Comscore Tracker

7 Usaha yang Cocok untuk Pensiunan agar Tetap Produktif

Umur bukanlah penghalang untuk terus berkarya

Menjelang masa-masa pensiun merupakan masa dimana sudah saatnya mempersiapkan langkah selanjutnya yang harus dilakukan dalam hidup. Usia pensiun biasanya adalah di sekitar 60 tahun. Ada beberapa orang yang bahkan di bawah 60 tahun sudah mulai pensiun, tergantung kebijakan dari tempat mereka bekerja.  

Memang benar ada anggapan jika di hari tua itu saatnya berkumpul dan bersantai menikmati masa tua bersama keluarga. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika di hari tua masih terus berkarya untuk mencegah kepikunan dan kejenuhan.

Berikut ini 7 jenis usaha yang dapat dilakukan di masa pensiun Anda agar bisa tetap produktif. Yuk, simak ulasannya berikut ini!                      

1. Usaha agrobisnis

7 Usaha yang Cocok untuk Pensiunan agar Tetap Produktifilustrasi pertanian (pexels.com)

Bagi Anda yang hobi bercocok tanam, jenis usaha ini sangat cocok untuk Anda. Apalagi kalau Anda memiliki lahan kosong.

Lahan tersebut bisa anda pakai untuk menanam tanaman yang disukai, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, atau kebutuhan pangan lainnya. Jika tidak memiliki lahan yang cukup besar, Anda bisa menyewa lahan dari orang lain dan memulai bisnis ini.

2. Usaha peternakan

7 Usaha yang Cocok untuk Pensiunan agar Tetap Produktifilustrasi peternakan ayam (pexels.com)

Selain usaha di bidang agrobisnis, bidang peternakan juga sangatlah cocok bagi pemilik lahan yang cukup luas. Anda bisa beternak ayam, kambing, burung atau ikan.

Anda juga bisa mempekerjakan karyawan jika peternakan ini sudah mulai besar. Untuk bisa sukses, usaha ini butuh kesabaran dan keuletan dari Anda dan karyawan. Jika sudah bisa berjalan dengan baik, usaha yang satu ini tentu sangat menjanjikan.

3. Usaha properti atau kos-kosan

7 Usaha yang Cocok untuk Pensiunan agar Tetap Produktifilustrasi tempat disewakan (commonwealthmagazine.org)

Usaha kos-kosan menjadi usaha yang memang sudah dilakukan oleh banyak pensiunan. Jika kebetulan Anda memiliki modal yang cukup besar, Anda bisa membangun rumah kos di daerah yang dekat dengan universitas atau perkantoran.

Dengan begitu besar kemungkinan bahwa usaha kos-kosan Anda akan ramai peminatnya. Selain kos-kosan, Anda juga bisa membeli rumah, apartemen, atau ruko (rumah toko) untuk kemudian menyewakannya dengan harga yang sesuai.

4. Usaha waralaba

7 Usaha yang Cocok untuk Pensiunan agar Tetap Produktifilustrasi jabat tangan (pexels.com/cytonnphotography)

Pilihan usaha yang satu ini bikin Anda tidak perlu repot-repot memikirkan ide dan cara menjalankan bisnisnya. Cukup siapkan karyawan dan ikut pelatihan dengan pemilik waralaba. Anda hanya perlu mengontrol bisnis ini agar terus menguntungkan. Eits, tapi untuk memulai bisnis yang satu ini, biasanya perlu menyiapkan modal yang cukup besar, ya!

Baca Juga: 9 Cara Memulai Bisnis Makanan, Prospeknya Jangka Panjang!

5. Usaha laundry kiloan

7 Usaha yang Cocok untuk Pensiunan agar Tetap Produktifilustrasi orang tua di laundry (masterfile.com)

Masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan pasti sibuk dan sudah tidak sempat untuk mencuci pakaian. Ini saatnya Anda melihat peluang itu dan membuka bisnis laundry kiloan.

Dengan bermodal mesin cuci, mesin pengering, setrika dan yang lainnya, Anda sudah bisa membuka bisnis ini. Pekerjakan 2-3 karyawan dan Anda bisa mulai mengontrol bisnis ini.

6. Usaha cuci mobil atau motor

7 Usaha yang Cocok untuk Pensiunan agar Tetap Produktifilustrasi cuci mobil (netherlandsnewslive.com)

Jika Anda memiliki lahan kosong yang cukup luas dan bingung ingin dijadikan usaha apa, usaha cuci mobil atau motor bisa menjadi pilihan yang tepat.

Anda bisa memilih mencuci dengan manual atau menggunakan mesin yang lebih modern. Selain jasa cuci, Anda bisa menjual juga macam-macam pewangi mobil atau perlengkapan mobil dan motor sebagai produk yang berpotensi meningkatkan pendapatan.

7. Usaha jasa pengiriman barang

7 Usaha yang Cocok untuk Pensiunan agar Tetap Produktifilustrasi jasa pengiriman barang (radial.com)

Jasa pengiriman barang atau ekspedisi menjadi pilihan yang tepat untuk lini bisnis di masa pensiun. Dengan meningkatnya bisnis digital yang semakin pesat, otomatis jasa pengiriman pun semakin dibutuhkan.

Di usia yang tidak lagi muda bukanlah menjadi penghalang untuk terus berkarya dan melakukan hal-hal bermanfaat. Semoga menjadi inspirasi untuk menikmati hari-hari pensiun Anda, ya!

Baca Juga: Tips Mengelola Keuangan agar Siap Pensiun di Usia Muda 

Gevani Soetadi Photo Writer Gevani Soetadi

Go with your passion :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya