Comscore Tracker

5 Makna Luar Biasa di Balik Ungkapan ‘Time is Money’ 

Hargai waktu yang kamu miliki 

Ungkapaan ‘time is money tentunya sudah tidak asing terdengar di telinga kita. Bahkan, hampir semua kalangan dari orang tua sampai anak kecil kerap mengucapkan kalimat tersebut di berbagai kesempatan.

Sayangnya, banyak dari kita hanya sekadar mendengar atau mengucapkan saja tanpa tahu arti mendalam di baliknya. Nah, baca penjelasan di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut apa makna luar biasa di balik ungkapan sederhana ini, ya.

1. Waktu adalah hal yang sangat berharga 

5 Makna Luar Biasa di Balik Ungkapan ‘Time is Money’ Ilustrasi jam kecil (Unsplash.com/Lukas Blazek)

Uang dianggap menjadi salah satu aspek penting dalam hidup. Namun, di sisi lain kita kerap lupa jika terdapat aspek lain yang juga penting untuk menambah nilai hidup kita, yaitu waktu.

Jika ditelisik lebih lanjut, ada banyak hal yang jika hilang dapat diganti atau diperoleh kembali. Seperti barang-barang yang sifatnya materi, kekayaan, bahkan pengetahuan. Lalu bagaimana dengan waktu? Jika waktu hilang, maka akan hilang selamanya. Dengan begitu, waktu adalah sesuatu yang sangat berharga karena tidak bisa diputar ulang atau dikembalikan lagi.

2. Bukan hanya soal materi, tapi lebih dari itu 

5 Makna Luar Biasa di Balik Ungkapan ‘Time is Money’ Ilustrasi jam beker (Pexels.com/Anastasiya Vragova)

Time is money jika diterjemahkan artinya waktu adalah uang. Mendengar kalimat ini pasti kita berpikir ungkapan ini akan berbau soal materi. Tapi tidak hanya soal itu, ada banyak makna lebih di dalamnya yang mungkin tidak kita sadari.

Ungkapan ini tidak hanya mengajak kita menghargai waktu bekerja yang identik dengan  aktivitas mencari uang, namun juga aktivitas lain di seluruh aspek hidup kita. Mulai dari waktu makan, waktu istirahat, waktu belajar, hingga bagaimana menghargai waktu orang lain. Setiap detiknya waktu adalah sesuatu yang bernilai bukan hanya bagi diri sendiri tapi juga orang lain, lho.

Baca Juga: Sering Merasa Kehabisan Waktu? 5 Tanda Manajemen Waktumu Kurang Baik

3. Jika kamu menghargai waktu, maka waktu juga akan menghargaimu 

5 Makna Luar Biasa di Balik Ungkapan ‘Time is Money’ Ilustrasi melihat jam (Pexels.com/Energepic.com)

Pernah merasakan seolah-olah tersiksa oleh waktu? Hidup seakan terforsir oleh waktu yang tidak bisa dikendalikan? Sampai terkadang fisik dan mental sudah lelah dikejar waktu namun tidak menghasilkan arti apa-apa bagi diri kita.

Nah, jika kalian tidak ingin mengalami hal itu, maka mulailah hargai waktu. Manage waktu dengan baik sampai kalian mampu mengendalikan waktu dengan baik pula. Buatlah manajemen waktu tanpa melupakan hal mendasar seperti kesehatan, kebahagiaan, ataupun kedamaian hatimu juga. Jika kalian menghargai waktu, maka waktu juga akan menghargaimu.

4. Gunakanlah waktu sebaik mungkin, jangan disia-siakan 

5 Makna Luar Biasa di Balik Ungkapan ‘Time is Money’ Ilustrasi jam beker (Pexels.com/Koolshooters)

Membuang waktu sama saja dengan membuang uang, lho. Hal ini karena menyia-nyiakan waktu membuatmu kehilangan kesempatan untuk mendapatkan sesuatu yang berharga.

Coba bayangkan, ketika kamu hanya bersantai-santai saja, sedangkan orang lain memanfaatkan waktunya dengan baik. Tentunya mereka akhirnya mendapatkan sesuatu yang lebih dari kamu yang tidak mau memanfaatkannya dengan maksimal. Untuk itu, gunakanlah waktu sebaik mungkin, ya. Tak hanya untuk diri sendiri, kamu juga akan semakin memiliki kebermanfaatan bagi orang lain.

5. Makna luas untuk semua kalangan 

5 Makna Luar Biasa di Balik Ungkapan ‘Time is Money’ Ilustrasi sekelompok orang (Pexels.com/Fauxels)

Tak hanya bagi orang dewasa maupun pekerja, ungkapan time is money juga merambah ke semua kalangan. Bahkan bayi yang baru lahir pun juga sangat menghargai waktu minum susu, waktu tidur, dan waktu lainnya, bukan?

Nah, makna yang luas membuat ungkapan ini memiliki pengaruh kuat bagi banyak kelas kehidupan. Gunakan slogan ini untuk memotivasimu jadi versi yang lebih baik, ya.

Walaupun sederhana, jadikan ungkapan time is money sebagai penyemangatmu untuk lebih menghargai waktu yang ada. Manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya karena waktu yang telah terlewat tidak bisa dikembalikan lagi.

Baca Juga: 7 Tanda Manajemen Waktu Kamu Buruk, Sering Keteteran? 

Agata Melinda Kristi Photo Verified Writer Agata Melinda Kristi

Let's take and give positive energy only, setuju?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya