Comscore Tracker

5 Keunggulan Fresh Graduate yang Dilirik HRD, Bukan Pengalaman!

Gak usah minder ngelamar kerja

Apakah kamu baru lulus? Nah, tiba saatnya untuk mencari pekerjaan. Dibalik sulitnya mencari kerja, sering kali ada rasa minder karena belum punya pengalaman.

Dilansir Entrepreneur, tiga dari lima fresh graduate percaya bahwa perusahaan tidak tertarik merekrut mereka dengan alasan kurang pengalaman. Ternyata anggapan tersebut adalah salah. Nyatanya pengalaman bukan satu-satunya indikator seseorang diterima bekerja. Ada banyak poin penting lainnya bagi fresh graduate yang dilirik HRD.

1. Mau diajak belajar dan bersemangat tinggi

5 Keunggulan Fresh Graduate yang Dilirik HRD, Bukan Pengalaman!ilustrasi mau belajar(pexels.com/id-id/@anthonyshkraba)

Dunia kerja tentu berbeda dengan saat kuliah. Dalam dunia kerja akan ditemui hal baru seperti, lingkungan kerja, team work, hingga penerapan teori dalam pekerjaan. Semua itu membuat kamu harus belajar kembali mengenai materi pekerjaan yang selama ini belum kamu ketahui.

Fresh graduate yang mau belajar tentu sangat diapresiasi oleh perusahaan. Banyak karyawan yang berpengalaman merasa sudah cukup ilmu. Bahkan terkadang mereka tidak mau diajak belajar dan tidak bersemangat seperti rekannya yang baru.

2. Menurut dan mau mendengarkan

5 Keunggulan Fresh Graduate yang Dilirik HRD, Bukan Pengalaman!ilustrasi menurut (pexels.com/id-id/mikhail-nilov)

Perusahaan tentu senang bila karyawannya menurut dan mau mendengarkan apa yang diperintahkan. Nah, ini adalah keunggulan yang dimiliki oleh fresh graduate.

Dalam menjalankan pekerjaan, ada berbagai masukan yang harus diperhatikan agar sesuai dengan misi dan visi perusahaan. Pada umumnya fresh graduate akan patuh mendengarkan masukan tersebut.

Baca Juga: Fresh Graduate Mau Cepat Kerja? Jajal 6 Tips Ini, yuk!

3. Ambisi yang tinggi

5 Keunggulan Fresh Graduate yang Dilirik HRD, Bukan Pengalaman!ilustrasi ambisi(pexels.com/id-id/tima-miroshnichenko)

Keunggulan lainnya dari fresh graduate adalah ambisi yang tinggi. Banyak yang beranggapan jika ambisi adalah hal yang negatif. Nyatanya tidak selalu begitu, lho. Ambisi menggambarkan bahwa kamu memiliki kemauan yang keras untuk maju.

Kamu akan berusaha untuk mencapai beberapa goal yang telah ditetapkan. Dan sebagai karyawan baru, kamu pasti akan bekerja keras dan membuat kesan yang baik pada perusahaan.

Dilansir HR in Asia, kebanyakan fresh graduate akan mengambil kesempatan di mana dapat menaikkan jabatan dan sangat berterima kasih atas kesempatan yang diberikan tersebut. Hal ini adalah ambisi yang positif dari seorang fresh graduate, dan perusahaan pun sangat menyukainya

4. Selalu up-to-date

5 Keunggulan Fresh Graduate yang Dilirik HRD, Bukan Pengalaman!ilustrasi selalu up to date(pexels.com/id-id/ivan-samkov)

Banyak yang mengatakan jika anak muda lebih up-to-date dibanding generasi sebelumnya. Hal ini juga berlaku pada sebuah perusahaan. Supaya dapat berkembang dan maju, perusahaan memerlukan karyawan yang selalu up-to-date sesuai kemajuan zaman, dan semua itu ada pada fresh graduate.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut banyak perusahaan yang menerima fresh graduate karena dinilai dapat memberikan dampak positif, memunculkan ide-ide menarik yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Semua perusahaan perlu mengikuti tren pasar sesuai dengan zamannya, bukan?

5. Pekerja keras

5 Keunggulan Fresh Graduate yang Dilirik HRD, Bukan Pengalaman!ilustrasi pekerja keras(pexels.com/id-id/kampus)

Keunggulan terakhir dari fresh graduate adalah memiliki karateristik yang pekerja keras. Diterima bekerja dan mendapatkan pekerjaan baru, seorang fresh graduate akan termotivasi menunjukkan keahliannya pada perusahaan.

Dilansir WiseStep, seorang fresh graduate cenderung lebih bekerja keras dibanding pekerja lama. Hal ini menjadi nilai plus yang dicari oleh perusahaan. Maka selalu berikan yang terbaik dalam melakukan pekerjaan, ya.

Jadi pengalaman bukan satu-satunya untuk di terima bekerja, ya. Setelah mengetahui poin-poin keunggulan dari fresh graduate yang dilirik HRD di atas, kamu juga harus menyiapkan dokumen lamaran kerja dengan matang agar dapat diterima. Yuk, jangan minder dalam mencari kerja. Ayo, semangat!

Baca Juga: 10 Tugas Management Trainee, Fresh Graduate Wajib Tahu

A  Nitha Nahfiah Photo Verified Writer A Nitha Nahfiah

ibu rumah tangga, dengan tiga putri, sarjana teknik sipil, berkarya dan memberi manfaat untuk banyak orang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya