Comscore Tracker

Skandal Bullying Kim Garam LE SSERAFIM Rame Lagi, Korban Buka Suara!

OP yang mengaku korban Garam buka suara lewat kuasa hukum

Kim Garam, member LE SSERAFIM yang baru saja debut kembali menjadi sorotan netizen atas kasus bullying yang menimpanya. Seorang OP mengungkap kondisinya saat di-bullying oleh Kim Garam melalui kuasa hukum pada Kamis (19/5/2022).

Sebelumnya Kim Garam pernah dituding sebagai pelaku bullying di masa SMP-nya, namun hal ini dibantah oleh agensi. Mereka mengatakan Kim Garam bukanlah pelaku, melainkan korban dari berbagai rumor kejam dan cyber bullying.

Bagaimana kabar selengkapnya? Berikut fakta-fakta dari skandal bullying Kim Garam yang kembali mencuat.

Baca Juga: Belum Resmi Debut, Kim Garam LE SSERAFIM Sudah Kena Rumor Jahat

1. Korban buka suara mengenai skandal bullying Kim Garam

Skandal Bullying Kim Garam LE SSERAFIM Rame Lagi, Korban Buka Suara!Kim Garam (instagram.com/le_sserafim)

Melansir Spotvnews, Yoo Eunso (nama disamarkan) buka suara mengenai bullying yang dilakukan Kim Garam melalui firma hukum Daeryun. Ia kemudian menceritakan bagaimana perilaku buruk Kim Garam saat SMP.

Perwakilan firma hukum Daeryun, mengungkapkan perisitiwa bullying terjadi pada 4 tahun lalu. Korban diserang oleh Kim Garam dan teman-temannya dari akhir April hingga awal Mei 2018. Yoo Eunso kemudian pindah sekolah selang 1-2 minggu setelah kejadian karena tak tahan dengan mereka.

Pada Juni 2018, rapat komite diadakan dan Garam menerima hukuman berupa harus mengikuti kelas khusus selama 6 jam dan 5 jam pendidikan khusus untuk orang tua. Sementara korban diberikan tindakan perlindungan seperti konseling dan nasihat psikologis.

"Aku pindah ke sekolah lain setelah dibully oleh Kim Garam dan teman-temannya. Namun muncul rumor jahat yang menyebutkan bahwa aku keluar karena kesalahanku. Padahal aku tidak tahan dengan dengan mereka," ungkap korban.

2. Firma hukum Yoo Eunso mengkonfirmasi catatan pelanggaran milik Kim Garam adalah benar

Skandal Bullying Kim Garam LE SSERAFIM Rame Lagi, Korban Buka Suara!Kim Garam (instagram.com/le_sserafim)

Perwakilan firma hukum Yoo Eunso, 'A' memberitahu bahwa catatan pelanggaran kekerasan sekolah yang beredar di forum internet adalah benar milik Kim Garam.

Menurut pernyataan A, ia bukanlah pihak ketiga yang pertama kali mengekspos penyalahgunaan kekerasan sekolah oleh Kim Garam. Namun ketika dirinya mengekspos catatan tersebut ke forum internet, ia justru mendapat kecaman dari netizen. Mereka menganggap A sengaja menjelek-jelekkan Kim Garam atas dasar iri. 

3. Kuasa Hukum Yoo Eunso menuntut pertanggungjawaban atas pernyataan bantahan agensi

Skandal Bullying Kim Garam LE SSERAFIM Rame Lagi, Korban Buka Suara!Kim Garam (instagram.com/le_sserafim)

Kuasa hukum Yoo Eunso mengutip pernyataan HYBE yang menyatakan bahwa "Kim Garam bukanlah pelaku, melainkan juga sebagai korban". Pernyataan ini berdampak pada korban yang semakin dikecam netizen, hingga sampai diancam "gali kuburanmu" dan foto wajahnya tersebar di internet.

Kuasa hukum mengatakan, "Korban tidak meminta ganti rugi apa pun. Ia ingin pernyataan yang jauh dari kebenaran itu dihapus. Korban meminta agar agensi menulis pernyataan berdasarkan fakta dan ucapan permintaan maaf kepada korban."

Sayangnya, HYBE tidak menanggapi hal ini dan Kim Garam masih melanjutkan aktivitasnya sebagai member LE SSERAFIM.

"Yoo Eunseo, yang tidak tahan dengan kecemasan dan ketakutan ekstrem karena serangan terhadapnya akhirnya mencoba bunuh diri. Orang tuanya memutuskan Yoo Eunseo menghentikan studinya dan menyatakan niat mereka untuk putus sekolah.

Saat ini, dia sedang dirawat oleh psikiater tanpa menghadiri sekolah selama tujuh minggu terakhir sebelum pengunduran diri. Ibunya menghentikan kegiatan yang dilakukannya untuk merawat anaknya agar tidak kembali bunuh diri," ungkap firma hukum mengenai kondisi korban.

Baca Juga: Kim Garam, Member Kedua LE SSERAFIM yang Auto Bikin Netizen Ngefans

4. Netizen menyoroti sikap agensi yang membela pelaku bullying

Skandal Bullying Kim Garam LE SSERAFIM Rame Lagi, Korban Buka Suara!Kim Garam LE SSERAFIM (instagram.com/le_sserafim)

Tak berselang lama, HYBE dan Source Music menanggapi pemberitaan mengenai skandal bullying Kim Garam dengan merilis pernyataan pada Kamis Sore (19/5/2022).

Mereka menjelaskan alasan pernyataan terlambat dibuat adalah karena Kim garam dan teman-temannya masih minor dan hal ini cukup sensitif jika tidak dilakukan secara hati-hati.

"Kami mengatakan bahwa kami akan segera mengumumkan posisi kami karena Daeryun telah mengumumkan beberapa isi dari isu yang sebenarnya terjadi pada tahun 2018 sehingga mendapat posisi yang menguntungkan. Oleh karena itu, kami meminta para jurnalis untuk menahan diri untuk tidak memberitakan berdasarkan argumen sepihak saja," kata agensi.

Melansir Koreaboo, sejumlah netizen sontak menyoroti atas tindakan agensi. Mereka mempertanyakan sikap agensi yang membela pelaku bullying. Bahkan mereka menduga Kim Garam memiliki koneksi kuat dalam menutupi kasus ini.

5. LE SSERAFIM membatalkan semua jadwal

Skandal Bullying Kim Garam LE SSERAFIM Rame Lagi, Korban Buka Suara!Kim Garam LE SSERAFIM (instagram.com/le_sserafim)

Menyusul pemberitaan skandal bullying Kim Garam yang lagi heboh-hebohnya. Source Music mengumumkan melalui Weverse bahwa jadwal LE SSERAFIM pada Jumat (20/5/2022) dibatalkan.

"LE SSERAFIM tidak akan muncul di "Music Bank" KBS2 (pukul 3 sore) atau berpartisipasi dalam acara penandatanganan penggemar panggilan video mereka (pukul 8 malam) seperti yang dijadwalkan untuk hari ini.

Kami berencana untuk mengadakan acara penandatanganan penggemar panggilan video di waktu yang terpisah, dan kami akan segera memberikan informasi tambahan kepada penggemar yang terpilih untuk acara tersebut," kata agensi.

[UPDATE] Sore ini (20/5/2022), HYBE maupun Source Music memberikan tanggapan kuat mengenai kontroversi Kim Garam. Kim Garam pun diputuskan akan hiatus dan agensi sedang mempersiapkan pernyataan resmi terkait detail masalah yang dituduhkan dari sudut pandang Kim Garam.

Baca Juga: [QUIZ] Cek Seberapa Ngefans Kamu Sama LE SSERAFIM Lewat Game 'Siapakah Aku'!

Topic:

  • Essi Rosilawati
  • Indra Zakaria
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya