Comscore Tracker

5 Tips Jitu dan Cerdas Menghadapi Rekan Kerja ‘Cari Muka’, Waspada!

Dikit-dikit lapor bos, dikit-dikit lapor bos, cih!

Di setiap masuk lingkungan kerja, kamu pasti pernah berhadapan dengan situasi yang tak kamu harapkan mengenai rekan-rekan kerja. Karena karakter para pegawai sangat beragam, mungkin ada salah satu di antara sekian banyak dari mereka yang bersikap menyebalkan. Salah satu hal yang paling sering dialami banyak pegawai tentu saja mengenai pegawai yang senang sekali ‘cari muka’ kepada atasannya.

Dengan berbagai cara, tipe pegawai seperti ini akan mengorek-ngorek kesalahan rekannya dan dengan bangganya melaporkan kesalahan tersebut kepada atasan langsung. Nah, bagi kamu memiliki rekan kerja seperti di atas, berikut ini beberapa tips sederhana bagaimana cara menghadapinya.

1. Usahakan bekerja lebih produktif dan maksimal darinya

5 Tips Jitu dan Cerdas Menghadapi Rekan Kerja ‘Cari Muka’, Waspada!Pixabay.com/lukasbieri

Jika kamu tahu rekan kerja kamu memiliki kebiasaan cari muka, segera tingkatkan kinerja kamu agar lebih produktif dalam bekerja. Jika si pegawai cari muka hanya mampu mengerjakan satu, kamu bisa mengunggulinya dengan mengerjakan lima bahkan lebih. Ingat, atasan punya cara tersendiri dalam menentukan mana pegawai yang benar-benar loyal dengan kinerja yang baik dan mana yang hanya sekadar cari muka.

2. Jangan emosi dengan tingkah dan kelakuannya

5 Tips Jitu dan Cerdas Menghadapi Rekan Kerja ‘Cari Muka’, Waspada!zestfor.com

Ya, memang menyebalkan sih memiliki punya rekan kerja yang dikit-dikit lapor atasan menyangkut pekerjaan di kantor. Ketika kamu sadar sedang jadi ‘incaran’, jangan memendam emosi berlebihan dengan tindak-tanduk si pegawai cari muka. Tetap bekerja seperti biasa dan jangan terlalu memedulikan tingkahnya yang selalu tak tenang melihat pegawai lain bekerja dengan rajin.

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Suka Cari Muka pada Atasan

3. Waspada dan hati-hati dengan keberadaannya

5 Tips Jitu dan Cerdas Menghadapi Rekan Kerja ‘Cari Muka’, Waspada!Pixabay.com/rawpixel

Karena kamu tahu karakter si pegawai cari muka yang sering melapor kesalahan rekannya kepada atasan, maka kamu perlu waspada dengannya. Tetap hati-hati dengan keberadaannya karena sekali kamu lengah dan melakukan kesalahan (meski sedikit dan tak mempengaruhi hasil kerja), kamu akan jadi ‘mangsa’ si pegawai cari muka.

4. Ingat selalu, ada atasan di atas atasan

5 Tips Jitu dan Cerdas Menghadapi Rekan Kerja ‘Cari Muka’, Waspada!Pixabay.com/089photoshootings

Si pegawai cari muka biasanya memang memiliki kedekatan pribadi dengan atasannya langsung karena bisa dengan mudah melaporkan kesalahan rekannya. Ingat selalu, di atas atasan masih ada atasan yang lebih tinggi yang sudah pasti tidak akan terpengaruh dengan ‘laporan’ si pegawai cari muka.

Jika memungkinkan, kamu bisa melakukan pendekatan dengan melakukan kerja sebaik-baiknya sehingga kamu tak akan jadi korban laporan si pegawai cari muka.

5. Jangan membalasnya dengan ikutan ‘mencari muka’ atasan

5 Tips Jitu dan Cerdas Menghadapi Rekan Kerja ‘Cari Muka’, Waspada!Pixabay.com/Free-Photos

Saat kamu sudah merasa kesal dengan keberadaan si pegawai cari muka, jangan sekali-kali melakukan pembalasan dengan ikut-ikutan ‘mencari muka’. Ketika ia dengan bebas melaporkan segala tindak-tandukmu kepada atasan, jangan ikut melaporkan balik kesalahannya kepada atasan.

Daripada membalas dengan ikut menjadi ‘penjilat’, lebih baik tetap fokus bekerja secara maksimal karena sejatinya ‘usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil’.

Mau orang jungkir balik menjatuhkanmu di depan atasan, tetaplah bekerja atas dasar keinginan untuk memajukan perusahaan. Jangan pedulikan para pegawai yang ‘cari muka’ karena perlahan namun pasti mereka akan ‘tersingkir’ dengan sendirinya karena minim prestasi.

Baca Juga: Tak Usah Jengkel, Ini 5 Tips Menyikapi Rekan Kerja yang Hobi Cari Muka

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya