Comscore Tracker

6 Pertimbangan Ini Berguna buat Kamu yang Ingin Lanjut Studi S2

Lanjut studi S2 itu gak asal pilih, guys

Pendidikan memang merupakan salah satu cara kamu bisa mendapat hidup yang kamu inginkan. Meski persaingan ketat, namun gelar kamu adalah senjata dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan.

Nah, sering banget terpikirkan olehmu untuk melanjutkan studi ke S2 saat kamu udah lulus dari S1. Tapi, sebelum memutuskannya, yuk simak enam hal berikut ini.

1. Apa sih tujuan kamu dalam hidup?

6 Pertimbangan Ini Berguna buat Kamu yang Ingin Lanjut Studi S2pixabay.com/maura24

Tujuan ini gak hanya selalu tentang pekerjaan. Tapi panggilan hidup juga termasuk. Kenapa sih kamu harus ambil S2? Memangnya apa yang akan kamu lakukan dengan gelar itu?

Mendapat pekerjaan dengan gaji tinggi, atau mau mengamalkan ilmu kepada masyarakat? Itu harus kamu pikirkan dulu. Biar matang.

2. Udah punya pengalaman kerja belum?

6 Pertimbangan Ini Berguna buat Kamu yang Ingin Lanjut Studi S2pixabay.com/sumanamul15

Coba deh lihat di lowongan pekerjaan. Meskipun syaratnya itu lulusan S2, tapi minimal pengalaman kerja itu dibutuhkan.

Apa gunanya kamu S2 lantas kamu jadi sulit dapat kerja karena perusahaan lebih milih S1 tapi berpengalaman? Jadi, gak usah terburu-buru dulu. Cari pengalaman kerja dulu, kecuali memang kamu punya perusahaan sendiri.

3. Berapa gaji yang kamu terima saat ini?

6 Pertimbangan Ini Berguna buat Kamu yang Ingin Lanjut Studi S2pixabay.com/Raten-Kauf

Misalnya aja saat ini kamu udah berkerja setelah lulus S1. Lantas, gajimu saat ini worth it, gak sih? Bisa naik lagi atau jabatanmu itu bisa berkembang, gak?

Jangan asal lepas gaji yang sebenarnya udah bisa mensejahterakan kamu. Kecuali kalau kamu yakin banget dengan gelar S2, kamu bisa mendapat pemasukan yang berkali lipat dari sekarang.

Baca Juga: 7 Profesi di Bank Ini Ternyata Gak Harus dari Lulusan Sarjana Ekonomi

4. Mau pakai biaya sendiri atau beasiswa?

6 Pertimbangan Ini Berguna buat Kamu yang Ingin Lanjut Studi S2pixabay.com/OrnaW

Selanjutnya adalah masalah biaya. Mau biaya sendiri atau mau cari beasiswa. Mau di dalam atau di luar negeri? Itu juga gak luput dari pemikiran. Sediakan juga alasan kenapa harus memilih salah satu di antaranya. 

Tentunya kalau mau dengan beasiswa, persiapan kamu juga harus lebih ekstra. Karena, kamu harus persiapkan diri gak cuma buat materi kuliah, tapi juga buat serangkaian tes penerima beasiswa. Jadi, kamu harus cermat juga, ya. 

5. Adakah posisi pekerjaan yang akan menerima gelar S2-mu?

6 Pertimbangan Ini Berguna buat Kamu yang Ingin Lanjut Studi S2pixabay.com/nastya_gepp

Bukan apa-apa, setelah lulus S2 tujuan kamu apalagi sih, kecuali kalau memang mau lanjut S3. Pasti kebanyakan pasti cari kerja lagi dengan gelar barumu. Namun, kamu harus cari dulu banyak gak sih yang butuh gelar S2-mu itu?

Kalau masih sedikit sekali, sebaiknya pilih jurusan lain meski gak selaras atau gak linear dengan S1-mu. Karena, kalau gak ada yang minat sama gelar S2-mu juga akan percuma aja.

6. Mungkin gak kuliah S2 sambil bekerja?

6 Pertimbangan Ini Berguna buat Kamu yang Ingin Lanjut Studi S2pixabay.com/ElenaBuzmakova_Borisova
Pilihan terakhir adalah bekerja sambil kuliah S2. Mungkin gak kamu bisa menjalani keduanya, tanpa mengurangi kinerjamu di keduanya.
 
Soalnya, jika memang kamu masih tetap mau berkarier di perusahaan itu dan gajinya juga oke, sayang banget kan kalau dilepas. Jadi, opsi kuliah sambil kerja bisa kamu pikirkan juga. 
 
 
Ingat, setinggi apapun gelarmu, jika kamu sama sekali gak ada tujuannya, maka itu akan percuma aja. Sebaiknya jangan gegabah ya, dalam urusan pendidikan. Karena, pendidikan merupakan aspek penting dalam kesuksesan hidup.

Baca Juga: Ide buat Fresh Graduates, 5 Pilihan Mahasiswa Selepas Jadi Sarjana

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya