Comscore Tracker

5 Langkah agar Kamu Jadi Sosok Proaktif, Bukan Reaktif

Karena setiap pilihan ada di tanganmu

Dalam keseharian, tak jarang kita dihadapkan pada situasi di luar dugaan. Dua opsi yang dapat kamu pilih untuk menanggapinya yakni menjadi reaktif atau proaktif. Menjadi proaktif artinya kamu memiliki kendali atas keputusan yang akan kamu ambil. Kamu memiliki kontrol atas perasaan serta tindakanmu.

Sebaliknya, bersikap reaktif menandakan kamu mudah bereaksi terhadap situasi yang diciptakan oleh orang lain. Padahal, mudah terpancing emosi bakal membuatmu menyesali tindakanmu yang di luar kendali itu. So, biar kamu gak jadi sosok yang reaktif,  yuk simak tips berikut ini!

1. Berpikir jangka panjang

5 Langkah agar Kamu Jadi Sosok Proaktif, Bukan Reaktifilustrasi berpikir jangka panjang (unsplash.com/ Anthony Tran)

Jangan merespons keadaan di detik itu juga. Namun, berikanlah waktu jeda untuk kamu membaca situasi secara menyeluruh terlebih dulu. Pikirkanlah efek jangka panjang ketika kamu ingin memutuskan sesuatu hal. Apakah hal tersebut baik? Apakah hal tersebut tidak akan membuatmu menyesal? Jika dirasa keputusan yang kamu ambil tidak tepat, maka jangan kamu lakukan.

Seorang reaktif biasanya cenderung berpikir pendek, juga tak jarang memiliki sifat mudah tersinggung dengan perlakuan orang lain. Jika kamu ingin mengubah diri menjadi sosok proaktif, berpikirlah sebelum bertindak. Karena kamu bertanggung jawab penuh terhadap tindakanmu sendiri. Berpikir jangka panjang  juga membantumu untuk melihat gambaran besar terhadap suatu masalah.

Baca Juga: 5 Cara Penting untuk Membangun Sikap Proaktif dalam Dunia Kerja

2. Berusaha untuk berbesar hati

5 Langkah agar Kamu Jadi Sosok Proaktif, Bukan Reaktifilustrasi selalu bersikap baik (unsplash.com/Dayne Topkin)

Tiap kali dihadapkan pada situasi yang tak menyenangkan, cobalah untuk berbesar hati. Ketahuilah bahwa apa yang kamu rasakan saat ini hanyalah sementara. Kamu bisa memilih untuk berfokus pada hal-hal yang bisa kamu ubah, alih-alih mengkhawatirkan hal-hal di luar kendali diri seperti bagaimana orang lain bersikap.

Bagi seseorang yang cenderung reaktif, mereka selalu merasa menjadi korban atas situasi yang menimpa dirinya. Kamu yang ingin jadi proaktif, hindari bersikap demikian ya!

3. Bersikap terbuka terhadap perbedaan

5 Langkah agar Kamu Jadi Sosok Proaktif, Bukan Reaktifilustrasi menghargai perbedaan (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Perbedaan ada agar kita saling menghargai, bukan untuk saling membenci. Jangan cepat menyalahkan. Bersikaplah terbuka pada perbedaan. Dengan demikian, kamu dapat mengerti sudut pandang lain dari seseorang.

Tidak menyalahkan keadaan ataupun kondisi lingkungan jika seandainya ada yang tidak sesuai dengan keinginannya merupakan hal yang harus kamu tumbuhkan jika ingin menjadi sosok yang aktif demi meningkatnya kualitas hidupmu.

4. Bersikap lebih tenang

5 Langkah agar Kamu Jadi Sosok Proaktif, Bukan Reaktifilustrasi tenang (unsplash.com/fizkes)

Walaupun pada situasi yang sangat sulit, berusahalah untuk tetap tenang. Hal ini akan  membantumu dalam mengambil keputusan yang tepat.

Bersikap reaktif seperti lekas marah pada keadaan tertentu justru akan menghambatmu dalam melihat permasalahan dengan jelas. Yang ada kamu akan menyesali tindakan gegabah yang kamu lakukan sebelumnya. 

5. Mengambil pelajaran dari tiap permasalahan

5 Langkah agar Kamu Jadi Sosok Proaktif, Bukan Reaktifilustrasi belajar dari kesalahan (unsplash.com/Steven Lasry)

Sosok proaktif ialah mereka yang menganggap dirinya sebagai pelaku-pelaku perubahan dan memilih untuk tidak menjadi korban serta tidak mudah menyalahkan. Hal ini berbeda dengan seseorang yang reaktif, yang cenderung berubah hanya kalau mereka merasa terdesak. Orang reaktif mempercayai mereka tidak punya pilihan, bahwa apa yang mereka rasakan dan lakukan bukanlah tanggung jawab mereka. 

Sedangkan jika kamu ingin mengembangkan sikap proaktif, kamu akan berusaha belajar dari tiap permasalah yang ada. Kamu percaya bahwa pilihan selalu ada di tanganmu. Apa pun keadaannya, kamu sadar bahwa kamu punya kendali penuh bagaimana akan menyikapinya. Berusahalah untuk melihat sisi positif dari segala hal, agar kamu dapat terus bertumbuh.

So, jadilah proaktif! Sebab kamu mampu mengendalikan dan memimpin diri kamu sendiri!

Baca Juga: [QUIZ] Kamu Tipikal Pasangan yang Proaktif atau Agresif?

Kris Monika Photo Writer Kris Monika

Life is a mountain to climb and ocean to explore🍃

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya