Comscore Tracker

Winston Utomo: Ini 4 Hal yang Harus Dimiliki oleh Setiap Orang

IPK tinggi dan universitas ternama bukan syarat gabung

Jakarta, IDN Times - Saat melakukan proses penerimaan SDM baru, setiap perusahaan tentu telah menetapkan serangkaian kualifikasi yang wajib dipenuhi oleh para kandidat. Ada perusahaan yang mementingkan almamater universitas kandidat, ada pula yang mementingkan IPK, dan ada pula yang lebih mementingkan pengalaman kerja. Namun, bagi Winston Utomo, CEO IDN Media, nilai-nilai (value) yang dimiliki seorang individu adalah hal paling penting yang harus dimiliki oleh para Timmy (sebutan untuk karyawan IDN Media).

Bagi Winston, “Kami tak melihat seseorang dari agama, ras, gender, edukasi, universitas, IPK, latar belakang, ataupun asal usul. Kami lebih mementingkan value yang dimiliki oleh kandidat tersebut, bagaimana mereka dapat bekerja dengan baik dalam sebuah tim, dan apakah mereka memiliki visi yang sama untuk membawa perubahan positif bagi orang lain dan sekitar.” Nah, kalau kamu tertarik untuk bergabung di IDN Media, pastikan kamu memiliki 4 hal ini ya!

Baca Juga: Kalahkan Harvard, Acceptance Rate IDN Media Hanya 0.05%

1. Memiliki sikap yang positif

Winston Utomo: Ini 4 Hal yang Harus Dimiliki oleh Setiap OrangDok. IDN Media/Herka Pangaribowo

Karakter pertama yang dicari oleh IDN Media dalam diri seorang kandidat adalah sikap yang positif. “Ia harus mampu mempertahankan sikap positif ketika segala sesuatunya tak berjalan sesuai dengan keinginannya. Timmy harus dapat memperlakukan orang lain dengan penuh hormat dan mampu berkomunikasi dengan tutur kata yang santun dan baik,” Winston menegaskan.

Bagi IDN Media, seseorang yang jujur, dapat dipercaya, dan memiliki integritas yang tinggi adalah sosok yang ideal untuk menjadi seorang Timmy. “Performance yang tidak diimbangi oleh integritas, kejujuran, dan semangat gotong royong tidak akan pernah menghasilkan karya yang baik,” Winston melanjutkan.

2. Disiplin dan etos kerja yang kuat

Winston Utomo: Ini 4 Hal yang Harus Dimiliki oleh Setiap OrangDok. IDN Media

Etos kerja adalah nilai terpenting kedua yang IDN Media cari dalam diri seorang kandidat. Menurut Winston, “Kami sangat percaya bahwa semakin rajin seseorang bekerja, semakin baik hasil yang akan didapatkan. Mengapa? Karena kerja keras tidak akan pernah mengkhianati usaha kita. Saya selalu mengungkapkan hal ini kepada Timmy: berilah 101% effort dalam setiap hal yang sedang kita perjuangkan, dalam pekerjaan, hubungan, keluarga, dan kehidupan pribadi. Always deliver more than expected.”

Ia melanjutkan, “Apa arti dari deliver more than expected dalam hal pekerjaan? Misalnya, seorang Timmy diberi deadline untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dalam lima hari. Namun, pada pengeksekusiannya, ia berhasil menyelesaikan pekerjaan tersebut hanya dalam kurun waktu tiga hari. Ini artinya ia mau mendisiplinkan diri sendiri untuk menyelesaikan suatu tugas secara lebih cepat dan baik―akhirnya, hasil yang didapat melampaui ekspektasi yang ada.”

3. Jiwa kepemimpinan yang baik

Winston Utomo: Ini 4 Hal yang Harus Dimiliki oleh Setiap OrangDok. IDN Media/Herka Pangaribowo

Kepemimpinan adalah nilai terpenting ketiga yang IDN Media cari dalam diri kandidat. Sejatinya, kepemimpinan tidak harus berkaitan dengan memimpin perusahaan, sekelompok orang, atau tim. “Ketika seseorang dapat memimpin dirinya sendiri dan dapat bertanggung jawab atas apa yang ia lakukan, kerjakan, dan putuskan, ia sudah berhasil menjadi seorang pemimpin yang baik. It’s about being responsible and accountable,” Winston menjelaskan.

Tak takut untuk mengakui kesalahan dan tak menyalahkan orang lain ketika ada suatu permasalahan juga menjadi ciri lain dari seorang pemimpin yang baik. “Pemimpin yang baik itu sabar dan selalu solution-oriented. Ia juga memiliki integritas yang tinggi. Artinya, ia akan tetap melakukan hal-hal baik, meskipun tak ada seorang pun yang melihat. Ingat, integritas adalah kunci bagi seorang pemimpin,” tegas Winston.

4. Semangat untuk dunia yang lebih baik

Winston Utomo: Ini 4 Hal yang Harus Dimiliki oleh Setiap OrangDok. IDN Media/Herka Pangaribowo

Nilai terakhir yang IDN Media lihat dari seorang kandidat adalah semangat yang mereka miliki. IDN Media percaya bahwa tidak ada hal hebat yang bisa dicapai tanpa passion. "IDN Media sendiri dibangun oleh orang-orang yang memiliki passion dan mimpi untuk memberikan dampak positif melalui demokratisasi informasi untuk seluruh masyarakat Indonesia, mulai dari Aceh sampai Papua. Dengan semangat yang besar, kemauan kuat untuk belajar, sikap rendah hati, kerja keras, dan doa kepada Tuhan YME, apapun yang kita impikan pasti akan tercapai,” Winston menegaskan.

“Ada orang yang bertanya, bisakah passion itu dibangun? Jawabannya, 100% bisa. Selama kita mau disiplin untuk mengerahkan waktu, upaya, dan fokus pada apa yang kita lakukan, passion tersebut dapat terbentuk dengan sendirinya. Dengan disiplin, konsistensi, dan kerendahan hati, passion itu akan lahir dan muncul di dalam diri kita. Intinya, tidak ada jalan pintas menuju kesuksesan,” ucap Winston.

Topic:

  • Amelia Rosary

Berita Terkini Lainnya