Comscore Tracker

9 Tipe Pegawai Kantor Berdasarkan KDrama Forecasting Love and Weather

Relatable banget! 

Drama Korea sering kali menyuguhkan fokus profesi tertentu dalam kisahnya. Di antaranya dari para pekerja kantoran. Selalu menampilkan baik karakter utama maupun pendukung yang sangat kuat, tak heran dalam drama Korea punya kepribadian dengan kisahnya masing-masing yang bisa dipetik. Seperti dalam drama Korea sedang tayang Forecasting Love and Weather ini.

Berlatar cerita peliknya kehidupan kantor di BMKG Korea, cerita para pegawai di drama ini ternyata banyak yang cukup mengena. Ada sejumlah tipe-tipe pegawai kantoran dari Forecasting Love and Weather ini yang tanpa kamu sadari sering ditemui di dunia nyata, lho. Bisa jadi justru termasuk tipe yang sama dengan kamu! Yuk, cek ada apa saja tipe pegawai di drama ini!

1. Bos super tegas yang tak suka pegawainya banyak alasan saat berbuat kesalahan

9 Tipe Pegawai Kantor Berdasarkan KDrama Forecasting Love and Weatherpotret karakter Direktur Utama Go Bong-Chan dalam drama Korea Forecasting Love and Weather (tv.jtbc.joins.com)

Aktor senior Kwon Hae Yo berperan sebagai Direktur Utama  Go Bong-Chan dalam drama ini. Sebagai ketua tertinggi yang mebawahi para karyawan BMKG khususnya di divisi utama yang menjadi jantung terpenting dalam badan ini ia secara tidak langsung dituntut untuk selalu teliti. Satu kesalahan saja yang dibuat oleh BMKG, risiko terjadinya kejadian tak diinginkan akan semakin tinggi.

Untuk itu Direktur Utama Go selalu berusaha tegas dalam tindakan maupun perkataannya. Contohnya, saat ia tidak ingin menerima banyak alasan saat ada kesalahan deteksi peringatan hujan lebat di sebuah daerah yang gagal dibuat peringatannya. Ia juga tidak suka pemikiran hingga tindakan yang bertele-tele dan lama diputuskan.

Di lain sisi, ia sangat terbuka dengan potensi kemampuan lebih yang dimiliki karyawannya tanpa mengenal senioritas usia. Ternyata, Direktur Utama Go justru menjadi bos idamana sekali, ya? Meski tetap saja ada sisi menyebalkannya saat mendesak Jin Ha Kyung (Park Min Young) harus segera putuskan arah kariernya ingin seperti apa di BMKG.

2. Kepala koordinasi tim yang tampak dingin di luar tetapi hangat di dalam

9 Tipe Pegawai Kantor Berdasarkan KDrama Forecasting Love and Weatherpotret karakter Jin Ha Kyung dalam drama Korea Forecasting Love and Weather (tv.joins.jtbc.com)

Saat berhubungan dengan pekerjaan tugas-tugasnya, Jin Ha Kyung disebut anggota timnya terlalu keras dan seakan tidak mau tahu perihal penderitaan yang dialami pegawainya. Namun, di lain sisi Jin Ha Kyung juga sebenarnya punya sifat lemah lembut yang kurang terlihat jika dari luar. Ia juga memang cerdas dan tidak suka bertindak gegabah.

Meskipun kelihatannya tugas yang diberikannya begitu banyak dan terkesan keterlaluan, namun Kepala Jin sudah memperhitungkan betapa pentingnya tugas yang diembankannya pada pegawai lain. Di lain sisi, dia juga sosok bertanggung jawab pada tim dan masih bisa menerima dan mendengarkan saran dan kritik yang diberikan selama disampaikan dengan cara baik-baik.

3. Junior kompeten yang masih dipenuhi ambisi dalam bekerja

9 Tipe Pegawai Kantor Berdasarkan KDrama Forecasting Love and Weatherpotret karakter Lee Shi Woo dalam drama Korea Forecasting Love and Weather (tv.jtbc.joins.com)

Karakter Lee Shi Woo yang diperankan Song Kang ini bisa dibilang sangat menggambarkan sosok anak muda milenial yang banyak menyukai produktifitas dan semangatnya dalam bekerja pun masih membara. Pengalaman prakirawan junior ini mungkin belum sebanyak teman-teman satu timnya. Namun, pemikirannya  dari otaknya yang masih fresh ini membuat tingkat tajamnya ketelitian Lee Shi Woo ini masih sangat diakui.

Sayangnya, karena ia masih pemula di bidangnya, Lee Shi Woo masih suka gegabah dan kurang memperhitungkan berbagai risiko. Jadi, buat kamu yang saat ini di kantor senang memberi ide namun ternyata masih juga sering dianggap salah. Jangan gampang patah semangat ya, ternyata semua ada proses dan tahapnya masing-masing. Sebaliknya, jadikan semangatmu untuk masih mau terus belajar ini sebagai keuntunganmu di masa depan.

4. Pegawai penurut yang lebih suka cari aman saja

9 Tipe Pegawai Kantor Berdasarkan KDrama Forecasting Love and Weatherpotret karakter Shin Seok Ho dalam drama Korea Forecasting Love and Weather (tv.jtbc.joins.com)

Sebagian dari kita, mungkin masih ada nih yang berpikiran seperti Shin Seok Ho (Moon Tae Yoo). Tipe karyawan yang tidak mau terlalu ribet. Meski tetap berpihak pada kebenaran dan tidak suka melihat orang lain disalahkan tanpa sebab. Ia juga lebih suka tak ambil pusing saat atasan memberi tugas dan mandat tertentu.

Kerjakan dan bereskan saja selama masih mampu. Satu lagi yang paling penting baginya! Garis batas yang tebal antara kehidupan kantor dan kehidupan asli pribadinya.  Sayangnya, terlalu sering main aman, mungkin akan lebih menghambat kamu yang bertipe sama sepertinya sebagai pegawai kesulitan meningkatkan jenjang karier. Karena terlalu takut bereskplorasi.

5. Senior gila kerja, teguh pendirian, dan punya banyak pengalaman

9 Tipe Pegawai Kantor Berdasarkan KDrama Forecasting Love and Weatherpotret karakter Prakirawan Senior Eom Dong Han (tv.jtbc.joins.com)

Sangat menyukai dan berdedikasi pada pekerjaaannya, Prakirawan Senior Eom Dong Han sampai sudah bertahun-tahun tidak mengunjungi dan menghabiskan waktu bersama keluarganya. Pengalaman bekerjanya yang sudah bertahun-tahun membuatnya sudah membentuk kepribadian dan prinsipnya sendiri yang cukup kuat dalam pekerjaannya.

Meskipun kelihatannya keras, ternyata ia justru tipe senior yang selalu berusaha menghargai setiap rekan kerjanya. Bahkan kepada rekan kerja yang sebenarnya juga adalah juniornya. Sayangnya, karena tidak menerapkan life-work balance sejak awal kariernya, di usia kariernya yang sudah panjang ini Prakirawan Senior Eom menjadi sudah kehilangan passion terhadap pekerjaannya sendiri. Tanpa sadar masalah pribadi dengan keluarganya kini justru berimbas pada kinerja kerjanya sekarang.

Baca Juga: 10 Quote Forecasting Love and Weather, Bicara Cinta dan Cuaca

6. Rekan kerja senior dengan kepribadian tenang, dewasa, dan suka mengayomi

9 Tipe Pegawai Kantor Berdasarkan KDrama Forecasting Love and Weatherpotret karakter Kim Su Jin dan Oh Myung Joo (tv.jtbc.joins.com)

Oh Myung Joo (Yoon Sa Bong) menjadi pegawai dengan usia paling senior dibandingkan yang lainnya. Karier Oh Myung Joo mungkin terhambat karena ia seorang perempuan menikah dan pernah cuti melahirkan sebanyak dua kali. Namun, segala pengalaman yang sudah dialaminya dalam berkarier ini justru menjadikannya bisa lebih bijak dalam bersikap. Ini menjadikannya secara langsung sosok karyawan lain yang mungkin punya kepribadian lebih kekanak-kanakan. Pasti di kantormu ada saja yang seperti ini kan?

7. Pegawai yang sering merasa dirinya yang paling benar

9 Tipe Pegawai Kantor Berdasarkan KDrama Forecasting Love and Weatherpotret Karakter Chae Yoo Jin dalam drama Korea Forecasting Love and Weather (tv.jtbc.joins.com)

Chae Yoo Jin (Yura Girl's Day) mungkin ingin memberikan yang terbaik untuk pekerjaannya. Sayangnya, pemikiran itu tidak diiringi dengan dedikasi yang tinggi atas tanggung jawab yang juga harus diembannya. Sebagai pegawai kita tidak bisa hanya berpikir yang penting pekerjaannya sudah selesai. Terlepas sudah mengerjakannya dengan penuhn tanggung jawab atau tidak.

Jika sifat seperti Chae Soo Jin yang menulis artikel berita tanpa mengecek faktanya secara menyeluruh ini terus berlarut-larut, tak heran ujungnya bisa saja justru berbalik menengelamkan karier sendiri. Meskipun ada kalanya idealisme kita juga harus beperang dengan permintaan atasan yang berlawanan. Tetapi selalu ada jalan yang lebih baik bukan? Karier yang panjang performa stabilnya lebih baik daripada yang baiknya hanya dalam waktu singkat saja dan menghilang.

8. Pegawai yang suka bergosip di kantor dan terlalu banyak melibatkan emosi pribadi

9 Tipe Pegawai Kantor Berdasarkan KDrama Forecasting Love and Weatherpotret karakter Lee Shi Woo dan Kim Soo Jin dalam drama Kore Forecasting Love and Weather (instagrama.com/jtbcdrama)

Tipe karyawan yang suka bergosip seperti Kim Soo Jin (Chae Seo Eun) ini baiknya memang jangana terlalu didekati. Kita juga pasti sebal dengan informasi pribadi kita yang jadi malah banyak tersebar di kantor, hingga tersebarnya informasi miring ke orang lain, padahal kebenarannya saja belum dikonfirmasi. Usia Kim Soo Jin yang masih' muda ini juga membuatnya masih sering melibatkan banyak emosi pribadi dalam pekerjaannya.

Memang bagus saat kita bisa mengutarakan langsung isi hati negatif yang kita punya akibat dari perlakuan atasan. Namun, jangan sampai ini justru menjadi boomerang bagi kita. Karena lebih dahulu bertindak sebelum berpikir. Seperti Kim Soo Jin yang marah-marah duluan di depan umum sebelum bisa benar-benar maksud situasinya. Akan lebih baik, bukan jika penyampaiannya lebih secara pribadi?

9. Karyawan yang menyelesaikan pekerjaannya dengan hanya mengandalkan orang lain

9 Tipe Pegawai Kantor Berdasarkan KDrama Forecasting Love and Weatherpotret karakter Han Ki Jun dalam drama Korea Forecasting Love and Weather (instagram.com/jtbcdrama)

Sebagai seorang pegawai yang kompeten kita tidak bisa terus bertahan hanya dengan mengandalkan satu keahlian saja. Sementara untuk pekerjaan lainnya mengandalkan bantuan orang lain. Apalagi jika saat meminta bantuan ini kita lebih kepada minta dibereskan pekerjaannya. Bukannya minta dibimbing supaya bisa melakukannya sendiri. Itulah yang terjadi pada tim public relations Han Ki Joon (Yoon Park) dalam drama ini.

Kemampuannya mengerjakan kolom artikel bulanan ternyata selama kariernya sebelumnya banyak mengandalkan mantan pacarnya, Jin Ha Kyung. Ujung-ujungnya ia merasa kurang percaya diri dan tertekan sendiri saat harus menyelesaikan tugas itu sendiri. Hampir saja kariernya terusik jatuh.

Deretan tipe karyawan di atas cukup relevan dengan kehidupan kantor kita sehari-hari, bukan? Kira-kira mana nih, tipe pegawai yang paling sering kamu temui di antara tipe di atas? Atau justru ada tepi pegawai yang tanpa sadar justru sangat mirip denganmu?

Baca Juga: 5 KDrama yang Berkaitan dengan Alam, Ada Forecasting Love and Weather

Nadhifa SK Photo Verified Writer Nadhifa SK

Pencinta literasi penyuka fiksi, menulis kapan dan dimana saja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya