Comscore Tracker

10 Fakta Random dan Unik Tentang Negara-Negara di Dunia, Menakjubkan!

Tahukah kamu negara apa yang tidak ada nyamuk?

Setiap negara di dunia ini memiliki keunikan masing-masing. Entah dalam hal kenampakan alam, kependudukan, budaya, sumber daya, dan sebagainya. Berbagai keunikan itu bisa membuat siapapun kagum.

Nah, mungkin masih belum banyak yang mengetahui, jika beberapa negara di dunia ini memiliki random facts yang unik. Menarik untuk ditelusuri, yuk cari tahu apa saja fakta random dan unik sepuluh negara di bawah ini.

1. Belanda adalah negara dengan rata-rata laki-laki tertinggi di dunia

10 Fakta Random dan Unik Tentang Negara-Negara di Dunia, Menakjubkan!bbc.com

Memiliki tinggi badan mumpuni adalah keunggulan yang sangat berharga bagi seseorang, apalagi laki-laki. Nah, di Belanda para laki-laki nampaknya boleh berbangga diri. Hal ini karena negara tersebut memiliki rata-rata tinggi badan laki--laki terbaik di dunia.

Dilansir dari BBC, berdasarkan penelitian yang dipublikasi tahun 2019 lalu, laki-laki Belanda memiliki tinggi rata-rata 182,5 sentimeter. Sementara di kalangan perempuan, tinggi rata-rata mereka adalah 169,8 sentimeter.

2. Sebuah kota di Nigeria memiliki rasio kelahiran anak kembar tertinggi 

10 Fakta Random dan Unik Tentang Negara-Negara di Dunia, Menakjubkan!nst.com.my

Biasanya, kelahiran anak kembar adalah hal yang cukup jarang terjadi. Tapi di sebuah kota di Nigeria bernama Igbo Ora ternyata memiliki rasio anak kembar tertinggi. Ada sekitar lima puluh kasus anak kembar dari setiap seribu kelahiran di kota tersebut. Nah, karena keunikan itulah Igbo Ora mendapat julukan "Ibukota kembar dunia".

3. Hewan nasional Skotlandia adalah unicorn

10 Fakta Random dan Unik Tentang Negara-Negara di Dunia, Menakjubkan!bbc.com

Setiap negara memiliki hewan nasional masing-masing yang melambangkan negaranya. Salah satu contohnya adalah Thailand. Negara tersebut menjadikan gajah sebagai hewan nasional mereka. Begitupun dengan Australia yang menjadikan kanguru sebagai hewan nasiolnya.

Berbeda dengan Thailand dan Australia, Skotlandia memiliki hewan nasional yang sangat unik, yaitu unicorn. Namun sebenarnya Skotlandia bukan satu-satunya negara yang menggunakan hewan mitologi sebagai hewan nasionalnya, lho. Tiongkok juga menggunakan naga sebagai hewan nasionalnya.

Baca Juga: Mengenal Sapi Highland, Ternak Unik Berambut Fluffy Asal Skotlandia  

4. Nama Pantai Gading harus disebut dalam bahasa Prancis

10 Fakta Random dan Unik Tentang Negara-Negara di Dunia, Menakjubkan!geography.name

Banyak negara yang memiliki sebutan berbeda dalam bahasa yang berbeda pula. Contohnya adalah Belanda, yang dalam bahasa Inggris disebut Netherland.

Umumnya, penyebutan nama negara dalam bahasa lain diperbolehkan dan bukan merupakan masalah. Namun ada perbedaan bagi Pantai Gading, sebuah negara di Afrika Barat.

Pantai Gading bisa disebut sebagai Ivory Coast dalam bahasa Inggris. Dilansir dari New World Encyclopedia, pada tahun 1985 pemerintah Pantai Gading meminta agar negara itu disebut dengan bahasa Prancis, yaitu Côte d'Ivoire di semua bahasa. Maka dalam pentas internasional, penyebutan yang digunakan adalah Côte d'Ivoire, bukan Ivory Coast.

5. Amerika Serikat memiliki sistem pengukuran tersendiri 

10 Fakta Random dan Unik Tentang Negara-Negara di Dunia, Menakjubkan!smithsonianmag.com

Apakah kamu memperhatikan, bahwa orang Amerika Serikat umumnya menggunakan satuan pengukuran yang berbeda dengan yang kita gunakan? Misalnya, mereka tidak menggunakan kilometer tetapi mil. Mereka juga tak memakai kilogram, tapi pon.

Sistem pengukuran itu disebut United States Customary System. Sistem tersebut sudah digunakan sejak tahun 1832. Sitem tadi diturunkan dari sistem imperial Inggris, sehingga sering disebut juga sistem pengukuran imperial.

Saat ini, Inggris sudah menggunakan sistem internasional seperti kita. Namun, sistem pengukuran imperial kadang masih digunakan.

6. Sebagian besar bola sepak di dunia diproduksi di Pakistan 

10 Fakta Random dan Unik Tentang Negara-Negara di Dunia, Menakjubkan!thenews.com.pk

Negara mana yang merupakan produsen bola sepak terbesar di dunia? Jawabannya mungkin mengejutkan buatmu, yaitu Pakistan. Meski tak terkenal sebagai negara hebat di dunia sepak bola, sekitar 70 persen bola sepak di dunia diproduksi di salah satu negara Asia Selatan ini, lho.

Tempat produksi bola sepak ini terjadi di kota Sialkot. Daerah tersebut juga menjadikan produksi bola sepak sebagai mata pencaharian utama penduduk di sana. Ada sekitar seribu pabrik bola sepak dengan total pekerja sebanyak enam puluh ribu orang. Menjelang Piala Dunia 2018 lalu, Pakistan mengekspor sekitar 37 juta bola sepak ke seluruh dunia. Keren!

Baca Juga: 9 Fakta Menarik Negara Pakistan, Ada Jalan Beraspal Tertinggi di Dunia

7. Di Islandia tidak ada nyamuk 

10 Fakta Random dan Unik Tentang Negara-Negara di Dunia, Menakjubkan!intoday.in

Apakah kamu suka mendambakan tempat yang bebas dari gangguan nyamuk? Kalau iya, mungkin Islandia adalah negara yang cocok buat kamu kunjungi. Dilansir dari World Atlas, negara di Eropa Utara ini tidak memiliki nyamuk sama sekali. Suhu yang sangat dingin dan sebagian perairan yang ditutupi es menjadi alasan nyamuk gak bisa hidup dan berkembang biak di Islandia.

8. Permainan ular tangga berasal dari India 

10 Fakta Random dan Unik Tentang Negara-Negara di Dunia, Menakjubkan!dailymail.co.uk

Kamu pasti tahu permainan ular tangga, bukan? Permainan ini kerap dimainkan anak-anak, meskipun saat ini popularitasnya sudah jauh menurun. Nah, ternyata permainan ular tangga ini berasal dari India. Menurut laman India Times, permainan ini diciptakan pada abad 13 M sebagai media pembelajaran anak-anak tentang hukum karma pada agama Hindu.

9. Operasi trasplantasi jantung yang sukses pertama terjadi di Afrika Selatan 

10 Fakta Random dan Unik Tentang Negara-Negara di Dunia, Menakjubkan!popularmechanics.com

Operasi transplantasi jantung adalah salah satu operasi medis paling sulit di dunia. Mungkin kamu berpikir bahwa operasi tersebut pertama kali sukses dilakukan di negara Eropa atau Amerika Serikat. Tentunya, ini karena teknologi kedokteran sudah lebih dulu maju. Tapi ternyata tidak. Operasi transplantasi jantung yang pertama kali sukses dilakukan adalah di Afrika Selatan.

Pada tahun 1967, dokter bedah bernama Christiaan Barnard yang berasal dari Afrika Selatan melakukan operasi transplantasi jantung dari manusia ke manusia. Tentunya, itu adalah operasi pertama yang berjalan sukses. Kejadian bersejarah di Rumah Sakit Groote Schuur di Cape Town itu tercatat sebagai salah satu tonggak sejarah kemajuan umat manusia di bidang medis.

10. Peru adalah negara asal kentang dengan ribuan jenis kentang yang tersedia

10 Fakta Random dan Unik Tentang Negara-Negara di Dunia, Menakjubkan!aracari.com

Tahukah kamu dari mana kentang berasal? Tanaman umbi yang bisa dijadikan bahan pokok maupun snack ini ternyata berasal dari Peru, salah satu egara di Amerika Selatan. Melansir dari lamaTrafalgar, disebutkan bahwa sekitar 10 ribu tahun yang lalu penduduk asli Peru, yaitu Suku Inca mulai menanam kentang di wilayah pegunungan Andes.

Ketika bangsa Spanyol datang ke Peru untuk mencari emas pada abad ke-16, mereka menemukan kentang dan tertarik pada keunikan tanaman tersebut. Mereka pun membawanya kembali ke Spanyol.

Nah, dari situlah kentang mulai mendunia. Saat ini, ada sekitar empat ribu varietas kentang yang bisa ditemui di Peru.

Itulah sepuluh fakta unik tentang berbagai hal dari negara-negara yang ada di dunia. Menarik untuk dicari tahu, kira-kira ada fakta unik apalagi di dunia ini, ya?

Baca Juga: Ukiran bentuk Kucing Raksasa Ditemukan di Peru, Usianya 2.000 Tahun

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya