Comscore Tracker

7 Kelebihan yang Cuma Dimiliki Oleh Anak Rantau

Cobalah keluar dari zona nyaman

Memutuskan untuk hidup di tempat baru dengan budaya dan kehidupan yang berbeda dengan daerah dimana kita tinggal merupakan tantangan tersendiri bagi anak rantau. Menjadi seorang perantau memang bukan hal yang mudah, sebagaimana berada dekat dengan orang tua.

Menjalani kehidupan sendiri dengan budaya yang berbeda, sebenarnya merupakan tantangan besar bagi anak rantau. Namun, dibalik semua itu menjadi seorang perantau memberikan banyak kelebihan. Berikut 7 kelebihan yang dimiliki anak rantau.

1. Menjadi pribadi yang lebih mandiri

7 Kelebihan yang Cuma Dimiliki Oleh Anak Rantauwww.pexels.com/bruce mars

Berada jauh dari orang tua, mau tak mau membuat kamu menjadi pribadi yang lebih mandiri. Kamu yang dulunya selalu bergantung pada orang tua, mulai berpikir lebih dewasa dan mulai belajar melakukan segala sesuatu sendiri. Seperti memasak, mulai kamu lakukan sendiri.

Saat berada di tanah rantau, kemandirian kamu akan semakin terbentuk jadi, kamu tidak menjadi beban orang tua lagi.

2. Lebih bertanggungjawab terhadap kehidupan

7 Kelebihan yang Cuma Dimiliki Oleh Anak Rantauwww.pexels.com/rawpixel.com

Menjadi anak rantau memang bukan hal yang mudah. Banyak hal yang akan kamu hadapi dan alami. Menjaga kepercayaan yang sudah diberikan oleh kedua orang tua merupakan tanggungjawab yang harus kamu pegang.

Tidak hanya kepercayaan yang diberikan orang tua kepada kamu yang harus kamu pertanggungjawabkan, namun kamu juga akan belajar bertanggungjawab terhadap kehidupan yang sudah kamu mulai agar kamu bisa mendapatkan hasil sesuai tujuan kamu merantau.

3. Mampu me-manage diri sendiri

7 Kelebihan yang Cuma Dimiliki Oleh Anak Rantauwww.pexels.com/rawpixel.com

Berada di tanah rantau membuat kamu harus belajar mengatur diri sendiri. Hal ini menjadikan kamu lebih baik dalam hal me-manage diri. Kamu lebih mampu mengatur waktu. Tak hanya itu saja, kamu akan lebih terampil dalam mengatur keuangan.

Baca Juga: Dear Perantau, Simak 7 Tips Ini Agak Tak Kehabisan Tiket Mudik

4.Mulai membuka diri terhadap hal-hal baru

7 Kelebihan yang Cuma Dimiliki Oleh Anak Rantauwww.pexels.com/Christina Morillo

Mulai mempelajari kehidupan sosial dan budaya di tanah rantau, akan menjadikan kamu pribadi yang selalu terbuka dengan hal-hal baru. Membuka diri terhadap lingkungan baru dapat membuat kamu menjadi pribadi yang lebih disenangi dan kamu juga akan memiliki banyak teman.

5. Mulai menyukai tantangan

7 Kelebihan yang Cuma Dimiliki Oleh Anak Rantaupixabay.com/cocoparisienne

Memilih untuk pergi mencari hidup di tanah rantau, memang tak banyak dilakukan oleh beberapa orang. Tapi bagi mereka yang memiliki tujuan, memutuskan untuk keluar dari zona nyaman menjadi tantangan tersendiri.

Hidup di tempat yang baru dan jauh dari orang tua membuat anak rantau banyak mengalami tantangan kehidupan. Namun, keteguhan dan semangat membuat mereka dapat menghadapinya. Tantangan akan menjadi makanan anak rantau, Sehingga mereka akan lebih banyak mencoba hal-hal baru.

6. Lebih rendah hati dan mulai belajar menghargai kehidupan

7 Kelebihan yang Cuma Dimiliki Oleh Anak Rantauwww.pexels.com/rawpixel.com

Ego dan sifat kekanak-kanakan harus dibuang jauh-jauh. Berada di tanah rantau berarti kita harus mulai merendah hati dan menghargai orang lain agar kita dapat diterima.

Bagi anak rantau, dengan merendah hati mereka dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan. Anak rantau akan lebih mengahargai setiap waktu dan orang sekitar. Jadi, tidak heran kalau mereka akan sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

7. Anak rantau akan menjadi pribadi yang lebih dewasa

7 Kelebihan yang Cuma Dimiliki Oleh Anak Rantauwww.pexels.com/bruce mars

Melewati banyak tantangan hidup, menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, mengatur diri sendiri, serta belajar menghargai orang lain, menjadi kunci kedewasaan anak rantau.

Semua yang mereka alami di tanah rantau menjadikan mereka pribadi yang lebih dewasa. Mereka akan lebih tenang dan sabar dalam mengahadapi tantangan hidup dan tidak gegabah dalam mengambil keputusan.

Memang tidak mudah menjadi anak rantau. Namun, tak ada salahnya kalau kamu mencoba keluar dari zona nyaman dan melakukan hal-hal baru yang tak mungkin kamu dapat kalau kamu hanya terus diam.

Baca Juga: 9 Cara Mengatur Uang Biar Tak Melarat di Akhir Bulan, Buat Perantau!

Nona Ella Photo Verified Writer Nona Ella

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya