Comscore Tracker

5 Magic Words Ini Wajib Ada di CV, Dijamin Bikin HRD Terkesan!

Peluang kamu diterima pun pasti jadi semakin besar

CV menjadi aspek yang cukup penting ketika melamar pekerjaan karena menjadi salah satu pertimbangan besar bagi para HRD atau tim recruiter untuk memutuskan apakah kamu akan lanjut ke tahap interview. Oleh sebab itu, CV sebaiknya dirancang semaksimal mungkin.

Selain itu, perhatikan juga kata-kata yang dituliskan dalam CV. Nah, kamu bisa memilih beberapa magic words berikut ini untuk dimasukkan ke dalam CV agar mampu menarik perhatian HRD.

1. Created atau membuat

5 Magic Words Ini Wajib Ada di CV, Dijamin Bikin HRD Terkesan!Ilustrasi sedang menulis CV (unsplash.com/ Van Tay Media)

Magic word pertama yang bisa kamu tulis di CV adalah created untuk CV berbahasa Inggris. Jika CV berbahasa Indonesia, maka dapat ditulis 'membuat.' Kamu bisa membubuhkan magic word ini di bagian pengalaman kerja atau organisasi.

Dilansir Inc, Peter Economy, seorang author dari berbagai buku best seller dan senior associate editor, menyebut bahwa perusahaan biasanya menginginkan karyawan yang kreatif dan inovatif. Kata 'created' dapat mencerminkan bila kamu merupakan pribadi yang kreatif dan sering mencoba hal-hal baru untuk perusahaan.

2. Resolved atau menyelesaikan

5 Magic Words Ini Wajib Ada di CV, Dijamin Bikin HRD Terkesan!Ilustrasi sedang menulis CV (pexels.com/Sora Shimazaki)

Kata berikutnya yang dapat ditulis adalah resolved atau menyelesaikan. Dilansir Zety, Tom Gerencer, seorang career advice expert, mengategorikan kata 'resolved' sebagai action word untuk mencerminkan orang kreatif dan penyelesaian masalah.

Dalam perusahaan, tentunya sering dibutuhkan karyawan yang mampu menyelesaikan permasalahan perusahaan. Peter Economy menyebutkan, pemecah masalah merupakan aset besar bagi organisasi apa pun.

Itulah mengapa, seorang HRD biasanya akan tertarik pada kandidat yang memiliki pengalaman dalam menyelesaikan masalah di suatu organisasi atau perusahaan. Kamu bisa banget menambahkan kata ini dalam CV yang ingin kamu buat.

3. Improved atau meningkatkan

5 Magic Words Ini Wajib Ada di CV, Dijamin Bikin HRD Terkesan!Ilustrasi sedang membaca CV (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Dilansir The Ladders, Marc Cenedella, seorang career advice dan founder The Ladders, menyebutkan bahwa setiap poin dalam CV sebaiknya menggunakan a success verb. Success verb merupakan kata kerja yang menunjukkan bahwa kamu memang pernah mengembangkan dan mengubah sesuatu, seperti kata improved atau meningkatkan.

Orang yang mampu mengembangkan layanan atau produk perusahaan, biasanya jadi incaran HRD. Menurut Peter Economy, kata kerja improved ini mencerminkan bahwa kamu mampu untuk meningkatkan dan mengembangkan suatu organisasi atau perusahaan dengan berbagai cara bijak. 

Baca Juga: 9 Tips Memberi Kesan Baik Saat Interview, Jobseeker Merapat! 

4. Achieved atau mencapai

5 Magic Words Ini Wajib Ada di CV, Dijamin Bikin HRD Terkesan!Ilustrasi sedang menulis CV di laptop (unsplash.com/Ruthson Zimmerman)

Magic word yang satu ini biasanya banyak dituliskan di CV, terutama di bagian pengalaman. Tom Gerencer mengategorikan kosakata achieved ini untuk mencerminkan bahwa kamu berpengalaman dalam bertanggung jawab atas suatu hal di perusahaan dan telah menyelesaikannya dengan baik.

Tentunya, HRD akan mencari orang-orang yang memiliki motivasi tinggi untuk mencapai sesuatu dan menyelesaikannya dengan baik. Oleh sebab itu, kosakata achieved ini bisa dituliskan di CV untuk menunjukkan bahwa kamu pernah melakukan pencapaian yang baik di pengalaman sebelumnya.

5. Executed atau mengeksekusi

5 Magic Words Ini Wajib Ada di CV, Dijamin Bikin HRD Terkesan!Ilustrasi sedang membaca CV (unsplash.com/Sebastian Herrmann)

Magic word terakhir adalah executed atau mengeksekusi. Menurut Tom Gerencer, kosakata executed ini berfungsi untuk menunjukkan bahwa kamu pernah menjalankan leadership dalam suatu perusahaan.

Perusahaan membutuhkan karyawan yang bukan hanya mampu menginisiasi sesuatu, namun mewujudkan atau mengeksekusinya dalam tindakan nyata. Jadi, kamu perlu banget untuk mempelajari skill leadership.

Itu dia deretan kosakata atau magic word yang bisa kamu tulis di dalam CV untuk meningkatkan profil agar terlihat semakin menarik di mata HRD. Semoga informasi di atas dapat membantumu, ya!

Baca Juga: Bikin HRD Lirik Aplikasimu! Ini 5 Panduan Menulis Motivation Letter

Nisa Meisa Zarawaki Photo Verified Writer Nisa Meisa Zarawaki

Lulus di jurusan sastra, tapi cita-citanya jadi anime

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto

Berita Terkini Lainnya