Comscore Tracker

Selain Thor, 10 Dewa-dewi Mitologi Nordik yang Juga Terkenal

Legenda dewa-dewi gak cuma dari Yunani saja

Mitologi Nordik merupakan kepercayaan dari Eropa utara yang meliputi negara Skandinavia seperti Norwegia, Denmark, dan Swedia. Dalam kepercayaan tersebut sering dikisahkan mengenai penciptaan dunia, makhluk supernatural serta para dewa yang ditulis dalam bentuk puisi maupun prosa yang diturunkan turun menurun di kawasan tersebut.

Menarik untuk membahas para dewa yang berada dalam mitoogi Nordik, karena dalam setiap mitologi selalu ada kisah-kisah menarik pada setiap dewa maupun dewi yang ada. Berikut adalah dewa dewi yang ada pada mitologi Nordik yang paling banyak dikenal oleh banyak orang!

1. Odin

Selain Thor, 10 Dewa-dewi Mitologi Nordik yang Juga Terkenaldribbble.com

Odin adalah dewa yang paling dihormati sekaligus penuh teka-teki di antara semua dewa dalam mitologi Nordik. Ia juga dikenal sebagai raja para dewa. Walaupun ia penguasa Asgard, dirinya sering kali diceritakan mengembara untuk mencari ilmu, di mana ada salah satu kisah yang menceritakan bahwa Odin rela mencungkil matanya untuk diberikan kepada Mimir,  makhluk bayangan yang mempunyai ilmu pengetahuan yang tak terbatas.

Di sisi lain, Odin juga memiliki sisi yang menyeramkan saat ia digambarkan sebagai dewa perang yang pada dasarnya ia dipandang sebagai lambang kegilaan dan kekacauan pertempuran.

2. Thor

Selain Thor, 10 Dewa-dewi Mitologi Nordik yang Juga Terkenalmagichoroscope.com

Thor sang dewa petir merupakan dewa yang paling terkena di antara dewa lainnya yang ada di mitologi Nordik. Dirinya digambarkan sebagai dewa yang terkuat juga mempunyai tugas untuk melindungi Asgard serta Midgard dari ancaman kekuatan jahat.

Selain dirinya sendiri, senjatanya yang berbentuk palu yang bernama Mjolnir juga sangat terkenal karena sangat erat dengan Thor. Bahkan, dalam suatu kisah pernah diceritakan bahwa Mjolnir dapat meratakan gunung karena senjata ini adalah senjata terkuat yang pernah ada.

3. Loki

Selain Thor, 10 Dewa-dewi Mitologi Nordik yang Juga Terkenalfudder.de

Loki dikenal sebagai penipu yang menyebabkan banyak tragedi dan konflik yang terjadi di antara para dewa. Namun, pada dasarnya ia tidak sepenuhnya jahat, tetapi memang ia adalah seorang dewa yang licik dan sering berbuat kejam untuk mencapai tujuan-tujuan anehnya.

Walaupun diceritakan ia sering berselisih dengan Thor, namun dalam satu waktu mereka pernah bekerja sama saat mengambil Mjolnir yang dicuri oleh Pymr. Namun, di balik kerumitan karakter yang dimiliki Loki, dialah yang bertanggung jawab atas kematian sebagian besar dewa yang mati saat peristiwa Ragnarok.

4. Freya

Selain Thor, 10 Dewa-dewi Mitologi Nordik yang Juga Terkenaloccultrevival.net

Freya dikenal sebagai dewi yang selalu mencari kesenangan. ia juga sering dilambangkan sebagai aspek cinta dan juga keindahan. Selain itu, Freya juga diyakini mempunyai kemampuan untuk memanipulasi hasrat dan kekayaan seseorang. Freya juga dianggap sebagai dewi penguasa akhirat di mana ia dapat memilih prajurit yang gugur dalam pertarungan untuk ditempatkan di Valhalla.

5. Heimdall

Selain Thor, 10 Dewa-dewi Mitologi Nordik yang Juga Terkenalbritannica.com

Heimdall sering digambarkan sebagai wali Asgard yang selalu waspada akan segala situasi. Ia memiliki kemampuan yang luar biasa meliputi penglihatan yang dapat melihat sampai ke ujung dunia, pendengaran yang dapat mendengar hal-hal kecil sekalipun dan juga pengetahuan yang dimilikinya menjadikannya pantas disebut sebagai pelindung para dewa Asgard.

Baca Juga: 8 Monster dari Mitologi Tiongkok, Berwujud Mengerikan tapi Penuh Makna

6. Ymir

Selain Thor, 10 Dewa-dewi Mitologi Nordik yang Juga Terkenalbavipower.com

Ymir bisa disebut sebagai entitas purba dan awal mula terlahirnya para dewa dalam mitologi Nordik. ia diyakini sebagai makhluk pertama yang diciptakan. Ymir tercipta atas kombinasi dari es Niflheim dengan panas Muspelheim. Namun, seiring berjalannya waktu ia malah menjadi suatu entitas yang jahat.

Pada akhirnya, Ymir dikalahkan oleh Odin dan dua dewa lainnya dan tubuh dari Ymir sendiri di daur ulang untuk menciptakan bumi. Darahnya yang diubah menjadi lautan dan samudera, tulang yang diubah menjadi gunung dan batu, hingga rambutnya diubah menjadi pepohonan.

7. Baldur

Selain Thor, 10 Dewa-dewi Mitologi Nordik yang Juga Terkenalalehorn.com

Baldur dikenal sebagai dewa cahaya dan kemurnian. Ia dipuji sebagai dewa yang adil, bijak dan ramah, bahkan karena kesempurnaannya bunga yang ada di dekatnya dapat layu karena iri kepadanya. Kediaman dari Baldur juga merupakan yang paling indah di antara semuanya dengan bangunan yang berlapis emas dan perak.

Namun, Baldur bernasib sangat tragis di akhir hidupnya karena terbunuh oleh saudara kembarnya sendiri dikarenakan ulah dari Loki. Saudara kembarnya yang buta mendapat panah dari Loki, lalu saat bermain bersama Baldur, ia tidak sengaja melempar anak panah tersebut kearah jantung dari Baldur yang seketika membuatnya tewas.

8. Vidar

Selain Thor, 10 Dewa-dewi Mitologi Nordik yang Juga Terkenalhistoryofvikings.com

Seorang dewa pembalas dendam yang pendiam. Vidar ditakdirkan untuk membalaskan kematian ayahnya, Odin yang dibunuh oleh seekor serigala raksasa ganas, Fenrir. Diceritakan juga ia sama kuat dengan saudaranya Thor, namun karena dirinya adalah dewa yang menjalankan sesuatu dalam keheningan dan pendiam, alhasil Thor lebih dikenal dibanding dengan dirinya.

9. Frigg

Selain Thor, 10 Dewa-dewi Mitologi Nordik yang Juga Terkenalancient-origins.net

Pasangan dari Odin sekaligus menyandang posisi sebagai dewi langit ini bernama Frigg. Ia bersama Odin memiliki anak kembar yang bernama Baldur dan Hoor. Dewi Frigg juga dikenal sebagai dewi yang memberikan kesuburan dan kebahagiaan dalam kehidupan rumah tangga.

10. Hel

Selain Thor, 10 Dewa-dewi Mitologi Nordik yang Juga Terkenalredbubble.com

Hel adalah putri dari Loki sekaligus penguasa dari dunia bawah. Ia juga diyakini sebagai dewi terkuat di antara semua dewi yang ada dalam mitologi Nordik, bahkan dipercaya lebih kuat dari Odin saat ia berada dalam wilayahnya sendiri.

Itulah dewa dewi yang paling banyak diketahui oleh masyarakat luas tidak hanya warga Skandinavia saja. Bahkan beberapa di antara dewa di atas karakter maupun adaptasinya sudah malang melintang dalam film-film Hollywood. Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca Juga: 5 Film yang Bertema Tentang Mitologi, Cocok Ditonton Akhir Pekan!

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya