Comscore Tracker

5 Keterampilan yang Wajib Dikuasai untuk Capai Karier Gemilang

Persaingan karier semakin ketat di masa depan

Kamu pasti sudah mendengar berulang kali tentang soft skill? Pada dasarnya, soft skill adalah keterampilan yang perlu kita kuasai untuk bisa bertahan hidup, salah satunya adalah untuk bisa bertahan dalam pekerjaan di masa depan.

Persaingan kerja di masa depan bisa jadi lebih ketat dari waktu ke waktu. Dalam hal ini, tentu saja para atasan akan memilih untuk mempertahankan karyawan atau mempromosikan karyawan yang memiliki keterampilan lebih kuat.

Ada banyak sekali keterampilan yang bisa membantu urusan sehari-hari kita semua. Namun, di bawah ini akan dijelaskan beberapa keterampilan yang secara khusus harus kamu kuasai untuk membantu kamu bertahan di pekerjaanmu di masa depan.

1. Melek teknologi

5 Keterampilan yang Wajib Dikuasai untuk Capai Karier Gemilangilustrasi bekerja dengan laptop (pexels.com/Christina Morillo)

Semakin lama, semakin banyak lowongan pekerjaan yang mensyaratkan pelamar memiliki keterampilan digital. Bahkan, semakin banyak pekerjaan yang mencari individu dengan keahlian digital khusus untuk membantu bisnis menjadi lebih selaras dengan berbagai teknologi dan platform saat ini.

Pengetahuan kerja yang solid tentang literasi data, pemrograman komputer, data besar, Cloud, kecerdasan buatan, blockchain, dan lainnya, akan membantu meningkatkan profilmu. Jadi, jangan malas untuk terus meng-upgrade pengetahuanmu dalam bidang teknologi.

2. Merangkul perubahan

5 Keterampilan yang Wajib Dikuasai untuk Capai Karier Gemilangilustrasi bekerja dengan laptop (pexels.com/Oleg Magni)

Ada banyak perubahan yang terjadi dalam pekerjaan dan semuanya berlangsung cepat. Karena alasan ini, setiap orang harus gesit dan mampu merangkul dan merayakan perubahan.

Kita harus terbiasa beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan perubahan tempat kerja, harapan, dan keahlian. Jadi, untuk bisa bertahan dalam karier di masa depan, kamu harus melihat perubahan bukan sebagai beban, tetapi sebagai kesempatan untuk tumbuh dan berinovasi.

Baca Juga: 5 Pertimbangan Karier Saat Sudah Memiliki Anak, Mana yang Dipilih?

3. Pengambilan keputusan

5 Keterampilan yang Wajib Dikuasai untuk Capai Karier Gemilangilustrasi kerja tim (pexels.com/fauxels)

Pengambilan keputusan dalam hal karier bisa menjadi lebih rumit di masa depan. Pada dasarnya, kita perlu membuat keputusan dengan mengenali dampak yang lebih luas dari keputusan tersebut, baik bagi area bisnis, personel, dan efek lainnya pada area lain.

Memang, komputer dapat memproses informasi dan memberikan wawasan yang tidak mungkin dikumpulkan oleh manusia, tetapi moral yang dimiliki manusia tetap dibutuhkan dalam mengambil keputusan. Karena teknologi menghilangkan banyak tugas kasar dan duniawi, pada akhirnya manusia harus mengambil keputusan dengan tingkat yang lebih tinggi.

4. Berpikir kritis

5 Keterampilan yang Wajib Dikuasai untuk Capai Karier Gemilangilustrasi seseorang sedang berpikir (pexels.com/Athena)

Individu yang memiliki keterampilan berpikir kritis dapat memberikan solusi dan ide inovatif, memecahkan masalah kompleks menggunakan logika, dan mengevaluasi kritikan. Untuk menjadi individu yang bisa berpikir kritis, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menganalisis aliran informasi dari berbagai sumber.

Jika kamu sudah terbiasa mengamati setiap situasi, nantinya kamu akan dapat mengandalkan penalaran logis daripada emosi, mempertimbangkan pro kontra setiap pilihan, dan mampu berpikiran terbuka untuk mendapatkan solusi terbaik. Orang-orang dengan pemikiran yang kritis akan selalu dibutuhkan dalam pekerjaan apa pun untuk menavigasi pembagian kerja.

5. Kepemimpinan

5 Keterampilan yang Wajib Dikuasai untuk Capai Karier Gemilangilustrasi memimpin rapat kerja (pexels.com/fauxels)

Bukan hanya manajer atau supervisor yang harus memiliki keterampilan kepemimpinan. Apa pun posisimu saat ini, kamu wajib menunjukkan kepemimpinan yang baik.

Keterampilan kepemimpinan yang baik bukan hanya soal mengawasi atau mengelola orang lain. Ini lebih kepada mengomunikasikan strategi dan visi yang kamu miliki sambil terus mendorong orang lain dan menerima umpan balik dari rekan kerja dan atasan.

Sekarang, sudah waktunya bagi kita semua untuk meningkatkan keterampilan yang akan membuat kita menjadi aset yang berharga di tempat kerja masa depan. Jadi, keterampilan apa yang rencananya akan kamu kuasai pertama kali?

Baca Juga: 5 Zodiak dengan Karier Bermasalah September 2021, Duh!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya