Comscore Tracker

5 Tips untuk Kamu yang Ikut Online Video Call Fansign, KPopers Catat!

Biar bisa ngobrol dan seru-seruan bareng bias

Fansign bukanlah hal asing di kalangan para penggemar KPop. Acara tanda tangan ini sering kali diadakan saat seorang idol atau grup KPop melangsungkan comeback. Namun, tidak semua orang bisa menghadiri fansign. Hanya fans beruntung saja yang bisa mendapatkan invitation.

Selama pandemik, fansign yang biasa digelar dengan mempertemukan fans dan idol secara langsung, kini mengalami perubahan sistem. Penggemar yang beruntung kini tak perlu lagi terbang ke Korea Selatan untuk memenuhi undangan fansign. Sebab, acara dilakukan dengan cara melakukan video call.

Jika kamu terpilih untuk mengikuti fansign, gak perlu bingung. Lima tips di bawah ini bisa kamu coba persiapkan, agar bisa mendapatkan pengalaman terbaik selama melakukan video call dengan biasmu.

1. Pastikan jaringan internet baik

5 Tips untuk Kamu yang Ikut Online Video Call Fansign, KPopers Catat!ilustrasi melakukan video call menggunakan laptop (pexels.com/Artem Podrez)

Ini adalah hal pertama, utama, dan yang paling penting untuk kamu persiapkan. Kamu harus pastikan jaringan internet dalam keadaan baik, agar saat video call berlangsung tidak terputus begitu saja. Kamu pun juga jadi tidak waswas dan lebih bebas mengobrol dengan biasmu.

2. Wajib gunakan phone holder!

5 Tips untuk Kamu yang Ikut Online Video Call Fansign, KPopers Catat!ilustrasi video call (pexels.com/ANTHONY SHKRABA production)

Penggunaan phone holder bisa membantumu selama video call berlangsung. Selain agar tidak lelah menahan gawai pintarmu, video yang dihasilkan pun jadi lebih stabil. Kamu dan bias juga bisa lebih fokus saat mengobrol.

Penggunaan phone holder juga menghindarimu dari gangguan suara. Percayalah, jika noise akan selalu ada, baik dari ruangan sekitarmu atau keadaan sekitar sang idol di sana. Jika kamu menahan gawai dengan tangan, bisa saja idolamu tidak bisa mendengar apa yang kamu katakan.

Sebab, kebanyakan fans memegang telepon genggam mereka secara vertikal dan akhirnya mikrofon yang ada di bagian bawah handphone pun tertutup. Ini menyebabkan para idol tidak dapat dengan jelas mendengar suara yang dikatakan oleh penggemarnya.

Baca Juga: 10 Akun Instagram Para Pemain Idol: The Coup, Kamu Sudah Follow?

3. Gunakan headphone atau earbuds untuk kualitas suara terbaik

5 Tips untuk Kamu yang Ikut Online Video Call Fansign, KPopers Catat!ilustrasi earbuds (pexels.com/cottonbro)

Untuk mendapatkan kualitas suara yang baik, kamu sangat disarankan untuk menggunakan headphone, earphone, atau earbuds. Sebab, jika hanya mengandalkan mikrofon built-in yang ada di gawai pintarmu, kemungkinan besar suaramu tidak akan terdengar jelas oleh idolamu, begitupun sebaliknya.

Phone holder dan headphone adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan saat kamu mengikuti online video call fansign. Sebab, akan percuma jika kamu menggunakan phone holder, tapi suaramu tidak tertangkap dengan jelas oleh mikrofon built-in.

4. Siapkan pertanyaan, bahan obrolan, atau apa saja yang ingin disampaikan ke bias

5 Tips untuk Kamu yang Ikut Online Video Call Fansign, KPopers Catat!ilustrasi menulis (pexels.com/Karolina Grabowska)

Sedia payung sebelum hujan. Sebelum hari H, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan obrolan, pertanyaan, atau apa saja yang ingin kamu sampaikan kepada idolamu. Kamu bisa membuat catatan dan tuliskan semua yang ingin kamu sampaikan.

Buku catatan tadi juga bisa dijadikan "papan tulis" alternatif, jika ada kesalahan teknis, baik itu dari suara maupun jaringan internet, saat online fansign berlangsung. Jika ada masalah, kamu pun bisa menunjukkan tulisan yang ada di buku catatanmu tadi.

Kamu bisa menerjemahkannya ke dalam bahasa Korea terlebih dahulu, agar idolamu juga lebih mudah memahaminya. Setidaknya, jika idolamu tidak bisa mendengar apa yang kamu bicarakan, mereka tetap bisa membaca apa yang ingin kamu sampaikan lewat tulisanmu tadi.

5. Bias ultah? Rayain bareng pas fansign adalah pilihan terbaik

5 Tips untuk Kamu yang Ikut Online Video Call Fansign, KPopers Catat!ilustrasi meniup lilin saat ulang tahun (pexels.com/cottonbro)

Terkadang, beberapa online fansign diadakan saat salah satu anggota dari grup KPop baru atau sedang berulang tahun. Jika hal itu terjadi padamu, maka kamu patut bersyukur dan merasa beruntung. Sebab, kamu bisa langsung merayakan ulang tahun idolamu bersama saat online fansign berlangsung.

Kamu bisa membeli kue dengan desain atau bentuk khusus untuk diperlihatkan kepada biasmu saat acara berlangsung. Kamu juga bisa menyanyikan lagu ulang tahun bersama atau mengucapkan berbagai doa untuk bias secara empat mata. Namun, jika kamu ingin tampil lebih beda, maka siapkanlah persembahan lain, seperti menyanyikan lagu khusus untuknya, menari, dan lain sebagainya.

Memenangkan online video call fansign bisa menjadi kebanggaan dan kesenangan tersendiri bagi para KPopers di masa pandemik ini. Maka dari itu, jika kamu sudah berhasil memenangkannya, jangan lupa persiapkan berbagai hal, seperti lima contoh di atas. Ini supaya kamu juga bisa mendapatkan pengalaman berharga saat mengobrol sekian menit dengan idolamu.

Baca Juga: KPopers Harus Tahu! Beda Konser, Fan Meeting, Showcase, dan Fansign

Ines Melia Photo Verified Writer Ines Melia

Dengan menulis saya 'bersuara'. Dengan menulis saya merasa bebas.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya