Comscore Tracker

Dari Secangkir Semangat, 3 Entrepreneur Ini Bawa Modal Total 400 Juta

Next unicorn Indonesia nih...

Jakarta, IDN Times – Program Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu yang sudah dimulai sejak Mei 2018 ini, pada Sabtu (23/2) akhirnya resmi sampai di tahap terakhirnya. Bertempat di Grand Hyatt Indonesia, ke-20 peserta yang sudah lolos hingga ke tahap ini memasuki babak terakhir yang akan mengantarkan mereka lebih dekat lagi dengan kesempatan membawa pulang modal usaha senilai ratusan juta rupiah.

Gerakan Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu sendiri merupakan sebuah ajang pencarian sociopreneur pertama yang melibatkan unsur sosial dan masyarakat kegiatan bisnis anak muda. Kegiatan ini sendiri diselenggarakan oleh Kapal Api yang berkolaborasi dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) yang memiliki fokus dalam pengembangan ekonomi kreatif. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Para finalis menggelar pameran untuk mengawali serangkaian acara penutupan Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu

Dari Secangkir Semangat, 3 Entrepreneur Ini Bawa Modal Total 400 JutaIDN Times/Anindya Roswita Putri

Sebelum dimulai, para peserta dipersilakan untuk menggelar pameran yang ada di lobi ballroom Hotel Grand Hyatt Jakarta. Di sini, para finalis berkesempatan untuk memamerkan langsung produk-produk yang telah mereka kembangkan sekaligus berbincang langsung dengan para pengunjung maupun investor tentang bisnis yang mereka lakukan.

Antusiasme tak terbendung juga dinyatakan langsung oleh para peserta salah satunya adalah Yohana Christina. Salah satu peserta asal Semarang dengan bisnisnya yang bertajuk Project 4i: Tahu Abad 21, hal tersebut diungkapkannya saat diwawancarai langsung oleh tim IDN Times.

“Saya senang sekali sekaligus merasa nggak menyangka bisa sampai ke tahap ini. Dari awal saat lolos tahap 150 besar kemudian 50 besar dan masih lolos di tahap 20 besar, rasanya seperti mimpi. Banyak sekali terutama ilmu yang saya dapatkan dari sini,” ujar Yohana.

2. Berebut “perhatian” investor lewat pitch deck

Dari Secangkir Semangat, 3 Entrepreneur Ini Bawa Modal Total 400 JutaIDN Times/Anindya Roswita Putri

Salah satu yang membuat Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu ini berbeda dari kompetisi kebanyakan adalah semangat Kapal Api yang tidak hanya hadir untuk mencari bisnis milenial yang memiliki potensi besar kemudian memberikannya hadiah ratusan juta sebagai modal, tetapi juga bagaimana Kapal Api memberikan komitmen untuk mempertemukan para sociopreneur ini dengan investor langsung.

Dibuka oleh MC kondang Ronald dan Tike Priyatnakusuma, ke-20 finalis ini dipersilahkan untuk mempresentasikan bisnis yang mereka kembangkan  langsung dihadapan para investor yang diundang dalam acara ini. Salah satu yang diundang adalah Bapak Iwan Murty sebagai CEO dari PT Tristar Service Indonesia. Tujuannya jelas untuk membuat kesempatan para finalis untuk mengembangkan bisnisnya menjadi semakin lebar dengan hadirnya investor di tengah bisnis mereka.

3. Turut dimeriahkan oleh penampilan Kunto Aji

Dari Secangkir Semangat, 3 Entrepreneur Ini Bawa Modal Total 400 JutaIDN Times/Anindya Roswita Putri

Rampung acara pitch deck dari 20 finalis Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu, para peserta diajak untuk menikmati music performance dari Kunto Aji.  Penyanyi yang baru saja merilis albumnya ini, ikut memeriahkan acara Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu dengan beberapa lagu yang disambut meriah oleh para peserta sore itu.

4. Membahas kesiapan anak muda untuk menjadi sociopreneur nyata

Dari Secangkir Semangat, 3 Entrepreneur Ini Bawa Modal Total 400 JutaIDN Times/Anindya Roswita Putri

Masih dalam serangkaian acara penutupan Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu, Kapal Api juga mengajak para peserta untuk membahas lebih dalam tentang kesiapan milenial untuk menjadi seorang sociopreneur dalam Coffee Talk bersama pihak pemerintah, sociopreneur, investor dan business expert. Dalam kesempatan ini turut hadir Roostiawati, S.H., M. Sc, selaku Direktur Pengembangan Ditjen Binapenta & PKK Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, David Christian Selaku Sociopreneur dan Co-Founder Evoware serta Iwan Murty selaku CEO PT Tristar Service Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Roostiawati juga menyampaikan pesan dari Muhammad Hanif Dhakiri, Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

“Sociopreneur dapat menjadi agen perubahan dan memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Seorang sociopreneur harus jeli dalam melihat dan menciptakan peluang. Mereka juga harus memiliki komitmen dan upaya penuh terhadap pemberdayaan masyarakat sekitar agar dapat menciptakan perubahan, yang berbuah pada kesejahteraan bersama,” kata Menteri Hanif.

Selain itu, Kapal Api juga mengundang seorang sociopreneur muda sekaligus Co-Founder Evoware, David Christian. Evoware sendiri merupakan perusahaan yang bergerak dalam inovasi dan lingkungan. Inovasi yang dilakukan oleh Evoware adalah pembuatan gelas yang bisa dimakan. Gelas produksi Evoware ini dibuat dengan bahan-bahan alami dan berkualitas serta memiliki tujuan untuk mengurangi penggunaan gelas plastik sekali pakai.

Dalam kesempatan ini David juga memberikan salah satu tip untuk menjadi sociopreneur untuk para peserta Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu.

“Harus tahu ‘why’-nya dahulu baru melanjutkan ke bagaimana cara untuk merealisasikannya. Tapi yang paling penting adalah terus berpegang dengan nilai yang dibawa, sehingga jika nanti menghadapi kesulitan atau berada di puncak, kita kembali lagi ke alasan kita memulai bisnis ini,” ujar David.

5. Serangkaian acara Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu ditutup dengan Awarding Night untuk para peserta

Dari Secangkir Semangat, 3 Entrepreneur Ini Bawa Modal Total 400 JutaIDN Times/Anindya Roswita Putri

Serangkaian acara penutupan Gerakan Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu yang sudah digelar sejak Mei 2018 akhirnya sampai pada tahap yang paling ditunggu-tunggu, yaitu Awarding Night. Segala proses yang telat dilalui oleh setiap peserta yang lolos hingga ke tahap ini, dari mulai pengiriman aplikasi hingga dapat mengalahkan total 5.500 proposal yang diunggah ke website, kemudian menjalani proses mentoring dan prototyping di babak 150 besar yang disaring kembali menjadi 50 besar dan terakhir di tahap penjurian di babak 20 besar, merupakan perjalanan yang panjang dan berharga bagi para peserta.

20 peserta yang lolos hingga ke tahap ini telah memberikan karya terbaiknya serta semangat sociopreneur yang dibutuhkan Indonesia kelak. Namun, tetap ada 3 peserta yang dinilai memiliki ide bisnis yang tidak hanya unik tetapi juga dapat direalisasikan dan memberikan dampak sosial untuk sekitar.

Dari Secangkir Semangat, 3 Entrepreneur Ini Bawa Modal Total 400 JutaIDN Times/Anindya Roswita Putri

Di momen Awarding Night, keluarlah Elven Aprilnico sebagai juara ketiga dengan ide bisnis Titik Balik Coffee di mana ia melakukan pemberdayaan narapidana dan ex-narapidana agar mempunyai keterampilan khusus yang membawa modal kerja sebesar 50 juta Rupiah.

Dari Secangkir Semangat, 3 Entrepreneur Ini Bawa Modal Total 400 JutaIDN Times/Anindya Roswita Putri

Sementara di posisi juara kedua terdapat Azis Pusakantara asal Jakarta yang mempunya inovasi Eco-Pavings yaitu pembuatan paving-block dengan menggunakan limbah kantong plastik yang mendapatkan modal kerja sebesar 100 juta rupiah.

Dari Secangkir Semangat, 3 Entrepreneur Ini Bawa Modal Total 400 JutaIDN Times/Anindya Roswita Putri

Dan terakhir, peserta yang berhasil membawa modal kerja 250 juta rupiah adalah Meybi Agnesya dengan ide mengembangkan bisnis pengolahan pangan berbasis daun kelor yang dimulai dengan pembentukan sekolah lapangan daun kelor hingga pembangunan fasilitas berupa rumah pengering daun kelor. Lewat idenya ini Meybi berkolaborasi dengan petani daun kelor di Nusa Tenggara Timur. Keren!

Dari Secangkir Semangat, 3 Entrepreneur Ini Bawa Modal Total 400 JutaIDN Times/Anindya Roswita Putri

Di akhir acara Johnway Suwarsono selaku Marketing Manager dari PT Santos Jaya Abadi mengungkapkan optimismenya terhadaap lahirnya para sociopreneur baru Indonesia yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

“Hari ini menjadi akhir dari program Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu namun menjadi awal baru bagi para sociopreneur muda Indonesia untuk berkontribusi nyata dalam masyarakat. Kami berharap bekal ilmu wirausaha dari para mentor dan kesempatan bertatap muka langsung dengan para investor dapat mendukung keberlanjutan usaha sosial mereka.” Tandas Johnway.

Nah, itu tadi ulasan acara Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu. Inspiring banget kan? Berniat untuk mengikuti jejak mereka, guys?

Topic:

  • Anindya Roswita Putri

Just For You