Comscore Tracker

Ingin Resign Kerja? Jangan Lupa Siapkan Notice Period!

Syarat yang baik sebelum mengakhiri hubungan kerja

Jika kamu saat ini sedang bekerja di sebuah lembaga perusahaan, maka tentunya segala sesuatunya diatur dalam sebuah peraturan. Seperti cuti, izin sakit, bahkan jika ingin resign. Sebagai karyawan yang memiliki nilai moral dan etika, pastinya sebelum mengundurkan diri kamu akan menghubungi pihak atasan atau HRD.

Nah, biasanya pengajuan surat pengunduran diri ini adalah satu bulan sebelum hari terakhir kerja. Karena kamu pun harus memikirkan bagaimana perusahaan akan mencari pengganti setelah posisi kamu kosong. Nah, sebenarnya apa itu notice period dan apa hubungannya dengan resign?

Baca Juga: Mengenal Notice Period, Satu Tahap Penting Sebelum Mengajukan Resign

Reduksi tentang notice period yang harus kamu ketahui 

Ingin Resign Kerja? Jangan Lupa Siapkan Notice Period!ilustrasi kontrak (pixabay.com/advogadoaguilar)

Sebenarnya notice period adalah waktu yang digunakan oleh pekerja atau pemberi kerja untuk mengutarakan keinginan berhenti kerja atau resign kepada pihak tertentu. Jadi, hal yang sama pun akan dilakukan perusahaan jika ingin memberhentikan dirimu dadi posisi saat ini. 

Tujuan adanya notice period ini sebenarnya meliputi:

  • Menunjukkan sikap profesionalisme dalam dunia kerja;
  • Memberi waktu untuk mencari pengganti setelah masa kerja berakhir;
  • Memberi waktu untuk menyelesaikan segala urusan administrasi;
  • Dan lain-lain.

Jadi, notice period ini diajukan sebulan sebelum rencana hari terakhir kamu di perusahaan tersebut. Jika memang sudah mendapatkan pekerjaan lain, kamu harus mempertimbangkan waktunya juga. Supaya kamu pun bisa keluar dengan baik-baik dan memiliki profesionalisme. Karena bagaimanapun, kamu pernah menjadi bagian perusahaan tersebut. 

Baca Juga: 5 Trigger Karyawan Resign dari Pekerjaan, 'PR' bagi HRD

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya