Comscore Tracker

5 Tips Menghindari Cinta Lokasi dengan Rekan Kerja, Harus Profesional!

Batasi kedekatan hanya untuk urusan pekerjaan saja

Dalam bekerja tentu kita harus bisa profesional, sekalipun harus bekerja sama dengan rekan kerja lawan jenis dalam mengerjakan suatu proyek. Akan tetapi, ketika banyak interaksi yang terjadi dan kerja sama yang solid antara satu sama lain, biasanya dapat menimbulkan perasaan lebih dan ketertarikan dalam hal romantis. 

Namun, kedekatan yang melebihi hubungan kerja punya banyak risiko. Mulai dari kerja sama yang berantakan, rumor, dan hal-hal lain yang mengganggu pekerjaan. Lalu bagaimana cara menghindarinya? Kalau kamu memang ingin menghindari cinta lokasi dengan rekan kerja, maka cobalah lima tips di bawah ini. 

1. Jaga kedekatan sebatas rekan kerja di kantor saja

5 Tips Menghindari Cinta Lokasi dengan Rekan Kerja, Harus Profesional!ilustrasi rekan kerja (pexels.com/Alena Darmel)

Tips pertama untuk menghindari cinta lokasi dengan rekan kerja ialah dengan menerapkan batasan yang jelas. Jaga kedekatan kalian sebatas rekan kerja di kantor yang hanya membicarakan masalah pekerjaan saja.

Dengan kata lain, kalau untuk urusan pribadi dan kehidupan di luar kantor maka sudah menjadi urusan masing-masing. Kalau kamunya menetapkan batasan seperti itu pasti rekan kerjamu mengerti dan menerapkan hal yang sama juga. 

2. Hindari keterlibatan urusan pribadi satu sama lain

5 Tips Menghindari Cinta Lokasi dengan Rekan Kerja, Harus Profesional!ilustrasi kerja (pexels.com/Yan Krukov)

Untuk menghindari cinta lokasi di kantor, hindari keterlibatan urusan pribadi satu sama lain. Sebisa mungkin, minimalkan kesempatan untuk curhat pada satu sama lain di tempat kerja ataupun di luar itu. 

Kamu perlu menjaga batasan untuk tidak ikut campur dan terlibat dalam urusan pribadi rekan kerja lawan jenismu. Sebaliknya, kamu juga perlu membatasi mereka untuk ikut campur dalam urusanmu. Dengan begitu, cinta lokasi dengan rekan kerja tidak akan terjadi. 

3. Bekerja secara profesional layaknya tim

5 Tips Menghindari Cinta Lokasi dengan Rekan Kerja, Harus Profesional!ilustrasi kerja sama (pexels.com/Fauxels)

Tips berikutnya adalah dengan menerapkan jalinan kerja sama secara profesional layaknya tim. Karena terjadi cinta lokasi dengan rekan kerja juga dipengaruhi oleh pandanganmu mengenai interaksi kalian selama bekerja. 

Kalau kamu menganggap dan menjaganya sebatas profesionalitas saja, maka cinta lokasi tidak akan pernah terjadi. Sebab di dalam pikiranmu sudah tertanam bahwa kamu hanya bersikap profesional. Hal itu akan berpengaruh pada sikapmu yang formal pada rekan kerja lawan jenis. 

4. Tegaskan batasan kalau dia mencoba mendekatimu secara pribadi

5 Tips Menghindari Cinta Lokasi dengan Rekan Kerja, Harus Profesional!ilustrasi bicara (pexels.com/Fauxels)

Jika kamu tidak ingin ada cinta lokasi dengan rekan kerjamu, maka kamu harus bersikap tegas jika ada yang ingin mendekatimu. Tegaskan pada rekanmu itu bahwa kamu hanya ingin sebatas hubungan kerja profesional saja. 

Yang namanya bekerja di tempat yang sama tentu kamu gak bisa benar-benar menjauhkan diri darinya, tapi paling tidak kamu telah memberinya penjelasan dan ketegasan.

5. Jaga hati untuk gak mudah baper dengan kebaikan rekan kerjamu

5 Tips Menghindari Cinta Lokasi dengan Rekan Kerja, Harus Profesional!ilustrasi bicara (pexels.com/iPrice Group)

Tips terakhir supaya gak terjadi cinta lokasi dengan rekan kerja ialah dengan menjaga hatimu sendiri agar gak gampang baper. Karena sejatinya kamu sendirilah yang bisa mengatur perasaan dan ketertarikanmu pada rekan kerja lawan jenismu di kantor. 

Jadi kalau misalnya rekan kerjamu baik, memberi berbagai macam bentuk perhatian, dan misalnya memiliki kecocokan denganmu maka kamu jangan kegeeran dulu. Jangan mudah luluh dan menyimpan rasa suka terhadapnya, karena itu bisa menjadi awal cinta lokasi di tempat kerja. 

Dari lima tips tadi dapat disimpulkan bahwa terjadi atau tidaknya cinta lokasi dengan rekan kerja tergantung bagaimana kamu menjaga profesionalitas dalam berinteraksi. Jadi, kendalikan perasaanmu dan jagalah hubungan dengan rekan kerja hanya sebatas profesionalitas saja, ya. 

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya