Comscore Tracker

6 Habit Anak Muda yang Menimbulkan Penyesalan di Masa Tua

Akibat terlalu asik dengan kehidupan anak muda

Habit atau kebiasaan adalah sesuatu yang menjadi kecenderungan karena dilakukan secara berulang dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hidup, ada dua kebiasaan yang muncul di tiap individu yaitu kebiasaan baik dan kebiasaan buruk. Dalam artikel ini kita akan membahas tentang habit yang mungkin sudah melekat di usia muda, tetapi justru mempunyai dampak buruk bagi kelangsungan hidupnya di masa depan.

Seperti yang kita ketahui bahwa arus perkembangan teknologi berjalan begitu cepat. Dampak globalisasi pun sudah mempengaruhi segala aspek kehidupan. Inilah pentingnya menjaga habit agar tidak terjerumus ke dalam dunia yang terlalu bebas. Berikut beberapa habit anak muda yang bisa menimbulkan penyesalan di masa tua nanti. Hindari, ya!

1. Terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bermain medsos

6 Habit Anak Muda yang Menimbulkan Penyesalan di Masa Tuailustrasi sosial media (unsplash.com/Alexander Shatov)

Salah satu dampak perkembangan teknologi yang bisa kita rasakan adalah adanya media sosial (sosmed). Saat ini hampir semua orang mempunyai akun di tiap platform media sosial seperti Instagram, Twitter, TikTok, dan sebagainya. Sebenarnya tak ada yang salah dari bermain sosmed, hanya saja kita juga tidak boleh terlalu lama untuk menjelajahinya.

Jika kita menghabiskan banyak waktu untuk bermain sosmed, maka kita juga akan kehilangan sebagian waktu untuk melakukan hal yang produktif. Kesuksesan bukan milik mereka yang duduk santai sambil memainkan sosmed, tapi bagi mereka yang mulai bekerja dan melakukan perkembangan dalam hidup.

2. Jarang bersosialisasi

6 Habit Anak Muda yang Menimbulkan Penyesalan di Masa Tuailustrasi bersosialisasi (unsplash.com/Redd)

Sebagai makhluk sosial yang membutuhkan orang lain untuk kelangsungan hidupnya, manusia perlu berinteraksi satu sama lain. Interaksi antar manusia atau bisa juga disebut sosialisasi sangat berpengaruh bagi kehidupannya.

Kemampuan sosialisasi yang baik akan mengantarkanmu pada kehidupan yang dikelilingi oleh banyak orang. Semakin banyak orang yang kamu kenal, semakin banyak juga relasi yang bisa kamu dapatkan.

3. Terlalu sering overthinking

6 Habit Anak Muda yang Menimbulkan Penyesalan di Masa Tuailustrasi overthinking (unsplash.com/roadtripwithraj)

Penyakit anak muda zaman sekarang adalah rasa overthinking yang terkadang melebihi batas wajar. Sering merasa overthinking justru akan membuat hidupmu terasa terbebani. Dengan beban yang kamu pikirkan ini, kamu jadi tidak memiliki hasrat untuk maju.

Banyak dari anak muda yang sering merasa rendah diri ketika melihat anak seusianya lebih sukses darinya. Mereka akan merasa sedih dan berakhir membanding-bandingkan dengan dirinya sendiri. Padahal semua orang pasti punya waktunya masing-masing untuk sukses. Jadi, mulailah bergerak dan hentikan overthinking-mu itu.

Baca Juga: 5 Bad Habit yang Perlu Dihindari agar Produktivitas Tetap Terjaga

4. Malas baca buku

6 Habit Anak Muda yang Menimbulkan Penyesalan di Masa Tuailustrasi membaca (unsplash.com/thenathanaguirre)

Indonesia menjadi salah satu negara darurat literasi. Sebagian besar warganya memang tidak suka membaca buku, tak terkecuali bagi kalangan anak muda. Padahal kegiatan membaca buku mempunyai segudang manfaat yang bisa kamu rasakan langsung, yaitu menambah pengalaman dan pengetahuan.

Orang yang suka membaca buku akan berbeda dengan mereka yang tidak pernah membaca. Sudut pandang dan pola pikir antara keduanya akan terlihat sangat berbeda. Biasanya mereka yang hobi membaca mempunyai otak yang lebih cerdas sehingga masa depannya pun lebih terjamin.

5. Malas olahraga

6 Habit Anak Muda yang Menimbulkan Penyesalan di Masa Tuailustrasi berolahraga (unsplash.com/emilysea)

Olahraga adalah salah satu kebiasaan yang memiliki efek jangka panjang. Tak hanya untuk kesehatan tubuh, olahraga juga terbukti dapat meningkatkan kecerdasan otak, loh. Dengan berolahraga, otak dan fisikmu akan memberikan stimulus yang baik.

Tak perlu olahraga yang berat dan mahal, karena dengan lari pagi saja itu sudah cukup. Kamu juga bisa melakukan workout dengan tutor yang bisa kamu cari di YouTube. Hal ini perlu kamu lakukan agar fisikmu tetap terjaga untuk masa mendatang.

6. Tidak mempersiapkan rencana untuk masa depan

6 Habit Anak Muda yang Menimbulkan Penyesalan di Masa Tuailustrasi mempersiapkan masa depan (unsplash.com/freestocks)

Banyak anak muda yang berlindung dalam kalimat ‘menikmati masa muda,’ sehingga mereka berleha-leha dalam menjalani hidup. Menikmati masa muda, berbeda dengan merusaknya. Menikmati masa muda dengan hanya mengikuti alurnya saja, tentu menjadi hal yang salah. Kamu justru akan terlena dengan kehidupan dimasa mudamu sehingga tidak mempunyai bekal untuk masa depanmu kelak.

Hal yang seharusnya anak muda lakukan adalah mempersiapkan rencana untuk kehidupannya dimasa mendatang. Gunakan masa mudamu untuk sesuatu yang bermanfaat.

Masa depan yang baik adalah masa depan yang sudah dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Untuk mencapai masa depan yang baik, kamu juga perlu melakukan habit yang baik. Semoga artikel ini bisa membuatmu lebih sadar, dan tak menimbulkan penyesalan di masa tua nanti.

Baca Juga: 5 Alasan Membangun Habit Berbagi Itu Gak Perlu Nunggu Kaya

uma_ nihhh Photo Verified Writer uma_ nihhh

suka sama banyak hal, tapi ga suka kamu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya