Comscore Tracker

Anak Indonesia Sering Nyanyikan 5 Lagu Ini, Tapi Tahu Maknanya Gak?

Nostalgia sebentar dulu ya

Jakarta, IDN Times - Buat kamu yang lagi baca artikel ini, IDN Times mau tahu dong lagu wajib apa sih yang paling sering kamu nyanyikan di masa kecilmu? Ya, meski sekarang lagu-lagu anak Indonesia sudah mulai digantikan dengan lagu anak barat, percaya deh bahwa lagu-lagu legendaris kamu di masa kecil masih sering dinyanyikan anak-anak ‘zaman now’ kok.

Bicara soal lagu anak, berikut ada lima lagu populer anak yang jadi top of mind anak-anak Indonesia. Lirik boleh hafal, tapi makna di balik liriknya ada yang sudah tahu belum?

1. Balonku

Anak Indonesia Sering Nyanyikan 5 Lagu Ini, Tapi Tahu Maknanya Gak?Dok. Mola TV

Mustahil kalau anak-anak Indonesia gak menyanyikan lagu ini. Lagu “Balonku” ciptaan Daljono menjadi populer karena liriknya juga mengajak anak-anak untuk belajar berhitung dan juga mengenal warna. Lalu, maknanya apa sih?

Jawabannya sederhana banget, lagu ini ingin mengajarkan anak-anak untuk menjaga sesuatu yang dimilikinya dan jangan sampai nantinya merasa kehilangan. Makna ini tersirat dari perumpamaan melalui lirik ketika balon hijau meletus, sehingga kita harus memegang sisa balonnya erat-erat deh. Usahakan jangan sampai meletus lagi ya!

2. Potong Bebek Angsa

Anak Indonesia Sering Nyanyikan 5 Lagu Ini, Tapi Tahu Maknanya Gak?Dok. Mola TV

Ada yang tahu lagu ini berasal dari daerah mana? IDN Times kasih kamu nilai 100 kalau menjawab Nusa Tenggara Timur (NTT). Tapi kira-kira ada yang sadar gak sih, kalau ternyata lagu ini sepenuhnya mengajakmu untuk terus menari? Ini sangat jelas tersirat dari penggalan lirik “nona minta dansa” dan juga irama lagu yang riang.

Pada intinya, lagu “Potong Bebek Angsa” ciptaan Pak Kasur ini ingin bercerita tentang ajakan untuk berdansa (menari) bersama orang yang dicintainya. Kayaknya lagu ini bisa jadi cara ampuh ajak si dia berdansa bareng deh, tapi ini versi lokalnya.

3. Apuse

Anak Indonesia Sering Nyanyikan 5 Lagu Ini, Tapi Tahu Maknanya Gak?Dok. Mola TV

Berasal dari pulau Indonesia yang paling timur, yakni Papua. Semua lirik dari lagu “Apuse” ini menggunakan bahasa daerah Papua, yang mengisahkan tentang sebuah perpisahan seorang kakek atau nenek dengan cucunya. Sang cucu berpamitan untuk pergi ke Teluk Doreri, di mana lokasi ini memang nyata dan benar-benar ada di Indonesia lho. Baru tahu ya?

Nah, masih menjadi misteri nih tentang siapa nama asli yang menciptakan lagu daerah ini. Konon katanya, lagu “Apuse” diciptakan oleh seseorang yang berasal dari Irian Jaya (sebelum menjadi Papua).

4. Halo Halo Bandung

Anak Indonesia Sering Nyanyikan 5 Lagu Ini, Tapi Tahu Maknanya Gak?Dok. Mola TV

Sesuai dengan judulnya, lagu “Halo-halo Bandung” ciptaan Ismail Marzuki ini bercerita tentang sejarah kota Bandung. Dulu pada 23 Maret 1946, masa di mana Belanda dan sekutu ingin menguasai kota Bandung, ternyata sangat ditentang keras oleh rakyat Bandung. Akhirnya, mereka memutuskan untuk membakar kota mereka dan sebanyak 200.000 penduduk Bandung pergi ke pegunungan.

Jadi, sekarang sudah jelas dong kenapa ada penggalan lirik “sekarang telah menjadi lautan api” di lagu ini? Meski kita gak ada di zaman itu, setidaknya lagu ini sudah sangat menggambarkan semangat juang bangsa Indonesia pasca Kemerdekaan.

5. Kring Kring Ada Sepeda

Anak Indonesia Sering Nyanyikan 5 Lagu Ini, Tapi Tahu Maknanya Gak?Dok. Mola TV

Wah, kayaknya lagu ini jadi cikal bakal pemberian hadiah dari orangtua ketika anaknya berhasil melakukan sesuatu deh. Coba nyanyikan saja lagunya, di dalam lagu itu jelas banget bahwa seorang anak mendapatkan sepeda dari sang ayah karena rajin belajar, dan juga mendapatkan sepatu dari sang ibu karena rajin membantu. Tuh guys, siapa yang waktu kecil seperti ini?

Eits, jangan disalahartikan ya! Takutnya, ini seakan mengajarkan anak bahwa segala sesuatu itu harus ada imbalannya. Padahal hadiah sebagai imbalan ini bisa dibilang hanyalah bonus ya, tapi dengan catatan bahwa si anak memang sudah berhasil melakukan sesuatu. Cocok banget nih hadiah sepedanya, apalagi sekarang lagi trennya main sepeda ‘kan?

Hayo ngaku, pasti kangen ya dengar lagu populer anak lainnya? Tenang, kamu bisa kok ajak adik, keponakan, atau mungkin keluargamu sendiri untuk nonton program Sofa Kuning di Mola TV.  Ini adalah sebuah program yang secara seru mengedukasi keluarga, khususnya anak-anak, dan mengajak kita semua untuk bernostalgia guna mengingat-ingat beragam lagu anak-anak yang pernah kita nyanyikan saat kecil dulu. Ssst, lagu-lagu di sini dibawainnya kekinian banget lho!

Anak Indonesia Sering Nyanyikan 5 Lagu Ini, Tapi Tahu Maknanya Gak?Dok. Mola TV

Oh ya, program Sofa Kuning ini sudah juga akan tayang setiap Sabtu pukul 18.30 WIB di NET TV. Ditemani oleh Aqi Singgih Alexa dan keluarga, selama tayangan Sofa Kuning berlangsung, keduanya juga akan memberikan pertanyaan seputar lagu anak, lagu daerah, maupun lagu nasional yang dinyanyikan. Nah, buat kamu yang bisa menjawab dengan benar pertanyaan terbanyak dan juga tercepat, berpeluang besar mendapatkan hadiah utama dari Mola TV.

Akan ada bonus lagi nih bagi kamu yang bisa menjawab lima pertanyaan secara beruntun, jadi jangan sampai melewatkan kesempatan untuk memenangkan hadiah utama berupa beasiswa pendidikan senilai Rp50 juta bagi yang mampu mengumpulkan poin tertinggi. Ayo, langsung berlangganan Mola TV sekarang juga! Mola TV bisa diakses melalui HP, desktop, dan Mola Polytron Streaming Box untuk yang ingin nonton di TV atau layar lebar.

Gak ada alasan buat gak nonton Sofa Kuning di NET TV dan Mola TV deh!

Topic:

  • Anastasia Desire
  • Yogie Fadila
  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya