Comscore Tracker

7 Area Permukiman Kumuh Terbesar di Dunia yang Harus Kamu Ketahui

Ada di negara mana saja ya?

Kota besar memang menjadi tempat pusatnya kegiatan perekonomian, pemerintahan maupun pendidikan, yang selalu dianggap digambarkan dengan gedung pencakar langit, serta keramaian yang tiada habisnya.

Namun di balik gemerlap dan hiruk pikuknya kota besar, terdapat sisi gelap kesenjangan ekonomi yang dibuktikan dengan adanya permukiman kumuh. Area permukiman ini memiliki berbagai masalah berkaitan dengan kurangnya akses air bersih dan sanitasi, ruang hidup, dan juga tingginya kriminalitas. 

Seolah sudah menjadi permasalahan klasik, permukiman kumuh juga terus berkembang seiring dengan pertumbuhan penduduk perkotaan atau urbanisasi yang ada di kota.

Nah, buat kalian yang penasaran mengenai permukiman kumuh, berikut terdapat beberapa area permukiman kumuh terbesar di dunia yang perlu kalian ketahui.

1. Cite-Soleil, Port au Prince, Haiti

7 Area Permukiman Kumuh Terbesar di Dunia yang Harus Kamu Ketahuichildhopeworldwide.org

Cite-Soleil menjadi salah satu area permukiman kumuh terbesar di dunia dan menjadi yang terbesar di Haiti, maupun di Karibia. Area berpenduduk sekitar 300.000 jiwa ini tidak memiliki sanitasi dan kecukupan air bersih bagi warganya, sehingga warga hanya bergantung pada air kanal yang kurang terawat di sekitar permukiman tersebut.

Tak hanya itu saja, area ini juga sangat berbahaya karena terdapatnya kelompok geng kriminal. Bahkan pemerintah Haiti melakukan isolasi pada area ini untuk mengontrol dan memberantas geng-geng kriminal di sini. 

2. Tondo, Manila, Filipina

7 Area Permukiman Kumuh Terbesar di Dunia yang Harus Kamu Ketahuiinstagram.com/lucky.elephant3/

Tondo merupakan area permukiman kumuh terbesar yang ada di Filipina, bahkan Asia Tenggara yang dihuni lebih dari 600.000 jiwa. Kawasan ini sangat padat dengan kepadatan mencapai 80.000 jiwa per km persegi, serta menjadi sisi gelap dari gemerlapnya Metro Manila.

Selain itu area yang terletak di pinggir pantai ini juga menjadi yang terkotor dengan kondisi sanitasi yang sangat buruk, kurangnya pasokan air bersih, permasalahan sampah, serta diperburuk dengan berbagai kasus kriminalitas yang menghantui area padat penduduk ini. 

3. Khayelitsha, Cape Town, Afrika Selatan

7 Area Permukiman Kumuh Terbesar di Dunia yang Harus Kamu Ketahuiinstagram.com/virpiliisa/

Khayelitsha berada di posisi ke lima area permukiman kumuh terbesar di dunia, yang mana dihuni antara 400.000-1,2 juta jiwa. Dulunya area ini menjadi tempat pengasingan pada imigran kulit hitam yang mencari pekerjaan di Cape Town pada saat masih berlakunya politik apartheid di Afrika Selatan.

Meskipun saat ini sistem politik tersebut sudah tidak berlaku, tetapi area ini sudah menjadi permukiman kumuh dengan buruknya kondisi sanitasi dan kurangnya air bersih. Di sini juga terjadi banyak pembunuhan akibat adanya geng kriminal yang ada di sini. 

Baca Juga: Dulu Kumuh, 7 Sungai Ini Sekarang Jadi Wisata Kece

4. Dharavi, Mumbai, India

7 Area Permukiman Kumuh Terbesar di Dunia yang Harus Kamu Ketahuiinstagram.com/rollingonadream/

India termasuk salah satu negara dengan jumlah penduduk miskin ekstrem terbesar di dunia, yang mana tergambar di salah satu area di Kota Mumbai bernama Dharavi. Area yang terletak di pusat kota Mumbai ini memiliki penduduk lebih dari 1 juta jiwa yang mana menjadi area kumuh terbesar di India. 

Layaknya permasalahan permukiman kumuh pada umumnya, di Dharavi juga memiliki masalah terkait dengan kurangnya air bersih dan sanitasi yang sangat buruk sehingga berdampak pada kesehatan warga setempat.

Diperparah dengan penduduk setempat yang banyak menjadi pembuat sabun, pengrajin kulit, tanah liat dan lainnya, di mana limbahnya langsung mencemari air bersih di sana. 

5. Ciudad Nezahualcoyotl (Neza), Kota Meksiko

7 Area Permukiman Kumuh Terbesar di Dunia yang Harus Kamu Ketahuiinstagram.com/yoyisys/

Berikutnya, terdapat  Ciudad Nezahualcoyotl atau dijuluki Ciudad Neza yang berada di Kota Meksiko sebelah timur. Area pinggiran kota ini menjadi area kumuh yang terbesar ketiga di dunia dengan jumlah penduduknya mencapai 1.1 juta jiwa dan menjadi distrik terpadat di Kota Meksiko. 

Hasil kerjasama pemerintah Kota Meksiko dan warga setempat mampu mampu mengubah area kumuh ini menjadi distrik di pinggiran kota dengan fasilitas yang cukup baik. Walaupun begitu area ini masih tetap berbahaya dengan tingginya tingkat kriminalitas. 

6. Kibera, Nairobi, Kenya

7 Area Permukiman Kumuh Terbesar di Dunia yang Harus Kamu Ketahuiinstagram.com/catchlight.io/

Kibera, Kawangware dan Mathare jadi gabungan area permukiman kumuh dengan penduduk yang mencapai 1.5 juta jiwa. Tiga kawasan permukiman kumuh ini ada di sekitar Kota Nairobi, Kenya yang menjadi terbesar di Afrika.

Fasilitas di ketiga kawasan permukiman kumuh ini juga masih sangat kurang dengan jalan tanah dan rumah yang tak layak. Hal tersebut diperparah dengan adanya geng kriminal yang terus memperburuk kawasan permukiman kumuh di Nairobi. 

7. Orangi Town, Karachi, Pakistan

7 Area Permukiman Kumuh Terbesar di Dunia yang Harus Kamu Ketahuiinstagram.com/xubairqureshi_official/

Terakhir dan yang terbesar adalah Orangi Town yang terletak di Kota Karachi, Pakistan, di mana dihuni sekitar 2,4 juta penduduk. Banyaknya penduduk di area ini membuatnya jadi kawasan permukiman kumuh terbesar yang ada di Asia bahkan dunia. Selain itu penduduk di sini umumnya bekerja dengan membuat kerajinan dari bahan kulit, seperti karpet dan lainnya. 

Mayoritas rumah di sini sudah terbuat dari beton permanen, akan tetapi satu rumah yang terdiri dari dua kamar dapat dihuni lebih dari 10 orang. Selain itu pemerintah setempat juga tidak menyediakan fasilitas layanan air bersih dan sanitasi di sini sehingga warga membuat sendiri secara sukarela. Akibat tingginya kepadatannya membuat tempat ini jadi sarang penyakit seperti malaria, tipus, dan lainnya. 

Nah itu dia beberapa area permukiman kumuh terbesar di dunia yang bisa menambah wawasan kalian.

Baca Juga: Menegangkan, 5 Serial Netflix Bergenre Kriminal Ini Wajib Kamu Tonton

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya