Comscore Tracker

Menjanjikan, 5 Alasan Profesi Content Creator Semakin Diminati

#IniBaruGokil bisa jadi ajang salurkan kreativitas nih!

Dunia digital tampaknya memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari bangun pagi hingga tidur kembali di malam hari, kita akan selalu terikat dengan penggunaan teknologi dan informasi. Faktanya teknologi memang menjadikan kehidupan lebih mudah, mendekatkan yang jauh dan juga memungkinkan yang dulunya terasa sulit.

Termasuk dalam pekerjaan, tak bisa dipungkiri bahwa era digital membawa banyak sekali perubahan di berbagai lini. Hingga kini, bekerja dalam dunia digital nampaknya semakin diminati khususnya bagi para kaum milenial. Tak lagi bekerja nine to five di kantor, kebanyakan anak muda masa kini lebih memilih untuk menjadi seorang content creator, pekerjaan yang terbilang susah-susah gampang.

Semakin menjanjikan, menjadi content creator  cukup memiliki masa depan yang cerah dan penghasilan yang besar. Berikut lima alasan kenapa profesi content creator semakin diminati!

1. Dunia digital menyebabkan pergeseran cara pandang terhadap pekerjaan yang bebas 

Menjanjikan, 5 Alasan Profesi Content Creator Semakin Diminatiilustrasi wanita sedang memotret (unsplash.com/loubnabenamer7)

Berkembangnya teknologi dan informasi menyebabkan banyak pergeseran yang menjamin kemudahan dalam berbagai hal. Pergeseran tersebut ternyata juga berdampak pada berubahnya cara pandang yang membuat banyak orang menginginkan kebebasan. Kebebasan yang dimaksud bisa dalam berbagai aspek, yakni cara berpikir, pola kerja, hingga kreativitas.

Menjadi content creator adalah jawaban dari berbagai keinginan tersebut. Tidak ada batasan waktu dalam bekerja, tidak ada peraturan tertulis tentang SOP dalam berkreativitas dan juga banyak kebebasan lain yang bisa didapat.

Kamu tidak harus mengikuti kemauan atasan, tidak bekerja di bawah tekanan, atau juga mengerjakan setumpuk kerjaan yang tidak kamu suka. Terdengar cukup menarik bukan?

2. Kamu adalah bos sekaligus staf yang bisa mengatur segalanya

Menjanjikan, 5 Alasan Profesi Content Creator Semakin Diminatiilustrasi seorang content creator (unsplash.com/jennyueberberg)

Kamu bertanggung jawab atas dirimu sendiri, karena kamu adalah atasan sekaligus bawahan. Kamu bebas membuat peraturan atas pekerjaanmu sebagai content creator. Bebas berekspresi, bebas berkarya, dan bebas menentukan waktu libur pula. Kamu mengatur semua kebutuhan, kemampuan, dan deadline dalam satu waktu.

Kamu membuat prioritas kerjamu, menetapkan target, dan membuat batasanmu sendiri. Kamu juga bebas menentukan apakah akan bertahan pada cara-cara yang cenderung mainstream atau membuat inovasi dalam membuat konten.

Baca Juga: Kiat Sukses Menjadi Content Creator Bersama Kuota Gokil Max, Cobain!

3. Hanya butuh modal jaringan internet dan kreativitas

Menjanjikan, 5 Alasan Profesi Content Creator Semakin DiminatiIlustrasi kartu smartfren (dok. pribadi/Nur Mar A Siregar)

Tak dapat dipungkiri, menjadi content creator membutuhkan kreativitas yang tinggi. Kamu bersaing dengan banyak para content creator yang memiliki skill yang terus berkembang. Sehingga mau tidak mau kamu juga harus meningkatkan kemampuanmu secara konsisten.

Mencari ide dan membuat konten tentu tak lepas dari observasi secara online. Kamu akan membutuhkan berbagai macam platform media sosial untuk memasarkan hasil karyamu. Publikasi secara online sangat diperlukan agar menarik minat banyak orang.

Untuk menjawab semua kebutuhan di atas, tentu kamu membutuhkan jaringan internet yang Stabil, Cepat dan Murah. Smartfren Gokil Max menjadi solusi berbagai kebutuhanmu tersebut dan juga untuk memenuhi kuota internetmu yang besar.

Dengan Smartfren Gokil Max, kamu bisa mendapatkan kuota tambahan hingga 70 GB di semua aplikasi media sosial yang kamu gunakan. Kuotanya Beneran Gokil, cocok untuk kamu yang selalu membuat konten dengan kapasitas besar, ini baru Gokil MAXimal!

Kamu juga bisa tetap berkarya dari rumah tanpa khawatir jaringan internet yang lemot karena Smartfren menjamin kenyamanan kamu berselancar internet dengan lancar tanpa gangguan. Selain kuota utama, kamu juga bisa mendapat tambahan kuota lokal dan extra kuota yang bisa dipakai di jam 01.00 - 05.00. Cocok banget deh buat kamu yang suka dapat ide di tengah malam dan langsung eksekusi.

Dengan harga mulai dari Rp30.000,- kamu sudah bisa menikmati seluruh layanan jaringan yang 100 persen 4G. #IniBaruGokil banget!

4. Memiliki jangkauan audience yang luas

Menjanjikan, 5 Alasan Profesi Content Creator Semakin Diminatiilustrasi seorang content creator (pexels.com/startup-stock-photos)

Content creator akan memerlukan audience atau pangsa pasar yang luas untuk memasarkan produk atau konten. Dengan bantuan internet semua akan terasa semakin mudah, karena setiap content creator bebas memasarkan hasil karyanya dengan tanpa batas.

Dunia digital membuat batasan menjadi semu, bahkan kamu bisa mengetahui siapa saja yang sering melihat karyamu. Kamu bisa melakukan analisis terhadap usia, waktu, dan preferensi dari banyak orang.

Tentu hal tersebut akan membuatmu menjadi semakin bersemangat untuk membuat karya baru di setiap harinya. Kamu bisa melihat traffic dan berusaha untuk membuat karya yang semakin bermutu. Hal ini diperlukan karena kamu juga bersaing dengan para content creator lain sehingga kamu harus pastikan karyamu memiliki keunikan.

5. Bisa mengubah passion menjadi pekerjaan yang menjanjikan

Menjanjikan, 5 Alasan Profesi Content Creator Semakin Diminatiilustrasi memiliki banyak uang (unsplash.com/jinyun)

Salah satu alasan kenapa banyak orang menyukai profesi content creator adalah karena kamu bisa melakukan passion-mu secara nyata. Kamu melakukan hal yang paling kamu sukai menjadi sebuah pekerjaan di mana ketika melakukan hal tersebut tentu kamu tidak akan merasa seperti sedang bekerja.

Kamu bisa mencoba mencari passion-mu seperti dalam bidang fotografi, menulis, desain grafis hingga membuat review barang. Kamu bisa mencari ide membuat konten yang menarik dari passion tersebut. Tujuan akhir dari setiap hasil karya yang dipasarkan adalah untuk mendapatkan income.

Dengan menjadi content creator kamu bebas menetapkan batasan harga yang kamu inginkan. Tentu hal ini akan sejalan dengan konsep ‘ada harga, ada rupa’. Artinya, semakin baik, orisinil dan semakin unik karyamu, maka orang akan menilaimu lebih.

Jadi, tunggu apa lagi?

Baca Juga: 5 Sebab Kamu Kudu Bangga dengan Profesimu sebagai Content Creator

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya