Tingkatkan Kinerja Timmy, Ini Cara yang Dilakukan IDN Media

Feedback pekerjaan penting untuk pengembangan karier

Jakarta, IDN Times - Mendapatkan feedback yang membangun terkait kinerja karyawan merupakan salah satu hal substansial yang harus diperhatikan agar proses pengembangan karier karyawan dapat terjamin. IDN Media sendiri mengaplikasikannya dengan melakukan performance review dan komunikasi 1:1. Kedua hal ini tak hanya dapat dilakukan antara atasan dan bawahan saja, namun juga bisa dilakukan dengan rekan satu tim atau rekan dari tim lain.

Desy Ratnasari, Head of People Operations IDN Media, menyatakan, “Itulah mengapa budaya kerja yang ramah secara emosional harus ditanamkan. Dengan kedekatan yang telah terbangun, ditambah dengan adanya performance review dan sesi 1:1, komunikasi personal antara satu Timmy (sebutan untuk karyawan IDN Media) dengan yang lain pun dapat terjalin dengan lebih nyaman, jujur, apa adanya, tak peduli apapun kedudukannya di perusahaan.”

1. Sesi 1:1 untuk bicara dari hati ke hati

Tingkatkan Kinerja Timmy, Ini Cara yang Dilakukan IDN MediaSumber Gambar: huffingtonpost.com

Meeting 1:1 merupakan suatu konsep meeting yang bersifat lebih privat karena dilaksanakan secara 4 mata dengan atasan, rekan satu tim, maupun rekan dari tim lain. Bagi sebagian orang, meeting jenis ini memang lebih menegangkan, namun untuk mereka yang telah merasa dekat dengan lawan bicara mereka, meeting ini malah dinilai menyenangkan. “Sesi 1:1 adalah sesi yang mengizinkan Timmy untuk mengungkapkan feedback atau semua tantangan yang mereka hadapi selama beberapa waktu tertentu,” kata Desy. 

Lebih detail lagi, ketika harus melakukan 1:1 dengan atasan, Timmy dapat memanfaatkan sesi 1:1 tersebut untuk mendapat umpan balik langsung dari atasan.Umpan balik tersebut dapat berupa koreksi atau saran yang membangun. “Sesi 1:1 menjadi wadah bagi para Timmy untuk mendapat koreksi, saran, dan bantuan dari manajer agar semua tetap on track. Semua harus disampaikan dengan cara yang suportif dan baik, tapi harus diingat juga bahwa apapun yang disampaikan oleh atasan, kita harus dapat menerimanya dengan besar hati,” ungkap Desy.

2. Performance review per kuartal

Tingkatkan Kinerja Timmy, Ini Cara yang Dilakukan IDN Mediagoogle

Performance review yang dilakukan per kuartal ternyata dapat menguntungkan karyawan, manajer, sekaligus perusahaan, lho. Selain itu, quarterly performance review pun memungkinkan manajer untuk dapat mengatasi tantangan yang dihadapi oleh para anggotanya secara lebih cepat. Mengamini hal tersebut, Desy menegaskan, “Review per kuartal sangat penting karena pengawasan dapat dilakukan secara lebih teratur, sehingga kendala-kendala yang dihadapi oleh Timmy bisa diatasi secara lebih cepat dan efektif.”

3. Ada pula performance review yang dilaksanakan tiap akhir tahun

Tingkatkan Kinerja Timmy, Ini Cara yang Dilakukan IDN Mediahttps://unsplash.com/photos/QckxruozjRg

IDN Media juga mengadakan review pada tiap akhir tahun. “Kami menyebutnya 360 competency review, sebuah metode yang mendokumentasikan dan mengevaluasi kinerja Timmy selama setahun penuh. Evaluasi itu dilaksanakan oleh rekan satu tim, rekan dari tim lain, atasan, bawahan, dan dirinya sendiri. Persentase skor akan disesuaikan. Maksudnya, bobot skor dari atasan tentu tak akan sama dengan bobot skor dari diri kita sendiri, jadi input yang didapat pun akan sangat robust, kuat,” Desy menerangkan dengan mantap.

4. Selaraskan skema preferensi individu dan kebijakan perusahaan

Tingkatkan Kinerja Timmy, Ini Cara yang Dilakukan IDN Mediashutterstock

Dengan diadakannya komunikasi 2 arah melalui 1:1 dan performance review per kuartal dan per tahun, IDN Media berkomitmen untuk terus mendengarkan input dari Timmy. “Perusahaan juga menerapkan beberapa kebijakan internal yang menguntungkan Timmy, seperti promosi dan rotasi posisi (internal recruitment). Hal ini tentu menumbuhkan mindset bahwa IDN Media juga berupaya untuk memfasilitasi mereka agar dapat terus berkembang ke depannya. Lebih jauh lagi, manajemen juga dapat menyelaraskan skema preferensi individu dengan pengaturan kebijakan perusahan,” ucap Desy menutup sesi wawancara.

Topik:

  • Amelia Rosary

Berita Terkini Lainnya