Comscore Tracker

Pelihara Hamster? Ini 5 Tips Mudah untuk Merawatnya 

Gak ribet kok guys

Dari sekian banyak hewan peliharaan, hamster mungkin menjadi salah satu yang paling mudah untuk dirawat. Bukan hanya karena ukurannya yang kecil, namun biaya yang dibutuhkan untuk merawatnya juga cukup terjangkau. Selain itu, hamster juga cenderung bersih dan child-friendly sehingga anak-anak dapat dengan leluasa bermain dengan hamster. 

Nah, untuk kalian yang hendak memelihara atau sedang memelihara hamster, IDN Times akan memberikan sejumlah tips untuk merawatnya agar tetap bersih, sehat, dan nyaman. Oke, langsung saja ya!

1. Rutin mengganti serbuk kayu

Pelihara Hamster? Ini 5 Tips Mudah untuk Merawatnya Nyustraus.org

Jangan pernah malas untuk mengganti serbuk kayu hamster ya, gengs, karena serbuk tersebut berperan sebagai alas tidur, penghangat, sekaligus penyerap urin hamster. Serbuk kayu setidaknya harus diganti 3 hari sekali dan tidak boleh dibiarkan basah agar tidak menjadi sumber penyakit bagi hamster.

Sebelum diganti dengan serbuk kayu baru, kalian harus mencuci kandang dan semua mainan hamster terlebih dahulu, ya. Setelah dikeringkan, barulah kandang diisi dengan serbuk kayu. Jika perlu, kalian juga dapat menggunakan serbuk kayu yang beraroma agar kandang dan hamster bebas bau. 

2. Rutin mengganti air minum

Pelihara Hamster? Ini 5 Tips Mudah untuk Merawatnya Cuteness.com

Air minum hamster harus sering-sering diganti agar tetap bersih dan segar. Ketersediaan air minum yang cukup juga akan membuat hamster lebih hydrated, nyaman, dan senang. Oh ya, jangan hanya mengganti airnya saja ya, namun cuci juga botol air agar tetap bersih.

Pastikan juga untuk memasang botol air pada ketinggian yang dapat dicapai hamster dan pastikan tidak ada kebocoran pada botol air. 

3. Perhatikan pemberian makanan pada hamster

Pelihara Hamster? Ini 5 Tips Mudah untuk Merawatnya Petcentral.chewy.com

Kalian dapat membeli makanan hamster dari pet shop yang sekantongnya terdiri dari berbagai biji-bijian yang disukai hamster. Di samping itu, kalian juga dapat memberikan snack pada hamster, yaitu sedikit kacang-kacangan, wortel, popcorn tawar, ataupun roti gandum. 

Perlu diingat, ada beberapa makanan yang sama sekali tidak boleh diberikan pada hamster, yaitu makanan manis, asin, jeruk (dan semua jenis citrus), almond, serta kentang mentah. 

Baca Juga: 9 Video Kartun Hamtaro, Jadi Pengen Punya Hamster Deh

4. Memandikan hamster dengan pasir

Pelihara Hamster? Ini 5 Tips Mudah untuk Merawatnya Petcha.com

Hamster sebaiknya tidak dimandikan dengan air karena mereka sangat rentan terhadap kelembaban. Meskipun begitu, mereka tetap butuh dimandikan dengan pasir mandi (bathing sand). Pasir mandi memiliki butiran yang amat halus dan lembut serta memiliki aroma yang segar. Tidak hanya membersihkan hamster, pasir mandi ini juga berfungsi untuk menghilangkan bau tak sedap dan membuat bulu hamster lebih lembut. 

Kalian dapat memandikannya dengan cara menuangkan pasir mandi pada sebuah wadah dan membiarkan hamster bermain di atas pasir selama beberapa menit. 

5. Jangan menjemur hamster di bawah sinar matahari

Pelihara Hamster? Ini 5 Tips Mudah untuk Merawatnya Petcentral.chewy.com

Pada dasarnya, hamster adalah hewan nokturnal alias aktif pada malam hari dan tidur pada siang hari sehingga mereka tidak membutuhkan terlalu banyak paparan sinar matahari. Oleh karena itu, hamster sebaiknya tidak dijemur dan disarankan untuk menempatkan hamster pada tempat yang teduh. 

Oh ya, ada baiknya untuk menempatkan hamster di tempat yang tenang, ya. Karena tempat yang terlalu ramai dan bising akan membuat hamster terganggu dan tidak dapat beraktivitas dengan nyaman. 

Nah, kini kalian sudah paham cara merawat hamster kalian kan? 

Baca Juga: Mau Pelihara Hamster? Ini 4 Spesies Paling Umum yang Perlu Kamu Tahu

V Hendardy Photo Community Writer V Hendardy

"You can make anything by writing" - C.S Lewis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You