Comscore Tracker

Pekerjaan Gak Direstui Orang Tua? Ini Tips Mengatasinya

Jangan mudah menyerah, baca tipsnya dulu guys

Jakarta, IDN Times – Buat kamu yang baru lulus atau akan lulus kuliah, kamu pasti sering berpikir mau kerja apa dan di mana. Mencari kerja kadang tidak mudah, terlebih dengan campur tangan orang tua. Mungkin keinginan kamu memilih pekerjaan dan tempat bekerja sering bertentangan dengan keinginan orang tua.

Gak cuma itu, kadang permasalahan gaji yang gak sesuai menjadi pertimbangan lain kamu memilih suatu pekerjaan.

Nah bagaimana caranya supaya orang tua kamu merestui pekerjaan kamu, terlebih yang kamu suka? Juga bagaimana caranya memilih pekerjaan antara passion atau gaji. Kali ini Head of Marketing P&G Indonesia Aldrich Gopal berbagi tips untuk masalah ini.

1. Harus yakinkan orang tua kamu kenapa kamu senang sama pekerjaan itu

Pekerjaan Gak Direstui Orang Tua? Ini Tips Mengatasinyaunsplash.com/Priscilla Du Preez

Langkah pertama supaya orang tua kamu merestui pekerjaan yang kamu pilih, kamu harus yakinkan orang tua kenapa kamu suka dengan pekerjaan itu.

“Jelasin apa yang buat kamu senang. Kedua jelasin kepada orang tuamu. Ketika saya bilang saya gak mau kerja di bank dan itu gak buat saya senang dan akhirnya masuk ke marketing,” kata Aldrich beberapa waktu lalu kepada IDN Times di Jakarta.

Baca Juga: 5 Tips Tetap Enjoy dengan Pekerjaan yang Kurang Kamu Sukai

2. Kamu harus tahu apa yang kamu mau dari pekerjaan yang kamu pilih

Pekerjaan Gak Direstui Orang Tua? Ini Tips MengatasinyaPhoto by rawpixel on Unsplash

Aldrich menyarankan, sebelum kamu meyakinkan orang tua kamu, kamu harus punya alasan yang kuat kenapa kamu memilih pekerjaan itu.

“Kadang anak muda sekarang gak tahu maunya apa dan belum yakin tapi sudah keukeuh sama orang tuanya. Komunikasi yang terbuka sama orang tua dan apa ekspetasinya seperti apa,” ujar Aldrich

3. Jangan terlalu memaksa sama pekerjaan kamu yang suka namun sulit

Pekerjaan Gak Direstui Orang Tua? Ini Tips Mengatasinyaunsplash.com

Kamu harus bisa membatasi diri kamu dari keinginan dan realita. Aldrich mencontohkan, kalau kamu suka seni dan melukis, tapi kamu belum punya cukup modal, kamu harus realistis. Kamu bisa memilih pekerjaan yang kamu kurang senang untuk mendapatkan modal terlebih dulu.

“Kita harus mengalah dulu untuk mengumpulkan uang dari pekerjaan saat ini. Ketika sudah ada modalnya baru melakukan apa yang jadi passion kita,” kata Aldrich.

4. Harus siap terima baik dan buruk dari pekerjaan kamu, jangan mudah menyerah dan merasa puas

Pekerjaan Gak Direstui Orang Tua? Ini Tips MengatasinyaIDN Times/ Helmi Shemi

Aldrich sudah bekerja di PNG sejak usia 20 tahun. Selama bekerja, ia mengaku selalu melakukan sepenuh hati pekerjaannya dan siap menerima baik dan buruk dari pekerjaannya.

Ia berpesan kalau kamu harus siap menerima kondisi baik dan buruk dari pekerjaan yang kamu pilih.

“Bagi saya bisnis gak akan selalu baik dan kamu bisa bertahan di kondisi bisnis yang baik dan buruk. Kalau lagi di masa baik, saya menaruh pressure yang lebih biar bisa lebih baik. Hal bisa menjadi buruk ketika terlalu baik. Jangan mudah terlena,” papar Aldrich.

5. Bangga dengan pekerjaan dan perusahaan kamu

Pekerjaan Gak Direstui Orang Tua? Ini Tips MengatasinyaIDN Times/ Helmi Shemi

Terakhir, kamu harus merasa bangga dengan pekerjaan yang kamu pilih dan perusahaan tempat kamu bekerja. Karena kalau kamu tidak bangga, kamu akan merasa tidak nyaman bekerja.

“Kebanyakan temen saya kerja di bank. Saya mau yang lebih kreatif dan banyak kontrol. Bukan uang tapi berbicara sama orang. Ketika masuk PNG, masuk PNG itu susah, perusahaan besar dan banyak yang pengen masuk sana, saya bangga bisa kerja di sini dan ditempatkan di Singapura,” kata Aldrich menceritakan pengalamannya bekerja di PNG.

Baca Juga: 5 Cara Unik Ini Bisa Bikin Mood Kerja Kamu Naik Terus

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya