Comscore Tracker

5 Alasan Harus Keluar dari Lingkungan Crab Mentality, Serba Toksik!

Perilaku saling menjatuhkan nyatanya sudah menjadi budaya

Pernahkah kamu terjebak dalam lingkungan yang dipenuhi dengan kebencian dan persaingan tidak sehat? Ketika salah satu orang tidak berhasil, maka teman-teman lainnya juga tidak boleh ada yang berhasil. Lingkungan dengan tipikal budaya seperti ini biasa disebut dengan crab mentality.

Berada dalam lingkungan yang demikian, mau tidak mau kamu harus segera mengeluarkan diri. Lantas, apa sajakah yang menjadi alasan logis mengapa kamu harus segera keluar dari lingkungan dengan budaya crab mentality tersebut? Sebagai bahan pertimbangan, yuk, simak inspirasinya berikut ini!

1. Kamu terjebak dalam persaingan tidak sehat 

5 Alasan Harus Keluar dari Lingkungan Crab Mentality, Serba Toksik!ilustrasi berdiskusi (pexels.com/Thirdman)

Siapa, sih, yang tidak kenal dengan persaingan tidak sehat? Perilaku menghasut, saling mengkambinghitamkan, serta curang seolah menjadi budaya yang mendarah daging. Apapun akan ditempuh asal dirinya bisa meraih jabatan atau kekuasaan yang diinginkan, meski nyatanya yang dilakukan termasuk bertentangan dengan aturan.

Salah satu alasan logis mengapa kamu harus berani keluar dari lingkungan crab mentality yaitu karena adanya persaingan tidak sehat tersebut. Budaya seperti itu bisa membuat performa kerjamu jadi tidak maksimal karena banyak yang berusaha menjatuhkan.

2. Bakat dan potensimu tidak akan berkembang secara maksimal 

5 Alasan Harus Keluar dari Lingkungan Crab Mentality, Serba Toksik!ilustrasi mengucilkan (pexels.com/Yan Krukov)

Crab mentality memang menjadi budaya yang cukup menjamur di berbagai tempat, salah satunya lingkungan kerja. Alih-alih saling mendukung, yang ada orang-orang di lingkungan tersebut berusaha menghalangi satu sama lain agar tidak ada yang berhasil.

Jika kamu sedang terjebak salam lingkungan dengan budaya tersebut, alangkah baiknya kamu mengusahakan diri untuk segera keluar! Salah satu alasan logis mengapa kamu harus berani melangkah keluar dari crab mentality yaitu karena kualitas dirimu. Sebagaimana yang kita tahu, bertahan dalam lingkungan crab mentality bisa membuat bakat dan potensimu tidak bisa berkembang dengan maksimal.

Baca Juga: Jarang Disadari, 5 Hal Ini Menandakan Kamu Mempunyai 'Crab Mentality'

3. Sikap saling iri membuatmu tidak tenang 

5 Alasan Harus Keluar dari Lingkungan Crab Mentality, Serba Toksik!ilustrasi berdiskusi (pexels.com/Thirdman)

Sifat iri seolah menjadi sesuatu yang wajar. Jika satu orang tidak berhasil, maka rekan-rekan lainnya juga tidak boleh ada yang berhasil. Apapun akan dilakukan asal orang lain bisa mengalami kegagalan yang sama.

Berada dalam lingkungan yang demikian, sudah pasti perasaanmu tidak bisa tenang. Inilah yang menjadi alasan logis mengapa kamu harus keluar dari crab mentality. Sifat saling iri membuat hatimu diliputi kekhawatiran sepanjang waktu sehingga kinerja malah tidak maksimal.

4. Mengganggu kesehatan mental 

5 Alasan Harus Keluar dari Lingkungan Crab Mentality, Serba Toksik!ilustrasi menghadap laptop (pexels.com/Tiger Lily)

Selain kesehatan fisik, ternyata kesehatan mental juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. Kondisi kesehatan mental seseorang ternyata juga bisa dipengaruhi oleh budaya dan kebiasaan yang ada di lingkungan sekitar, lho!

Inilah yang turut berperan menjadi salah satu alasan mengapa kamu harus mulai menjauhi lingkungan crab mentality! Budaya saling menjatuhkan, iri, dan juga perbuatan curang bisa memicu rasa tidak tenang dalam diri. Jika dibiarkan terus berlarut-larut, tidak menutup kemungkinan kesehatan mentalmu akan terganggu.

5. Peluang kesuksesan cenderung menjauh

5 Alasan Harus Keluar dari Lingkungan Crab Mentality, Serba Toksik!ilustrasi merasa gagal (pexels.com/Nathan Cowley)

Kata sukses memang terdengar sangat singkat. Namun, banyak orang yang mengidamkannya. Perlu digarisbawahi, kesuksesan tidak bisa dicapai dengan mudah. Perlu kerja keras dari waktu ke waktu serta dukungan dari lingkungan sekitar. Mencapai kesuksesan adalah perjuangan besar dan juga perjalanan panjang.

Jika kita membahas lingkungan dengan crab mentality, maka ciri khas unik yang terdapat di dalamnya adalah budaya saling menjatuhkan. Kondisi seperti ini bisa membuat peluang kesuksesan kamu semakin kecil. Berada dalam lingkungan yang seperti ini mewajibkan kamu untuk terus waspada. Upayakan untuk segera keluar dari lingkungan tersebut, ya!

Tentunya, crab mentality berpotensi membawa sederet dampak negatif yang menghambat karier kamu di dunia kerja. Setelah membaca kelima alasan tersebut, apa yakin kamu masih mau bertahan dalam lingkungan dengan budaya tersebut?

Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Teman yang Bersikap Crab Mentality, Si Tukang Iri!

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya