Comscore Tracker

8 Payung Antimainstream di Dunia, Out of the Box Banget!

Tertarik untuk mencoba? #IDNTimesHype

Salah satu benda yang sangat dibutuhkan manusia saat musim hujan tiba adalah payung. Benda ini tak hanya melindungi diri dari derasnya hujan namun juga bisa menahan teriknya sinar matahari maupun tetesan salju. Terlepas dari fungsinya sebagai pelindung tubuh, ternyata ada beberapa jenis payung yang memiliki bentuk dan fungsi yang unik serta tak lazim bagi orang kebanyakan.

Penasaran? Yuk, disimak!

1. Payung jam (clock parasol)

8 Payung Antimainstream di Dunia, Out of the Box Banget!material.znug.com

Desainer Jepang bernama Kota Nezu telah merancang payung dengan derajat sinar dan angka untuk dibaca dari bagian bawahnya. Selain sebagai perlindungan, payung ini memiliki fungsi lain sebagai penunjuk jam saat cuaca cerah. Apabila akan digunakan, pengguna tinggal mengarahkan payung ke arah utara sesuai dengan petunjuk kompas yang terletak di ujung pegangan dari payung tersebut. Kemudian sinar matahari akan menunjuk pada angka yang terletak di bawah payung dengan akurat.

2. Payung awan (cumulus parasol)

8 Payung Antimainstream di Dunia, Out of the Box Banget!studiotoer.com

The Cumulus Parasol atau payung awan ini adalah payung pelindung dari sinar matahari bertenaga surya yang mengembang dengan sendirinya saat matahari mulai bersinar. Setiap kali matahari terbit, payung ini mengembang secara otomatis menjadi awan menggunakan panel surya di bagian atas dalam waktu sekitar 20 detik. 

Bentuk lengkung dari awan yang digelembungkan bersifat aerodinamis, memungkinkannya menahan cuaca berangin. Saat cuaca cerah, panel-panel surya di bagian atas akan menyalakan kipas yang mengembangkan tubuh payung. Saat matahari terbenam payung mengempis secara otomatis. Keren nih!

3. Payung santun (polite umbrella)

8 Payung Antimainstream di Dunia, Out of the Box Banget!likecool.com

Payung santun ini menghilangkan efek benturan kasar dengan adanya pegangan praktis yang memungkinkan pemakainya untuk memanipulasi bentuk payung agar tidak menabrak orang lain. Bentuk payung yang dapat menguncup ini juga memberikan perlindungan yang lebih besar dari angin kencang dan hujan saat dibutuhkan karena menutupi tubuhmu dengan lebih efisien.

Dengan menarik pegangan ke bawah, kamu bisa meminimalkan ruang yang ditempati, sementara melepaskan pegangan mengembalikan payung ke bentuk standarnya.

Sederhana, namun sangat berguna!

Baca Juga: 10 Benda Aneh yang Coba Dibawa Penumpang ke Pesawat, Jangan Ditiru Ya!

4. Bumpbrella

8 Payung Antimainstream di Dunia, Out of the Box Banget!newatlas.com

Payung transparan ini mampu menutupi sebagian besar tubuh bagian atas. Dengan hanya memutar pegangan ke belakang akan mengempiskan payung. Di bagian atas dan pinggiran payung terdapat tanda yang diterangi oleh lampu LED. Payung ini bertujuan untuk menghemat tempat dan meminimalkan kemungkinan cedera akibat benturan saat penggunanya berada dalam kondisi luar ruangan yang penuh sesak. Mau coba?

5. Payung udara (air umbrella)

8 Payung Antimainstream di Dunia, Out of the Box Banget!trendhunter.com

Desainer Park Je Sung dan Kwon Woo Jung asal Korea Selatan telah mengembangkan payung unik yang hanya terdiri dari pegangan dan tidak ada yang lain. Payung yang diberi sebutan payung udara ini bekerja dengan sistem mengambil udara dari bagian bawah pengontrol lalu menembakkannya dari atas untuk menciptakan 'tirai' udara yang dapat mengusir tetesan hujan.

Kekuatan udara yang didorong dapat diatur secara manual sesuai dengan seberapa deras hujan. Payung ini juga dapat ditarik kembali sehingga pas bila dimasukkan ke dalam tas atau saku. Gokil nih!

6. Oto shigure

8 Payung Antimainstream di Dunia, Out of the Box Banget!ubergizmo.com

Oto Shigure adalah jenis payung yang dikembangkan bersama oleh Universitas Keio dan perusahaan IT,Toa Engineering asal Jepang. Bentuknya menyerupai payung tradisional Jepang biasa yang terbuat dari bambu dan kertas minyak, namun didalamnya memiliki sistem speaker audio pribadi.

Selain melindungi tubuh penggunanya, saat dihubungkan ke iPod atau perangkat audio lain yang kompatibel, maka dari payung tersebut akan dihasilkan ruang suara 3D yang sangat terlokalisasi dan hanya dapat didengar oleh orang-orang di bawahnya. Jadi pengin punya, deh!

7. Payung es (ice cycle umbrella)

8 Payung Antimainstream di Dunia, Out of the Box Banget!coroflot.com

Dibuat oleh desainer Jiang Qian, payung unik ini dilengkapi dengan bingkai logam dengan lapisan es yang dibekukan melalui terminal khusus yang berfungsi seperti lemari es. Proses yang terjadi pada payung ini adalah ketika suhu semakin meningkat, maka lama kelamaan es akan meleleh sehingga akan nampak seperti tirai air. Pengalaman baru inilah yang ingin diciptakan oleh sang desainer kepada penggunanya. Tertarik?

8. Payung lulin ding (lulin ding umbrella)

8 Payung Antimainstream di Dunia, Out of the Box Banget!dlulin.com

Payung Lulin Ding bukanlah payung konvensional biasa. Payung berbentuk unik ini tidak melindungimu dari hujan, tetapi justru akan memainkan musik spesial yang akan membantu menenangkan dan menyembuhkan jiwamu sekaligus menghapus kesedihan dalam dirimu. 

Payung yang dilengkapi dengan pemutar MP3 bawaan tersebut memiliki konsep untuk menciptakan gelembung imajiner ruang pribadi saat penggunanya sedang bersantai atau merenung. Menurut desainernya, payung ini dikatakan sebagai bantuan yang sempurna jika kamu ingin menghubungkan kembali pikiran, tubuh, dan jiwa dengan alam sekitar. Gokil!

Itulah delapan jenis payung unik dan eksentrik yang ditemukan di dunia. Jadi, kamu ingin mencoba yang mana nih?

Baca Juga: Aneh dan Lucu, 10 Kisah Penemuan Makanan Minuman Modern

Aii gie Photo Verified Writer Aii gie

Seorang virgo bergolongan darah O.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya