Comscore Tracker

Lebih Mudah Jualan, TikTok Shop Hadirkan Live Base

Jualan livestream lebih mudah lewat TikTok Shop Live Base!

Tren shoppable livestream di TikTok Shop sedang meningkat banget belakangan ini. Karena itu, jadi makin banyak seller yang ingin ikut coba strategi mengembangkan bisnis mereka.

Pasti kamu pernah bertanya bagaimana cara livestream di TikTok Shop, harus mulai dari mana, kapan peak hours-nya, dan apa saja yang harus dipersiapkan kan? Perlu kamu tahu, kini itu semua itu terjawab lewat TikTok Live Base, hasil kolaborasi TikTok Shop dengan TikTok Shop Partner (TSP), berisi berbagai mitra untuk memudahkan para seller berjualan di Tiktok.

Didirikan bersama salah satu mitra di TikTok Shop Partner, F-Commerce, TikTok Live Base merupakan fasilitas studio untuk memfasilitasi seller dalam melakukan shoppable livestream di TikTok Shop lho.

1. TikTok Live Base sediakan peralatan hingga host buat livestream!

Lebih Mudah Jualan, TikTok Shop Hadirkan Live BaseIlustrasi mempromosikan jualan melalui live streaming (Shutterstock/CandyRetriever)

Tidak hanya menyediakan tempat atau ruangan untuk keperluan live streaming, TikTok Live Base juga menyediakan peralatan hingga host buat memandu sesi livestream tersebut lho.

Gak cuma itu, F-Commerce selaku mitra TikTok Shop Partner ikut kasih konsultasi buat seller terkait strategi memanfaatkan shoppable livestream untuk meningkatkan penjualannya. Dengan begitu, para seller yang belum tahu cara atau belum memiliki aset dan skill buat live streaming tetap bisa menggunakannya dengan maksimal.

"TikTok Live Base adalah salah satu cara kami untuk melengkapi ekosistem yang holistik bagi para seller di TikTok Shop, sehingga bisnis dengan ukuran apa pun bisa terus berkembang. Harapannya, dengan hadirnya TikTok Live Base hasil kolaborasi antara TikTok Shop dan F-Commerce ini, bisnis dan kreator dapat memanfaatkan fitur shoppable livestream dengan maksimal dan terus meningkatkan penjualan dan engagement dengan audiens mereka," ungkap narasumber dari TikTok Shop.

Baca Juga: Viral Petir Merah Pecah di TikTok, Ini Dia Artinya!

2. Punya banyak fitur optimal

Lebih Mudah Jualan, TikTok Shop Hadirkan Live BaseIlustrasi F-Commerce selaku mitra TikTok Shop Partner ikut kasih konsultasi buat seller (Dok. TikTok)

Sejak diluncurkan Oktober lalu, TikTok Live Base memiliki 15 ruangan LIVE, 60 host, dan 20 operator. Dengan sumber daya ini, TikTok Live Base bisa menghasilkan 90 sesi LIVE harian dan rata-rata 180 jam LIVE per hari. Selain itu, F-Commerce juga memiliki enam Live Base, lebih dari 500 karyawan, lebih dari 200 host, dan 1.000 selebritas online paruh waktu. Keren ya!

TikTok Live Base ini dibangun dalam waktu dua bulan, yang dioptimalkan dengan berbagai fitur, seperti memesan lebih dari sepuluh host untuk brand, memberikan rekap data langsung real-time, dan menyediakan suasana studio yang kondusif dan interakti, guys!

3. Cerita sukses brand gunakan TikTtok Live Base

Lebih Mudah Jualan, TikTok Shop Hadirkan Live BaseIlustrasi mempromosikan jualan melalui live streaming (Dok. TikTok)

Salah satu seller yang berkolaborasi dengan F-Commerce adalah Sinar Mas Group Indonesia dengan brand facial tissue NICE. F-Commerce membantu seller mengembangkan saluran penjualan online di TikTok Shop dengan ruang live eksklusif dan tim operasi di Live Base. Hasilnya, seller ini mampu meningkatkan GMV secara tajam melebihi 200.000 USD atau senilai lebih dari Rp3 miliar hanya dalam satu bulan live streaming, dan produknya dengan cepat menjadi produk paling populer di dalam platform lho.

Seller lain yang menggunakan jasa F-Commerce adalah Scarlett, yang memiliki reputasi dan fans yang banyak di kalangan pecinta skincare. Dengan harapan membentuk strategi live yang komprehensif berkualitas tinggi dan dalam jangka panjang, Scarlett bekerja sama dengan F-Commerce dalam meningkatkan output video pendek.

Dengan bantuan Live Base, Scarlett dengan cepat menjadi merek kecantikan dan perawatan kulit populer di TikTok dalam kurun waktu tiga bulan, dengan peningkatan GMV 755 persen. ROI iklan juga meningkat lebih dari lima kali lipat, dan akan terus melakukan eksplorasi untuk konten online mereka di masa depan. Perlu dicontoh nih!

4. TikTok Live Base mudahkan pelaku bisnis dan kreator

Lebih Mudah Jualan, TikTok Shop Hadirkan Live BaseAcara F-Commerce X TikTok Shop Sukses Bersama (Dok. TikTok)

CEO dari F-Commerce, Ji Kun mengatakan TikTok Live Base juga menyediakan kebutuhan lainnya supaya pelaku bisnis dan kreator bisa berjualan menggunakan fitur livestream dengan lebih mudah, mulai dari konsultasi terkait strategi livestream hingga menghadirkan host untuk memandu berbagai sesi live yang disesuaikan dengan brand.

“Para host ini juga sudah diberikan pelatihan tentang bagaimana membuat konten yang menarik dan bagaimana memanfaatkan fitur livestream dengan efektif. Ke depannya, kami berharap dapat membangun lebih banyak Live Base di Indonesia dan merekrut lebih banyak host dan kru, sehingga kami bisa membantu lebih banyak bisnis lokal dan kreator di Indonesia untuk tumbuh serta berkembang di TikTok Shop," ujar Ji Kun, CEO dari F-Commerce.

Buat tahu lebih lanjut tentang TikTok Shop, TikTok Shop Partner, kisah sukses brand, serta bagaimana brand mengembangkan bisnisnya di TikTok dan TikTok Shop, yuk kunjungi link berikut. (WEB)

Baca Juga: 10 Anime Viral di TikTok, Jogetannya Sering Trending

Topic:

  • Ezri T Suro
  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya