Comscore Tracker

30 Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa, Dijamin Gak Nyesel!

Ada drama makjang yang sering bikin nganga #WaktunyaKorea

Siapa, nih, yang sering kena demam drama Korea? Karakter dan cerita di dalam drama Korea memang seringkali gak mengecewakan penonton. Pemainnya selalu berhasil membawakan perannya dengan sempurna.

Dari sekian banyak drama Korea yang sudah tayang, penonton sepakat menjadikan drama-drama di bawah ini menjadi drama terbaik! Yuk, intip daftar drama Korea terbaik sepanjang masa di bawah ini!

1. Descendants of the Sun (2016)

https://www.youtube.com/embed/wTGwjDqtfzQ

Sempat booming, "Descendants of the Sun" patut didapuk jadi drama Korea terbaik sepanjang masa, nih. Ceritanya anti bosan, gak heran kalau drama ini raih rating hingga 35,3 persen. Selain itu, kamu bakal dimanjakan dengan visual-visual pemainnya, seperti Song Joong Ki dan Song Hye Kyo. Dijamin gak nyesel deh nonton drakor satu ini!

2. All of Us Are Dead (2022)

Belum bisa move on dari “Train to Busan”? Nah, drama adaptasi webtoon satu ini pasti sukses bikin kamu move on. Pasalnya, drama Korea populer satu ini juga mengangkat kisah zombie yang berawal dari virus zombie yang menyebar di sekolah dan kemudian menyebar cepat ke seluruh Korea.

3. The Uncanny Counter (2021)

Drakor dengan cerita yang anti mainstream ini wajib banget kamu masukkan ke watching list-mu! Drama ini menceritakan tentang pelayan restoran yang memiliki kekuatan. Nah, tugas mereka adalah mengusir roh jahat yang menghasut manusia. Bener-bener drama Korea terbaik sepanjang masa deh!

4. Sky Castle (2018)

Menyuguhkan kehidupan konglomerat dan persaingan antar anggota keluarga demi kesuksesan masing-masing, "Sky Castle" berhasil menarik perhatian penonton dengan meraih rating setinggi 23,779 persen. Karakter orangtua dan para anak dalam drama ini sangat relate dengan ketatnya pendidikan di Korea.

5. Crash Landing on You (2019)

Menceritakan tentang romansa antara dua orang yang berasal dari Korea Selatan dan Korea Utara, banyak penonton menjadi demam "Crash Landing on You". Selain karena chemistry pemain utama yang cocok abis, drama ini juga menceritakan tentang persahabatan para pemainnya. Drama ini berakhir dengan rating akhir 21,683 persen.

6.The World of the Married (2020)

https://www.youtube.com/embed/e4LUxKEJ9uQ

Mungkin sudah dapat diprediksi, "The World of the Married" juga masuk ke dalam salah satu drama terbaik sepanjang masa dengan rating 28,371 persen. Tapi, kamu kudu nyiapin mental dulu ya, guys kalau mau nonton drama satu ini. Karena dijamin kamu bakal dibuat emosi dengan alur ceritanya.

7. Strong Woman Do Bong Soon (2017)

Sesuai dengan judulnya, drama korea legendaris ini menceritakan tentang perempuan yang memiliki kekuatan di atas manusia biasa. Dala, drakor komedi-romantis ini kamu akan dimanjakan dengan adegan-adegan romantis yang bikin gemes dan ngakak di saat yang bersamaan.

8. Pachinko (2022)

Drakor yang hampir memborong semua aktor papan atas ini mengadaptasi novel best seller karya Min Jin Lee yang menceritakan tentang kisah cinta terlarang antara gadis desa biasa bernama Sunja dengan orang terpandang, Koh Hansu. Uniknya, drama ini mengambil latar pada saat perang dunia II, lho. Yuk, buruan nonton akting Lee Minho di drama ini!

9. Hotel Del Luna (2019)

Satu lagi drama fantasi yang berhasil sedot perhatian penonton sebagai drama Korea terbaik sepanjang masa. Hotel Del Luna mengemas cerita hotel khusus hantu yang meninggal penasaran. Bahkan, staff hotelnya pun merupakan hantu. Cocok banget nih buat pencinta genre fantasi-romantis.

10. Graceful Family (2020)

Mencari drakor yang mirip “Sky Castle”? “Graceful Family” bisa jadi pilihan yang bagus. Drama yang cuplikannya sering viral di berbagai media sosial tersebut, menceritakan tentang persaingan kaum konglomerat dan dibumbui dengan konflik keluarga serta rumah tangga yang auto bikin kamu geregetan saat menontonnya.

11. Dr. Romantic series (2016 dan 2020)

30 Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa, Dijamin Gak Nyesel!Dr. Romantic season 1 dan 2 (dok. SBS via wowkorea.jp dan spotvnews.co.kr)

Menawarkan cerita unik dan menguras emosi, Dr. Romantic series juga sabet rating tertinggi yakni 27 persen. Meskipun ceritanya mengenai dunia kedokteran, tapi kamu gak bakal bosen kok guys. Justru kamu bakal dibuat takjub dengan adegan usaha penyelamatan pasien yang dikemas dengan sinematografi yang epic. 

12. Gu Family Book (2013)

Penonton akan dibuat terkesima dengan chemistry kuat antara Suzy dan Lee Seung Gi di drama "Gu Family Book". Drama ini menceritakan tentang seorang gumiho yang ingin menjadi manusia seutuhnya. Visual dari pemain utamanya bakal bikin kamu terkesima!

13. Goblin (2016) 

Drama yang mengusung genre fantasi-romantis ini juga gak kalah viral dengan drama-drama lainnya. Kesuksesan drama ini dapat dilihat dari rating akhir yang didapat, yaitu 18.680 persen. Goblin dibintangi aktor dan aktris papan atas Korea yang aktingnya gak usah diragukan lagi, yaitu Gong Yoo, Kim Go-eun, Lee Dong Wook, dan Yook Sungjae.

14. The Heirs (2013)

Kisah cinta Kim Tan dan Cha Eun Sang memang sukses bikin penonton gemas. Apalagi pemeran utama di drama ini adalah aktor papan atas Lee Minho dan Park Shin Hye. Dijamin deh kamu bakal pusing karena gemas melihat kisah percintaan di antara mereka berdua. Meskipun sudah tayang lama, drama ini patut didapuk sebagai drama Korea terbaik sepanjang masa.

15. Mr. Sunshine (2018)

Kisah cinta yang tak biasa dalam drama sejarah "Mr. Sunshine" membuat drama ini memiliki banyak peminat. Drama ini mengisahkan tentang seorang anak laki-laki dari keluarga budak di masa dinasti Joseon yang kabur dengan naik kapal perang Amerika Serikat.

16. Twenty Five, Twenty One (2022)

https://www.youtube.com/embed/n7F8o-SoK8s

Siapa sih yang gak tau drama satu ini? Saking populernya, drama yang dibintangi oleh Nam Joo Hyuk ini selalu trending di setiap perilisan episode terbarunya. Drakor “Twenty Five, Twenty One” menceritakan tentang romansa antara Naa Hee Do, siswa SMA yang ingin menjadi atlet anggar dan Baek Yi Jin, seorang reporter berita. Tentunya bukan romansa yang kaleng-kaleng ya, guys! Kamu bakal dibikin gemes dan geregetan di setiap episodenya, apalagi ending-nya. Buruan nonton deh!

17. My Love From Another Star (2013)

Lagi bad mood? Coba nonton drama "My Love From Another Star" deh, dijamin kelakuan Cheon Song Yi yang random bakal balikin mood kalian 100 persen. Oh iya, drama ini genrenya fantasi-romantis, lho! Cocok banget buat ngehalu.

18. School (2013)

Salah satu series drama "School" yang membekas di hati penonton yaitu "School 2013" yang dirilis pada tahun 2013. Drama yang berpusat pada kehidupan anak sekolahan ini, banyak menyinggung isu bullying. Dibintangi Lee Jong-suk and Kim Woo-bin, penonton dijamin bakal terpukau dengan akting dua bintang ini.

19. 100 Days My Prince (2018)

"100 Days My Prince" menjadi drama sejarah selanjutnya yang menjadi favorit penonton. Dikemas dengan genre komedi-romantis yang mengambil latar di era Joseon, drama ini menceritakan tentang putra mahkota yang kehilangan ingatan karena kecelakaan. Akibatnya, dia harus hidup sementara sebagai rakyat biasa sampai ingatannya kembali.

20. Signal (2016)

Suguhkan cerita detektif lintas waktu, drama Signal sukses jadi tontonan wajib penggemar drama thriller. Pasalnya, di drama ini kamu bakal dibuat takjub dengan adegan kerja sama antara detektif zaman dahulu dengan zaman sekarang yang berusaha membongkar kasus pembunuhan dan pemerkosaan yang kontroversi.

21. A Business Proposal (2022)

https://www.youtube.com/embed/XRU1BtiulXw

Buat kamu yang suka genre romantis-komedi, wajib banget buat nonton drama adaptasi manhwa satu ini. Drama ini menceritakan tentang Kang Tae Moo yang jatuh cinta pada Shin Ha Ri, pasangan kencan butanya yang palsu. Dijamin mood-mu bakal happy terus karena melihat tingkah lucu dari Kang Tae Moo dan Shin Ha Ri saat bertemu.

22. Reply 1988 (2015) 

Reply 1988 patut diacungi jempol sebagai drama Korea terbaik sepanjang masa. Meski mengangkat cerita ringan tentang kehidupan sehari-hari, "Reply 1988" banyak mengandung pesan moral yang sukses meraih atensi para penggemar drama Korea. Bahkan sampai saat ini masih banyak netizen yang suka rewatch drama satu ini, lho!

23. Hospital Playlist series (2020-2021) 

Series "Hospital Playlist" ini berpusat pada kisah persahabatan lima orang dokter yang telah terjalin sejak mereka di bangku kuliah yang kemudian dipertemukan di rumah sakit yang sama. Dijamin deh, bikin kamu kangen masa-masa kuliah bareng sahabat-sahabat kamu.

24. Hometown Cha-Cha-Cha (2021)

Drama Korea yang sempat viral ini mengangkat cerita seorang dokter gigi yang baru saja pindah ke desa dan di sana dia bertemu laki-laki pengangguran yang suka membantu warga desa setempat. Sarat akan pesan moral bikin "Hometown Cha-Cha-Cha" sukses mendapat rating 12,7 persen.

25. Through the Darkness (2022)

Buat kamu pencinta genre kriminal-misteri, drama Korea yang dibintangi oleh Kim Nam gil ini cocok banget buat menemani weekend-mu nanti. Selain disuguhkan dengan alur yang menegangkan dan tidak mudah ditebak, drama ini ternyata berdasarkan kisah nyata dari profiler pertama di Korea, lho!

Baca Juga: Makin Sibuk, Ini Kabar Teranyar Para Pemain Drakor 'Goblin'

26. My Liberation Notes (2022)

https://www.youtube.com/embed/UF9mdKzkRs8

Drama Korea yang sempat meledak di hari perilisannya ini mengisahkan tentang tiga saudara kandung yang terjebak dalam rutinitas yang membosankan. Drama dengan genre slice of life ini pas banget buat kamu yang sedang bosan menjalani rutinitasmu sehari-hari. Lantaran dalam drama ini kita akan dihibur dengan perjuangan tiga bersaudara yang ingin keluar dari kehidupan mereka yang membosankan.

27. Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (2016)

Lagi-lagi Nam Joo Hyuk mampu memukau para netizen dengan aktingnya sebagai Joon Hyung di drama satu ini. “Weightlifting Fairy Kim Bok Joo” mengisahkan tentang kisah cinta atlet angkat besi, Kim Book Jo yang diperankan oleh Lee Sung Kyung. Di drama ini kamu bakal dibikin pusing saking gemesnya dengan tingkah Joon Hyung dan Book Jo. Yuk, buruan masukin ke watching list.
 
28. Drama Mr. Queen (2020)

Drama sejarah gak melulu punya pembahasan cerita yang serius, seperti drama "Mr. Queen" yang berhasil menggabungkan unsur komedi dan sejarah di dalamnya. Berhasil menarik perhatian para penikmat drama Korea hingga cuplikannya viral di berbagai media sosial.

29. Itaewon Class (2020)

Karakter Park Sae Royi menjadi sangat booming setelah drama "Itaewon Class". Drama ini dianggap sebagai salah satu drama terbaik yang mengangkat tema perjuangan hidup dan bisnis. Pasalnya, drama ini berhasil mengemas genre bisnis yang dianggap membosankan menjadi tontonan yang menarik di setiap minggunya.

30. Vincenzo (2021)

Mafia sadis tapi ganteng, siapa lagi kalau bukan "Vincenzo". Salah satu drama terbaik di tahun 2021 ini berhasil bikin netizen terpesona dengan akting dari aktor kawakan Song Joong Ki. Selain itu, kita juga akan dihibur dengan aksi-aksi kocak dari Vincenzo dan partner-nya, Cha Young.
 

Itu dia 30 drama Korea terbaik sepanjang masa. Drama-drama ini berhasil menarik perhatian banyak penonton dengan jalan cerita dan karakter pemainnya yang unik. Apa kalian setuju drama-drama ini dikategorikan sebagai drama terbaik? 

Baca Juga: Totalitas, 6 Artis Korea yang Pernah Menjadi Siluman di Drama Korea

Topic:

  • Zahrotustianah
  • Bunga Semesta Int
  • Stella Azasya
  • Dinda Trisnaning Ramadhani
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya