Comscore Tracker

5 Hal yang Membuat Masa SMA Tidak Pernah Terlupakan, Nostalgia Terus!

Banyak cerita berkesan

Masa SMA memang selalu diingat hingga kapan pun. Banyak hal baru yang dilalui ketika berada pada masa ini, mulai dari hal buruk sampai yang berkesan lengkap dilalui ketika duduk di bangku SMA.

Segala kenangan yang berada di masa SMA pun selalu tersimpan dalam hati. Terkadang, ada masanya kita bernostalgia ke masa tersebut. Jarang disadari, ternyata lima hal ini yang membuat masa SMA tidak dapat dilupakan.

1. Pertemanan yang akrab dan solid

5 Hal yang Membuat Masa SMA Tidak Pernah Terlupakan, Nostalgia Terus!ilustrasi pertemanan (pexels.com/THIS IS ZUN)

Berbeda dengan SD ataupun SMP, ketika SMA kita cenderung memiliki pertemanan yang cukup solid. Hal ini juga dikarenakan kita sudah mulai beranjak dewasa. Pola berpikir yang kekanakan sehingga muncul pertikaian dengan teman pun sudah tidak ada. Walaupun begitu, permasalahan kecil dengan teman tetap ada dan membuat persahabatan kita semakin kompak.

Pertemanan di masa SMA pun cenderung awet, lho. Bahkan, tak menutup kemungkinan akan terjalin sampai kita dewasa nanti. Apakah kalian masih berhubungan baik dengan teman semasa SMA?

2. Dimulainya kisah cinta masa remaja

5 Hal yang Membuat Masa SMA Tidak Pernah Terlupakan, Nostalgia Terus!ilustrasi pertemanan (pexels.com/George Pak)

Kisah SMA tidak akan lengkap tanpa bumbu romansa. Saat SMA, kita mulai memiliki rasa suka terhadap lawan jenis. Siapa yang sering lewat di depan kelas si dia atau mencuri-curi pandang ketika berpapasan? Terkadang, percintaan SMA pun membuat kita galau.

Banyak kenangan romantis di masa SMA. Ada berbagai kisah cinta yang berakhir sedih dan bahagia. Kalau kamu tim yang mana nih? Atau jangan-jangan belum move on dari orang yang disukai saat SMA?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Novel Buya Hamka, Bikin Kamu Nostalgia Masa Lalu

3. Masa penentuan tujuan hidup

5 Hal yang Membuat Masa SMA Tidak Pernah Terlupakan, Nostalgia Terus!ilustrasi belajar (pexels.com/Jeswin Thomas)

Setelah kisah pertemanan dan romansa, saatnya memikirkan tujuan kita kedepan selepas SMA. Ketika duduk di kelas 12, saat-saat inilah kita disibukkan dengan persiapan masuk perguruan tinggi. Walaupun sibuk dan lelah belajar, tapi semangat kita untuk masuk ke perguruan tinggi impian lebih besar.

Walaupun begitu, di fase ini kita merasa waktu bermain menjadi kurang. Kita pun jarang pergi bersama teman-teman karena kesibukan masing-masing. Namun, semua perasaan tersebut akan hilang menjadi kebahagiaan ketika kita dan teman-teman berhasil masuk ke perguruan tinggi impian.

4. Banyak permasalahan hingga hal yang berkesan

5 Hal yang Membuat Masa SMA Tidak Pernah Terlupakan, Nostalgia Terus!ilustrasi pertemanan (pexels.com/vjapratama)

Permasalahan kecil juga membuat masa SMA selalu dikenang. Saat kita terlambat masuk kelas dan dihukum, saat kita lupa mengerjakan PR ataupun tak membawa uang jajan. Hal-hal yang dulu kita takuti tersebut ternyata hanya sebagian permasalahan kecil. 

Selain itu, pengalaman berkesan bersama teman, ataupun guru kita juga menambah lengkap dunia SMA. Kenangan tentang guru yang galak sampai penyayang selalu tersimpan dalam memori. Kalau kamu, pengalaman apa yang paling berkesan? 

5. Saat terakhir berstatus seorang siswa

5 Hal yang Membuat Masa SMA Tidak Pernah Terlupakan, Nostalgia Terus!ilustrasi anak SMA (pexels.com/周 康)

Tidak terasa, kita terlalu senang bermain di masa SMA. Sampai akhirnya tiba acara kelulusan, kita baru menyadari berharganya momen dan hari-hari di SMA. Jika bisa, rasanya ingin memutar waktu sekali saja. 

Namun, walaupun terasa sayang, masa SMA hanya bisa kita kenang sekarang. Masa-masa penuh tawa. Masa dimana beban hanyalah ujian ataupun mengerjakan PR. Semua momen akan kita kenang hingga masa tua nanti. 

Lima hal di atas adalah sebagian kecil yang membuat momen SMA selalu kita kenang. Masih banyak momen berkesan lainnya yang tersimpan di ingatan. Memang, teringat masa SMA selalu membuat bernostalgia, ya?

Baca Juga: 8 Gaya Rambut ala Idol Korea yang Cocok buat Cewek SMA, Imut Banget!

Desti Ani Photo Verified Writer Desti Ani

Berbagi pengetahuan, motivasi, dan hal yang saya suka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya