Comscore Tracker

Hati-hati, 5 Kebiasaan Buruk Ini Sering Kita Lakukan Tanpa Disadari

Bisa bikin hidupmu makin sulit ke depannya

Dalam menjalani hidup, kita perlu mengupayakan untuk melakukan kebiasaan yang baik. Di sisi lain, kita perlu mengupayakan agar tidak melakukan kebiasan-kebiasaan yang buruk.

Kebiasaan buruk dapat membuat hidupmu menjadi sulit, lho. Memiliki kebiasaan buruk dapat mengganggu perjalanan hidupmu ke depannya. Sayangnya, seringkali kita tidak sadar sedang melakukan kebiasan buruk. Hal ini makin diperparah karena kita mewajarkan hal tersebut. Oleh karena itu, yuk disimak beberapa kebiasaan buruk yang tanpa disadari sering dilakukan .

1. Menunda-nunda atau prokrastinasi

Hati-hati, 5 Kebiasaan Buruk Ini Sering Kita Lakukan Tanpa Disadariilustrasi menunda-nunda atau prokrastinasi (unsplash.com/Nubelson Fernandes)

Siapa di sini sering menunda untuk melakukan sesuatu? Kebiasaan menunda-nunda ini disebut juga dengan prokrastinasi. Prokrastinasi seringkali dilakukan karena kita merasa masih punya banyak waktu.

Padahal, prokrastinasi termasuk kebiasaan buruk dan dapat berdampak negatif pada hidup kita, lho. Tugas atau pekerjaan yang kita tunda bisa makin menumpuk. Alhasil, kita akan menjadi kewalahan dan merasa cemas saat mendekati deadline yang ada.

Untuk mengatasi prokrastinasi, kamu dapat membuat to-do list dari tugas atau pekerjaan kamu. Selanjutnya, kamu bisa mencicil untuk menyelesaikan tugas tersebut. Jadi, katakan tidak pada menunda-nunda.

2. Enggan meminta tolong

Hati-hati, 5 Kebiasaan Buruk Ini Sering Kita Lakukan Tanpa Disadariilustrasi meminta tolong (unsplash.com/Hanna Morris)

Bagi beberapa orang, meminta tolong kepada orang lain merupakan sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Rasa gengsi, takut merepotkan orang lain, atau merasa bisa sendiri merupakan beberapa alasan di balik hal tersebut.

Padahal, sebagai makhluk sosial, tak apa jika kita membutuhkan bantuan orang lain, lho. Yuk, biasakan untuk meminta tolong jika kamu merasa tidak mampu untuk melakukannya sendiri.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Toxic yang Sering Diwajarkan, Padahal Buruk

3. Lupa beristirahat

Hati-hati, 5 Kebiasaan Buruk Ini Sering Kita Lakukan Tanpa Disadariilustrasi lupa beristirahat karena kerja (pixabay.com/Ben_Kerckx)

Di dunia yang serba cepat ini, kita dituntut untuk mengerjakan sesuatu secara cepat dan tepat. Seringkali kita terlalu bekerja keras dan lupa waktu sehingga menjadi lupa beristirahat.

Bekerja terlalu keras sampai mengorbankan istirahat dapat berdampak negatif ke depannya. Hal tersebut dapat mengganggu kesehatanmu dan nantinya dapat berdampak pada kehidupanmu, lho. Walaupun ada target-target yang harus kamu kejar, jangan lupa beristirahat. Beristirahat dapat membuatmu semakin siap dalam mencapai target dengan baik.

4. Membandingkan diri dengan orang lain

Hati-hati, 5 Kebiasaan Buruk Ini Sering Kita Lakukan Tanpa Disadariilustrasi stres karena membandingkan diri dengan orang lain (unsplash.com/Usman Yousaf)

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh manusia ialah membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Membandingkan diri dengan orang lain memang bukan sesuatu yang salah, tetapi hal ini dapat berdampak buruk jika berlebihan.

Rasa tidak puas terhadap diri sendiri, kepercayaan diri yang menurun, hingga menyalahkan diri sendiri bisa muncul akibat kebiasaan ini. Oleh karena itu, berhenti terus-terusan membandingkan diri dengan orang lain. Setiap orang memiliki kelebihan dan pencapaiannya masing-masing.

5. Selalu mengatakan “Iya” kepada orang lain

Hati-hati, 5 Kebiasaan Buruk Ini Sering Kita Lakukan Tanpa Disadariilustrasi mengatakan iya (unsplash.com/Drahomír Posteby-Mach)

Kita seringkali merasa tidak enak untuk menolak apa yang ditawarkan orang lain. Selain itu, kita berusaha untuk menyenangkan dan takut untuk menolak orang lain. Padahal, diri kita sebenarnya tidak ingin menerima penawaran atau mengerjakan hal tersebut. Akhirnya, kita selalu berkata “Ya” terhadap setiap penawaran.

Kebiasaan ini terdengar bagus, tetapi jika terus dilakukan, dapat membebani dirimu sendiri, lho. Sebaiknya, mulai belajarlah untuk berani berkata “tidak” dan mengutamakan kepentingan kamu. Menolak permintaan atau penawaran orang lain bukan hal yang salah kok.

Jika kamu punya kebiasan-kebiasaan buruk tersebut, belajarlah untuk menghilangkannya. Hal ini agar kamu dapat menjalani hidupmu dengan lebih baik.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk Pria yang Memicu Rambut Ketombean, Perhatikan!

Gilang Rama W. Photo Verified Writer Gilang Rama W.

A Long-life Learner_Tertarik dengan sepak bola, hiburan, sains, serta isu sosial dan lingkungan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya