Comscore Tracker

5 Tips Memiliki Finansial Stabil untuk Kamu Si Fulltime Freelancer

Belajar cara atur uang dan pilih gaya hidup yang sesuai

Ketika dewasa kita bebas memilih jalan hidup sendiri, terutama jenis pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Baik itu pekerjaan tetap yang nominal gajinya jelas, atau pekerjaan freelance yang penghasilannya bisa naik turun.

Tapi yang namanya hidup tentu butuh penghasilan yang stabil agar hidup terjamin. Nah pertanyaannya, apakah bekerja freelance bisa mencapai finansial yang stabil seperti mereka yang punya pekerjaan tetap? Jawabannya bisa, dan lima poin di bawah ini adalah beberapa tips untuk bisa mencapai kestabilan finansial untuk fulltime freelancer

1. Pelajari banyak skill yang mendukung karier freelance-mu

5 Tips Memiliki Finansial Stabil untuk Kamu Si Fulltime Freelancerilustrasi pria di depan komputer (pexels.com/Anete Lusina)

Tipsnya yang pertama untuk memiliki finansial stabil ialah dengan mempelajari banyak skill. Yang mana jika kamu bekerja freelance maka skill yang kamu kuasai adalah kunci untuk mendapatkan uang.

Dan untuk mencapai penghasilan yang stabil diperlukan banyak skill agar kamu bisa ambil tawaran banyak job yang menjaga finansialmu. Sehingga saat satu job freelance sedang sepi, kamu bisa mengerjakan job lain dengan banyaknya skill yang kamu kuasai. 

2. Miliki sumber penghasilan lebih dari satu cabang

5 Tips Memiliki Finansial Stabil untuk Kamu Si Fulltime Freelancerilustrasi pegang uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Tips kedua untuk mencapai finansial yang stabil saat kerja fulltime freelance ialah dengan memiliki sumber penghasilan lebih dari satu cabang. Dengan kata lain pastikan sumber penghasilanmu gak hanya dari pekerjaan lepas saja.

Gak harus cabang penghasilan dari kerjaan freelance juga, tapi bisa berupa bisnis yang kamu bangun atau investasi yang mendatangkan pasif income. Jadi walaupun kerja freelance yang kamu tekuni itu gajinya bisa naik turun, finansialmu tetap stabil dengan adanya cabang penghasilan lain. 

Baca Juga: 5 Perbedaan Pekerjaan Full Time dan Freelance, Pilih yang Mana? 

3. Menerapkan gaya hidup sederhana dan minimalis

5 Tips Memiliki Finansial Stabil untuk Kamu Si Fulltime Freelancerilustrasi kerja santai (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tipsnya yang ketiga untuk memiliki finansial yang stabil untuk seorang freelancer ialah dengan menerapkan gaya hidup yang sesuai. Maksudnya yang sesuai di sini ialah tidak berlebih-lebihan hingga menghabiskan banyak uang.

Karena penghasilan yang bisa naik turun, seorang freelancer harus pintar mengatur pengeluarannya. Dan semua itu dimulai dari memilih gaya hidup yang diterapkan, disarankan untuk menetapkan gaya hidup sederhana dan minimalis saja. 

4. Bijak dalam mengatur uang

5 Tips Memiliki Finansial Stabil untuk Kamu Si Fulltime Freelancerilustrasi hitung uang (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Sebenarnya siapapun itu harus bisa mengatur keuangan dengan baik kalau mau hidupnya tertata, tapi dibandingkan seorang pekerja tetap yang gajinya stabil, justru seorang freelancer harus lebih bijak. Karena penghasilan yang tidak tetap bagi seorang freelancer itu bisa berantakan kalau hasil uangnya gak diatur dengan bijak.

Misalnya, tetapkan jumlah pengeluaran maksimal yang kiranya sanggup kamu cari tiap bulannya, sisihkan untuk dana darurat hingga dana untuk menyenangkan diri sendiri jika perlu. Pengaturan uang seperti ini bisa menjadi gambaran berapa nominal gaji yang harus kamu dapatkan agar semua kebutuhan terpenuhi. Dengan begitu finansialmu pun terjaga kestabilannya. 

5. Sisihkan sebagian penghasilan untuk investasi yang keuntungannya jangka panjang

5 Tips Memiliki Finansial Stabil untuk Kamu Si Fulltime Freelancerilustrasi kerja sama (pexels.com/Sora Shimazaki)

Tipsnya yang terakhir untuk memiliki finansial stabil saat kerja fulltime freelance ialah dengan menyisihkan sebagian penghasilan untuk investasi. Tapi khususkan untuk tipe investasi yang memberimu keuntungan jangka panjang.

Karena untuk finansial yang stabil kamu butuh pasif income, dan salah satu cara untuk mendapatkannya ialah dengan berinvestasi. Sedikit demi sedikit jadi bukit, mulailah investasi dengan nominal rendah dan tingkatkan seiring berjalannya waktu agar kamu tidak merasa bahwa itu beban.

Gak ada yang salah untuk kerja fulltime sebagai freelancer, karena finansial yang stabil tetap bisa diusahakan dengan lima tips tadi. Yang penting konsisten dan bijak dalam mengatur keuanganmu sendiri. 

Baca Juga: 5 Cara Memacu Produktivitas Bagi Freelancer, Kerja Kian Maksimal!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya