bekerja di sebuah perusahaan multimedia. Will merasa tidak nyaman dengan kondisi kerja di perusahaan tersebut yang mana sang pimpinan perusahaan terlalu perfeksionis dan super teliti. Sampai akhirnya Will keluar dari pekerjaannya dan membuat sebuah pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

6. Good Will Hunting (1997)

https://www.youtube.com/embed/nH9LZOXBMUE

Film lawas yang dibintangi oleh Matt Damon dan Robin William ini berkisah tentang seorang pria bernama Will Hunting. Sejak kecil, Will hidup di lingkungan yang keras, sehingga tak heran hal itu membuat Will menjadi sosok pria yang urakan. Dirinya sering kali bergonta-ganti pekerjaan sampai akhirnya Will bekerja sebagai tukang sapu di sebuah universitas dan bertemu dengan seorang dosen matematika bernama Professor Gerald.

Tanpa sengaja Will berhasil memecahkan soal matematika yang dianggap rumit dalam waktu yang singkat. Professor Gerald melihat bahwa Will memiliki kecerdasan di atas rata-rata dan bermaksud untuk merangkulnya menjadi lebih baik. Namun sayangnya Will memiliki sifat yang jelek sehingga Professor Gerald meminta bantuan salah satu kawannya yang merupakan seorang psikolog bernama Sean.

7. Morning Glory (2010)

https://www.youtube.com/embed/s9lWUqraDoU

Film yang dibintangi oleh Rachel Mcadams dan Horisson Ford yang bercerita tentang seorang wanita bernama Becky yang baru saja dipecat dari perusahaannya. Tak ingin berlama-lama menganggur, Becky mencoba melamar pekerjaan ke sebuah stasiun TV, dirinya diharuskan untuk meningkatkan rating acara reality show yang hampir akan dihapus karena ratingnya yang anjlok.

Karena tidak mau kehilangan pekerjaan lagi, Becky bekerja ekstra keras dengan merombak sistem kerja yang menurutnya tidak efisien. Hingga Becky mencoba menggaet seorang pembawa acara terkenal untuk memandu acara reality show miliknya, meskipun itu sulit. Namun, karena sifat pantang menyerah dan kerja kerasnya, usaha Becky akhirnya mendapatkan hasil.

Nah, itulah ketujuh film tentang suka duka berada di dunia kerja, gimana? Udah siap nonton?

Baca Juga: 5 Film Animasi Sekelompok Hewan Ini Kocak dan Penuh Petualangan

Asih Purwanti Photo Verified Writer Asih Purwanti

Bukan Siapa-Siapa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You