Comscore Tracker

5 Tips agar Senantiasa Belajar walaupun Sibuk Kerja

Dengan belajar, pekerjaanmu akan semakin lancar

Bekerja adalah aktivitas yang bisa membuat seseorang senang menjalaninya, tapi juga ada yang membuat seseorang menjadi tertekan. Sering kali, banyak orang yang merasa terjebak sibuk kerja setiap harinya. Selesai tugas yang satu, langsung muncul lagi tugas yang baru.

Bersyukurlah ketika kamu masih memiliki kesibukan dalam bekerja, karena di luar sana, masih banyak orang yang sibuk dalam mencari kerja. Paling tidak, kamu masih bisa menghasilkan pendapatan untuk mencukupi kebutuhan. Namun, jangan mengabaikan kegiatan belajar juga, karena salah satu cara untuk bisa meningkatkan kemampuanmu yaitu dengan terus belajar.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya, agar bisa tetap belajar di tengah kesibukan? Berikut ada beberapa tips untukmu yang selalu merasa terjebak dalam kesibukan bekerja.

1. Hentikan kebiasaan menunda 

5 Tips agar Senantiasa Belajar walaupun Sibuk Kerjailustrasi orang menunda pekerjaan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketika kamu sedang sibuk dalam mengerjakan tugas-tugas pekerjaan, hingga gak ada waktu lagi untuk meningkatkan kualitas diri dengan belajar. Maka, satu hal yang perlu kamu ubah mulai dari sekarang yaitu, ubah kebiasaanmu yang kerap menunda sesuatu. Hentikan kebiasaan menunda pekerjaan, ketika kamu bisa melakukannya sekarang, maka segeralah ambil tindakan.

Menunda pekerjaan, meski tergolong pekerjaan yang ringan, maka jika terus kamu lakukan, sudah pasti nantinya akan semakin menumpuk, hingga kamu merasakan beban yang berat. Segera kerjakan dan selesaikan secara tuntas pekerjaanmu, setelah itu ambil waktu beristirahat sejenak. Kemudian, jadwalkan waktu untuk belajar hal baru setelahnya.

2. Hindari mengatakan kepada diri sendiri bahwa kamu sangat sibuk bekerja 

5 Tips agar Senantiasa Belajar walaupun Sibuk Kerjailustrasi orang sedang bekerja (pexels.com/Keira Burton)

Memiliki kesibukan bekerja itu baik, tapi agar kesibukanmu lebih ideal lagi dan gak menghabiskan waktumu, maka aturlah emosi diri dengan sebaik mungkin. Selain mengatur pola kerja, kamu juga perlu mengatur dan mengendalikan dirimu. Ingatlah selalu, jangan pernah berkata kepada diri sendiri bahwa kamu saat ini sedang sangat sibuk bekerja saja.

Jika itu kamu katakan, maka waktumu nantinya memang akan benar-benar habis dan tersita hanya untuk bekerja saja. Padahal proses belajar itu harus tetap berjalan, sehingga kemampuanmu dalam bekerja juga bisa semakin meningkat. Maka, berkatalah yang baik dan positif agar kedua kegiatan tersebut yaitu, belajar dan bekerja bisa tetap berjalan beriringan dengan seimbang.

3. Mendengarkan podcast atau siaran lainnya saat kamu sedang dalam perjalanan 

5 Tips agar Senantiasa Belajar walaupun Sibuk Kerjailustrasi orang sedang dalam perjalanan (pexels.com/Hassan OUAJBIR)

Kesibukan bekerja yang padat, bukan berarti gak ada kesempatan untuk tetap belajar. Untuk menyiasatinya, kamu juga bisa sambil mendengarkan podcast, saat sedang melakukan perjalanan. Misalnya, saat akan berangkat ke kantor atau pulang perjalanan dari kantor, dan lainnya.

Manfaatkan waktu-waktu tersebut dengan sebaik mungkin untukmu belajar dan mendapatkan informasi terbaru. Cara ini akan mendorongmu agar tetap produktif dalam keseharian. Selain itu, waktu bekerjamu gak akan terganggu dan kamu pun masih bisa belajar untuk meningkatkan keterampilan dan wawasan.

Baca Juga: Tetap Semangat, Ini 5 Tips Memelihara Semangat Cari Kerja

4. Membaca buku saat istirahat makan siang 

5 Tips agar Senantiasa Belajar walaupun Sibuk Kerjailustrasi membaca (pexels.com/Armin Rimoldi)

Dalam keseharianmu saat bekerja, pasti akan ada waktunya untuk beristirahat, bukan? Nah, gunakan waktu beristirahatmu untuk belajar dan menambah ilmu. Saat sedang makan siang, kamu juga bisa sambil membaca buku, artikel, berita atau informasi yang lainnya. Namun, ingatlah untuk memilih bahan bacaan yang tergolong ringan, ya.

Hal tersebut supaya pikiranmu gak terlalu terbebani. Kegiatan belajar dengan membaca ini, selain akan membantumu dalam melepaskan rasa jenuh dan stres saat bekerja, ternyata juga bisa digunakan sebagai sarana untuk belajar, kan? Tetaplah produktif dan jangan pernah berhenti belajar, karena alasan terlalu sibuk dalam pekerjaan.

5. Berikan yang terbaik untuk masa depanmu 

5 Tips agar Senantiasa Belajar walaupun Sibuk Kerjailustrasi orang sukses (pexels.com/sumit kapoor)

Berikanlah yang terbaik untuk masa depanmu, dengan cara tetap meluangkan waktu untuk belajar menambah wawasan dan meningkatkan kemampuan. Setiap manusia, memiliki jumlah waktu yang sama dalam sehari yaitu 24 jam. Gak ada yang bisa melebihkan atau mengurangkan. Maka, kamu harus melakukan sesuatu yang bernilai dalam hidupmu, agar masa depan yang cemerlang bisa kamu dapatkan.

Memiliki kesibukan dalam bekerja itu bukan hal yang salah. Paling enggak ada hal-hal yang bisa kamu kerjakan dan menghasilkan. Ini tentunya lebih baik bagi hidupmu, daripada kamu gak ada kegiatan atau pekerjaan yang bermutu setiap harinya.

Namun, jangan jadikan alasan kesibukan bekerja untukmu berhenti belajar. Selalu ada cara untuk mengatasinya. Kelima tips di atas juga bisa kamu lakukan, supaya kamu gak terjebak dalam kesibukan bekerja yang padat, hingga gak lagi memiliki waktu untuk belajar.

Selama kehidupan berjalan, proses belajar jangan kamu abaikan, karena dari kegiatan belajar, segala pekerjaan dan aktivitas lainnya, itu bisa semakin lancar. Dengan terus belajar, maka kamu akan mendapatkan banyak ilmu yang bisa digunakan untuk menunjang pekerjaan.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Malas Belajar, Auto Rajin dan Semangat!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya