Comscore Tracker

9 Cara Jitu Menjadi Atlet eSport yang Profesional dan Sukses

Profesi kekinian yang cocok bagi pencinta game!

Atlet eSport merupakan prospek karier yang kini tersedia bagi pencinta games dalam bentuk kompetisi olahraga menggunakan video games itu sendiri. Biasanya, kompetisinya bersifat multi-pemain yang terorganisir, khususnya antar pemain profesional, baik secara individual atau tim.

Nah, untuk kamu yang memiliki hobi bermain games dan ingin menekuni profesi ini, berikut tips agar kamu bisa menjadi atlet eSport yang sukses.

1. Latihan yang giat

9 Cara Jitu Menjadi Atlet eSport yang Profesional dan SuksesPixabay/ExplorerBob

Jadi seorang atlet profesional, bahkan atlet eSport sekalipun, bukanlah hal yang mudah. Terdapat proses panjang yang harus dilalui sehingga kamu perlu berlatih dengan giat. Buatlah jadwal latihan pribadi secara rutin agar lebih memotivasi untuk disiplin dalam meningkatkan kemampuan bermain game.

Tidak usah peduli menang atau kalah. Dalam latihan, yang diutamakan adalah memperbanyak ilmu dan belajar strategi baru. Cobalah terus mempelajari taktik yang bisa digunakan dalam game

2. Fokus pada satu game saja

9 Cara Jitu Menjadi Atlet eSport yang Profesional dan Suksespexels/EVG Photos

Agar jadi atlet eSport yang profesional dan sukses, kamu perlu fokus latihan pada satu jenis game saja. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus dalam meningkatkan kemampuan dan strategi untuk memainkan permainan, serta siap dalam mengikuti kompetisi yang ada.

3. Belajar langsung dari pemain yang sudah profesional

9 Cara Jitu Menjadi Atlet eSport yang Profesional dan Suksesunsplash/@findracadabra

Cara ini bukan berarti kamu harus benar-benar bertemu dan meminta pelajaran langsung dari atlet eSport yang sudah profesional, lho! Sebab, dengan perkembangan zaman seperti sekarang, kamu bisa memanfaatkan teknologi.

Misalnya, kamu bisa menonton pertandingan tim yang diisi oleh pemain-pemain profesional. Dengan begitu, kamu bisa belajar memahami pola bermain mereka dan menganalisanya untuk membentuk strategi bermain sendiri.

4. Menyiapkan peralatan yang mendukung

9 Cara Jitu Menjadi Atlet eSport yang Profesional dan SuksesPexels/Joseph Redfield

Selain skill, hal yang tak kalah penting saat menekuni eSport adalah peralatan yang mendukung. Namun, kamu tidak harus membeli barang-barang tersebut dengan harga yang mahal.

Cobalah membaca rekomendasi dari review yang ada terlebih dahulu! Dengan demikian, kamu bisa membeli produk yang bisa memberikan kenyamanan dengan budget yang cocok di kantong.

5. Bergabung dengan komunitas atau tim

9 Cara Jitu Menjadi Atlet eSport yang Profesional dan Suksesunsplash/Sean Do

Beberapa permainan biasanya tersaji dalam multi-pemain sehingga diperlukan sebuah tim untuk memainkannya. Dalam hal ini, kamu bisa mencari komunitas dan tim yang sudah berdiri atau mengajak teman untuk membentuk tim sendiri.

Semakin meningkat reputasi tim kamu kelak, maka akan semakin tinggi juga peluangmu untuk sukses menjadi atlet eSport.

Baca Juga: 7 Profesi Identik Laki-laki yang Kini Juga Digeluti Perempuan

6. Bangun kerja sama tim yang baik

9 Cara Jitu Menjadi Atlet eSport yang Profesional dan Suksesunsplash/JESHOOTS.COM

Kemampuan bekerja sama dalam tim adalah hal utama yang dicari setiap pemain. Kedisiplinan dan kemampuan berkomunikasi yang baik, juga merupakan komponen utama yang wajib dimiliki oleh para pro-gamers. Hal ini dapat membuatmu dan tim membentuk strategi serta trik yang baik pada sesama anggota.

7. Perluas networking

9 Cara Jitu Menjadi Atlet eSport yang Profesional dan Suksesunsplash/SCREEN POST

Meski sudah bergabung dengan komunitas, ada baiknya jika kamu tetap memperluas jaringan pertemanan dalam dunia game. Caranya, bergabung dengan lebih banyak komunitas dan hadiri berbagai event game. Relasi yang luas juga berguna untuk meningkatkan reputasimu, lho!

8. Mengikuti turnamen lokal yang ada

9 Cara Jitu Menjadi Atlet eSport yang Profesional dan SuksesUnsplash/Fredrick Tendong

Ini juga bisa jadi ajangmu untuk unjuk gigi serta memperluas jaringan sesama gamers. Untuk itu, coba tantang dirimu dan tim untuk ikut turnamen lokal yang ada di daerahmu.

Mau menang atau kalah, tidak masalah! Jadikan hal tersebut sebagai pengalaman serta pembelajaran untuk kompetisi selanjutnya.

9. Rutin mengevaluasi statistik permainan

9 Cara Jitu Menjadi Atlet eSport yang Profesional dan SuksesPexels/Soumil Kumar

Kemampuan statistik permainan adalah tolok ukur dari kemampuan dan level skill dalam bermain. Jadi, selalu perbaiki statistik bermainmu setiap selesai latihan atau melakukan pertandingan.

Tetaplah evaluasi walaupun hasilnya menang atau kalah. Sebab, ini berguna untuk melihat bagaimana perkembangan kamu ke depannya nanti.

Itu dia beberapa tips jadi atlet eSport yang profesional dan sukses. Meski membutuhkan proses yang tidak sederhana, semoga beberapa hal di atas dapat bermanfaat, ya!

Baca Juga: 5 Profesi ini Kemungkinan Bakal Populer 10 Tahun Lagi, Apa Saja Ya?

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya