Comscore Tracker

5 Hal Ini Sangat Identik dengan Chuseok, Thanksgiving ala Korea

Hari mudik nasionalnya warga Korea nih #WaktunyaKorea

Ada beberapa perayaan besar di Korea yang menjadi hari libur nasional di negeri ginseng tersebut. Salah satu perayaan yang terkenal adalah Seollal atau perayaan Tahun Baru Imlek ala Korea. Mungkin, kalian sudah tidak asing lagi dengan perayaan Seollal, tapi apakah kalian sudah mengetahui tentang perayaan Chuseok yang tahun ini jatuh pada tanggal 1 Oktober 2020?

Ada sejumlah hal yang sangat identik dengan perayaan Chuseok yang periode liburnya dimulai sejak 30 September hingga 2 Oktober 2020. Apa saja? Yuk, cari tahu lebih lanjut pada informasi di bawah ini.

1. It's holiday time!

5 Hal Ini Sangat Identik dengan Chuseok, Thanksgiving ala Koreanaver.com

Chuseok tak kalah pentingnya dengan Seollal dan juga Dano (hari kelima pada bulan kelima di kalender lunar), maka dari itu banyak orang yang memanfaatkan libur Chuseok ini sebagai waktu yang tepat untuk liburan. Orang Korea biasanya akan mengunjungi beberapa tempat, seperti pantai, Gyeongbokgung Palace, Changdeokgung Palace and Huwon, Lotte World, dan masih banyak lagi. Libur Chuseok ini menjadi kesempatan yang sangat baik untuk bisa merasakan kebudayaan tradisional di seluruh Korea.

Tak hanya pergi ke tempat-tempat hiburan, masyarakat Korea juga punya kebiasaan "mudik" seperti orang Indonesia ketika perayaan besar. Orang Korea akan mudik ke kampung halaman mereka, berkumpul hingga menikmati waktu berharga bersama keluarga dan sanak saudara mereka untuk merayakan Chuseok bersama.

2. Charye

5 Hal Ini Sangat Identik dengan Chuseok, Thanksgiving ala Koreajoahbox.com

Pada pagi hari saat perayaan Chuseok semua anggota keluarga akan berkumpul di rumah mereka dan mengadakan upacara peringatan yang biasa disebut sebagai "charye". Upacara ini merupakan upacara yang digelar untuk menghormati para leluhur mereka.

Saat charyae, akan ada banyak makanan yang disajikan dan ditata rapih di atas meja persembahan, mulai dari songpyeon, buah-buahan, hingga alkohol. Setelah upacara selesai, para anggota keluarga akan duduk bersama di meja makan untuk menikmati makanan lezat yang telah disiapkan.

Baca Juga: Rayakan Chuseok, 12 Potret Gemas Idola KPop Mengenakan Hanbok

3. Seongmyo

5 Hal Ini Sangat Identik dengan Chuseok, Thanksgiving ala Koreasbs.co.kr

Chuseok juga identik dengan seongmyo atau kunjungan ke makam leluhur. Seongmyo sendiri adalah tradisi kuno yang masih terus dilestarikan oleh sebagian besar orang Korea hingga saat ini. Mereka akan pergi ke makam leluhur, menata meja persembahan di depan makam dengan berbagai hidangan, dan memberi penghormatan kepada orang yang telah meninggal dunia tersebut lewat upacara peringatan sederhana.

Tradisi ini dilakukan sebagai bentuk rasa hormat dan penghargaan kepada keluarga leluhur yang telah meninggal dunia. Selama seongmyo, para anggota keluarga akan membersihkan makam, seperti memotong rumput atau tumbuhan liar yang tumbuh disekitar makam.

4. Hiburan tradisional

5 Hal Ini Sangat Identik dengan Chuseok, Thanksgiving ala Koreasnackfever.com

Liburan Chuseok pasti akan selalu dibuat secara meriah. Masyarakat Korea akan disuguhkan oleh berbagai hiburan hingga permainan tradisional, dimana semua hiburan tradisional ini bisa dilihat di seluruh penjuru negeri. Tentu, karena Chuseok adalah salah satu perayaan besar, maka hiburan rakyat pun tidak terpusat pada satu tempat saja.

Dalam perayaan Chuseok, akan ada beberapa hiburan dan permainan tradisional yang ditampilkan, seperti samulnori (traditional percussion quartet), talchum (mask dance), ganggangsullae (Korean circle dance) hingga ssireum (traditional Korean wrestling).

5. Makanan khas yang dihidangkan saat Chuseok

5 Hal Ini Sangat Identik dengan Chuseok, Thanksgiving ala Korealtm.or.kr

Sederet makanan lezat yang identik saat perayaan Chuseok juga memiliki daya tarik tersendiri. Salah satu makanan yang begitu mewakili Chuseok adalah songpyeon atau half-moon rice cakes. Songpyeon sendiri terbuat dari tepung beras yang diuleni, diisi dengan biji wijen, buncis, kacang merah, chestnut, dan berbagai bahan bergizi lainnya. Lalu tepung beras yang sudah diuleni tersebut dibuat bentuk setengah bulan dan dikukus.

Saat proses pengukusan, songpyeon dilapisi oleh daun pinus dengan tujuan untuk menambah aroma harum pinus dalam makanan tersebut. Membuat songpyeon untuk perayaan Chuseok juga sudah menjadi tradisi turun temurun di Korea. Bahkan, ada anekdot kuno di Korea yang mengatakan, jika orang yang berhasil membuat songpyeon dengan bentuk yang indah, maka ia akan bertemu dengan pasangan yang baik atau melahirkan bayi yang cantik.

Tak hanya songpyeon yang 'tampil' di meja makan saat perayaan Chuseok. Beberapa makanan lainnya, seperti jeon (Korean pancake) hingga liquor tradisional Korea pun turut dihidangkan.

Itulah beberapa hal menarik yang juga identik dengan perayaan Chuseok di Korea. Gambaran kasarnya mungkin perayaan Chuseok ini hampir mirip dengan 'lebaran' yang ada di Indonesia, karena beberapa kegiatan yang dilakukan selama hari raya pun memiliki kesamaan.

Nah, sebentar lagi idol kesayangan kalian biasanya akan merilis photoshoot  hingga sebuah video sederhana dengan menggunakan hanbok dan mengucapkan selamat hari Chuseok, karena Chuseok menjadi salah satu perayaan terbesar dan terpenting di Korea.

Baca Juga: 5 Jajangmyeon Ternikmat di Seoul Korea Selatan, Lidahmu akan Bergoyang

Ines Sela Melia Suseno Photo Verified Writer Ines Sela Melia Suseno

Dengan menulis saya 'bersuara'. Dengan menulis saya merasa bebas.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya